Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Bahaya Merokok dengan Media Alat Peraga Botol Hisap Sederhana dan Slide Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Kelas XI di SMK Prasetya Budi Luhur Muara Jawa
Abstract
Latar Belakang : Merokok merupakan suatu masalah di masyarakat yang dapat menimbulkan banyak kerugian baik dari segi sosial ekonomi maupun kesehatan bahkan kematian. Berdasarkan observasi terdapat siswa laki-laki kelas XI di SMK PBL Muara Jawa yang merokok pada waktu pulang sekolah, meskipun larangan merokok sudah ada di sekolah. Kurangnya pengetahuan siswa terhadap bahaya merokok akan menyebabkan semakin bertambahnya jumlah perokok pada siswa. Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang bahaya rokok adalah pendidikan kesehatan dengan menggunakan media alat peraga botol hisap sederhana dan slide. Tujuan : Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang bahaya merokok dengan media alat peraga botol hisap sederhana dan slide terhadap tingkat pengetahuan siswa kelas XI di SMK PBL Muara Jawa.
Metode : Jenis penelitian yang di gunakan adalah pre-eksperimental design dengan metode one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK PBL Muara Jawa kelas XI yang berjumlah 74 siswa, dari rumus perhitungan besar sampel slovin diperoleh sampel 63 responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proportional Probability Sampling (PPS). Teknik analisis data yang digunakan wilcoxon test. Hasil Penelitian : Terdapat perbedaan pengetahuan siswa sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan tentang bahaya merokok dengan media alat peraga botol hisap sederhana dan slide di kelas XI SMK PBL Muara Jawa (asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05). Kesimpulan : Pendidikan kesehatan tentang bahaya merokok dengan media alat peraga botol hisap sederhana dan slide secara efektif dapat meningkatkan pengetahuan siswa dari mean 20,70 sebelum intervensi menjadi mean 22,16 setelah intervensi.