Gambaran Status Pertumbuhan Anak
Abstract
Latar belakang: pertumbuhan anak merupkakan interaksi berbagai hal, seperti faktor genetik, lingkungan terutama nutrisi, serta pengaruh faktor endokrin. Kecepatan anak pada usia sekolah merupakan kecepatan masing- masing anak, hasil dari perbedaan pertumbuhan ada yang pendek ada yang tinggi. Komposisi anak laki-laki dan perempuan, anak laki-laki lebih banyak otot, sedangkan anak perempuan lebih banyak lemak. Tujuan penelitian: untuk mengetahui status pertumbuhan pada anak kelas V SDN 002 SAMARINDA, Kungai Kunjang.
Metode penelitian: penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif, di laksanakan di SDN 002 Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah anak umur 10-13 tahun, berjumlah 42 orang. Samarinda menggunakan instrument timbangan badan, meteran, lembar growth chart, dan lembar observasi.
Hasil penelitian: Gambaran status pertumbuhan anak kelas V SDN 002 samarinda Kalimantan timur: berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti didapatkan untuk BB(berat badan) kategori kurus sebanyak 26 siswa (61.9%), normal 12 siswa (28,6%), gemuk 4 siswa (9.5%), sedangkan TB(tinggi badan) kategori kurang 31 siswa (81%), normal 5 siswa (11.9%), tinggi berjumlah siswa 2 siswa (7.1%). Kesimpulan penelitian: status pertumbuhan anak kelas 5 SDN 002 samarinda adalah BB(berat badan) kategori kurus, sedangkan TB(tinggi badan)