Hubungan Akreditasi terhadap Kinerja Perawat dan Kualitas Pelayanan di PUSKESMAS Pasundan Samarinda
View/ Open
Date
2019-02-27Author
Sureskiati, Enok
Putri, Karmila Mainike
Nurcolis, Muhammad
Metadata
Show full item recordAbstract
Berdasarkan kebutuhan dan harapan sebuah fasilitas pelayanan kesehatan yang berkualitas, diperlukan sebuah penilaian terhadap keberhasilan puskesmas. Penilaian dilakukan secara internal serta eksternal untuk menjamin mutu dan peningkatan kualitas pelayanan salah satunya yaitu dengan mekanisme akreditasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan akreditasi terhadap kualitas pelayanan di Puskesmas Pasundan Samarinda. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain deskriptif korelasional. pendekatan yang digunakan adalah cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Pasundan Samarinda, dilaksanakan pada bulan Februari 2019. Populasi penelitian yaitu masyarakat yang berkunjung ke Puskesmas Pasundan dengan jumlah sampel 96 responden. Sampling yang digunakan yaitu non probability sampling dengan tehnik consecutive sampling. Variabel independen penelitian yaitu akreditasi, variabel dependen yaitu kualitas pelayanan. Pengumpulan data variabel dependen dengan kuisioner dan variabel independen dengan studi literatur dokumentasi. Data dianalisis menggunakan SPSS dengan uji Regresi Lineer