dc.identifier.citation | Ahmad, R.R. 2010. Merokok Haram. PT.Gramedia. Jakarta. Akhirma. 2015. Indetifikasi Zat Adiktif Pada Rokok Dengan Alat Botol Hisap Sederhana. Jurnal Inovasi Pembelajaran. Volume 3 Nomor 4 Halaman 47-54. Aliansi Pengendalian Tembakau Indonesia (APTI). 2013. Peta Jalan Pengendalian Produk Tembakau Indonesia. Muhammadiyah University Press. Surakarta. Ali, Ma’ruf. 2015. Tingkat Pengetahuan tentang Bahaya Merokok Siswa Kelas V SD Negeri Pucung Lor 2, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta. Volume 4 Nomor 1 Halaman 1-120. Andi, Suriyansah. 2013. Tutorial 3 Hari Menggunakan Microsoft Powerpoint 2013. Wahana Komputer. Yogyakarta. Armstrong, Sue. 2007. Pengaruh rokok terhadap kesehatan. Arcan. Jakarta. Anita, Sri dkk. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Universitas Terbuka. Jakarta. Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Proses. Rineka Cipta. Jakarta. Arsyad, Azhar. 2012. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada. Jakarta. Bahri, Syaiful dan Aswin Zain. 2015. Strategi Belajar Mengajar. Bhineka Cipta. Jakarta. Bandura, Albert. 2007. Self Efficacy : The Exercise of Control. Freeman and Company: New York. Cherin. 2009. Hubungan Pengalaman dengan Pengetahuan http://www.wordpress.com. Diakses tanggal 15 Mei 2017. Damayati, R. 2007. Peran biopsikososial terhadap perilaku berisiko tertular HIV pada remaja SLTA di DKI tahun 2006. Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Depok. Volume 4 Nomor 1 Halaman 1-114. Depkes RI. 2007. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Jakarta. Depkes RI. 2008. Promosi Kesehatan di Sekolah. Pusat Promosi Kesehatan. Jakarta. Dharmastuti. 2017. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Bahaya Merokok Melalui Media Booklet dan Poster Terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa SMPN 2 Tasikmadu. Naskah Publikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dinkes Provinsi Kalimantan Timur. 2016. Data Pravelensi Merokok di Kalimantan Timur. Samarinda. Donatelle & Davis. 2009. Health : the basics. Allyn & Bacon: USA. Ekawati, N.KM. 2010. Perbedaan Pengaruh Metode Ceramah dan Booklet Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Deteksi Dini Kanker Payudara. Journal of Udayana Bali. Volume 3 Number 3 Page 40-52. Ericksen. 2012. The Tobacco Atlas. http://www.tobaccoatlas.org. Diakses tanggal 15 Mei 2017. Floyd, Mimms & Yelding. 2013. Personal Health : perspective and lifestyles. Wadsworth: USA. Hahn & Payne. 2013. Focus on health : sixth edition. McGraw Hill: New York. Hastono, S.P. 2010. Statistik Kesehatan. Rajawali Pers. Jakarta. Hidayat, A.A. 2014. Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisis Data. Surabaya : Salemba Media. Hurlock, Elizabeth. 2007. Psikologi Perkembangan. Penerbit EGC. Jakarta. Imron, A. 2010. Metode Penelitian (Hand Out). Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta. Kelly, Paula. 2014. Buku Saku Asuhan Neonatus dan Bayi. Penerbit EGC. Jakarta. Kemenkes RI. 2012. Mengapa Indonesia Perlu Mengakses FCTC ?. Kemenkes RI. Jakarta. Kemenkes RI. 2013. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia no. 40 Tahun 2013. Kemenkes RI. Jakarta. Kurniawan. 2013. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perubahan Pengetahuan dan Sikap Tentang Perilaku Merokok Pada Siswa SMK Muhammadiyah Kartasura. Naskah Publikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Kwon Myung & Gwan Seo. 2011. Analysis of Smoking Related Characteristics Over Time in Korean Adult Smokers: Findings From The International Tobacco Control (ITC) Korea Survey. Official Journal of the Society for Research on Nicotine and Tobacco. Volume 5 Number 1 Page 1-11. Levy, M.R. 2014. Life and Health. New York: Random House. Murray, et al. 2014. Health Psychology : Theory, Research & Practice. Sage Publishing: London. Narendra, B. Moersintowati. 2014. Buku Ajar I : Tumbuh Kembang Anak dan Remaja. Sagung Seto. Jakarta. Notoadmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta. Jakarta. Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta. Nugroho, Widyo. 2009. Pembuatan Media Presentasi. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta. Nursalam. 2011. Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan : pedoman skripsi, tesis, dan instrument penelitian keperawatan. Jakarta : Salemba Medika. Ogden, Jane. 2010. Health psychology. Buckingham. Open University Press. Prasetiawan. 2016. Efektifitas Metode Konseling Terhadap Perilaku Merokok Pada Siswa SMA Di Kecamatan Laeya Tahun 2015. Naskah Publikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Prasetyo. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. PT. Rajagrafindo. Jakarta. Rahayu . 2010. Pengaruh Metode 5 As Terhadap Sikap Merokok. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sebelas Maret Surakarta. Volume 7 Nomor 2 Halaman 1192-1201. Ridwan. 2013. Uji Nikotin Buktikan Bahaya Rokok. https://prioritaspendidikan.org/. Ridwan, Abdullah Sani. 2014. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta. Riskesdas. 2013. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Kementerian Kesehatan. Jakarta. | id_ID |
dc.description.abstract | Latar Belakang : Merokok merupakan suatu masalah di masyarakat yang dapat menimbulkan banyak kerugian baik dari segi sosial ekonomi maupun kesehatan bahkan kematian. Berdasarkan observasi terdapat siswa laki-laki kelas XI di SMK PBL Muara Jawa yang merokok pada waktu pulang sekolah, meskipun larangan merokok sudah ada di sekolah. Kurangnya pengetahuan siswa terhadap bahaya merokok akan menyebabkan semakin bertambahnya jumlah perokok pada siswa. Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang bahaya rokok adalah pendidikan kesehatan dengan menggunakan media alat peraga botol hisap sederhana dan slide. Tujuan : Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang bahaya merokok dengan media alat peraga botol hisap sederhana dan slide terhadap tingkat pengetahuan siswa kelas XI di SMK PBL Muara Jawa.
Metode : Jenis penelitian yang di gunakan adalah pre-eksperimental design dengan metode one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK PBL Muara Jawa kelas XI yang berjumlah 74 siswa, dari rumus perhitungan besar sampel slovin diperoleh sampel 63 responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proportional Probability Sampling (PPS). Teknik analisis data yang digunakan wilcoxon test. Hasil Penelitian : Terdapat perbedaan pengetahuan siswa sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan tentang bahaya merokok dengan media alat peraga botol hisap sederhana dan slide di kelas XI SMK PBL Muara Jawa (asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05). Kesimpulan : Pendidikan kesehatan tentang bahaya merokok dengan media alat peraga botol hisap sederhana dan slide secara efektif dapat meningkatkan pengetahuan siswa dari mean 20,70 sebelum intervensi menjadi mean 22,16 setelah intervensi. | id_ID |