Show simple item record

dc.contributor.authorAsmar, Yuliannur
dc.contributor.authorSusanti, Erni Wingki
dc.contributor.authorWinarti, Yuliani
dc.date.accessioned2021-02-15T02:43:32Z
dc.date.available2021-02-15T02:43:32Z
dc.date.issued2016-08-02
dc.identifier.citationAriani Widya Utami (2013). Perbedaan Pengetahuan, Sikap, Praktik Personal Hygiene (Kebersihan Tangan, Kuku dan Kaki) Sebelum dan Sesudah Pendidikan Kesehatan Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa SDN 035 Samarinda. Skripsi, Yidak Dipublikasikan, Samarinda, Universitas Mulawarman, Indonesia Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, (2013). Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2013), Jakarta : Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Brown, J.E. (2005). Nutrition throught the life cycle. Wadsworth : Thomson Learning Departemen kesehatan, http://depkes.go.id, (di akses pada tanggal 22 Februari 2015) Dinas Kesehatan Kota Samarinda (2015). Laporan Tahunan Angka Kejadian Penyakit Kota Samarinda Pada Tahun 2014. Samarinda : Dinas Kesehatan Kota Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. (2013).Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta Efendi, Ferry & Makhfudli. (2009). Keperawatan Kesehatan Komunitas. Jakarta : Salemba Medika Imron M & Amrul Munif. (2010). Metodologi Penelitian Bidang Kesehatan. Jakarta : Sagung Seto Lies Permana (2012). Pengaruh Promosi Kesehatan Dengan Metode Bermain Peran Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Inisiasi Menyusu Dini (IMD) Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Bengkuring Samarinda. Skripsi, Tidak Dipublikasikan, Samarinda, Universitas Mulawarman, Indonesia Maulana, Heri D.J. (2009). Promosi Kesehatan. Jakarta : EGCid_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/1906
dc.description.abstractberhubungan erat dengan pajanan debu tertentu, anak-anak lebih sensitif dibandingkan orang dewasa karena pusat perkembangan saraf mereka masih berkembang. Ditambah lagi anak-anak menghabiskan waktunya untuk bermain di luar ruangan. Pendidikan kesehatan memiliki berbagai metode untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan salah satunya yaitu metode role play. Tujuan Penelitian: Mengetahui pengaruh metode role play mengenai pencegahan penyakit ISPA terhadap peningkatan pengetahuan siswa SDN 018 Kelurahan Mugirejo Samarinda Utara. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pra eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V sebanyak 62 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket berisi pengetahuan mengenai pencegahan penyakit ISPA. Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan uji wilcoxon sign rank test, terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan siswa sebelum dan setelah diberikan metode role play. Didapatkan nilai P-Value yaitu 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan yaitu 0,05. Kesimpulan: Terdapat pengaruh metode role play yang signifikan meningkat secara statistik terhadap pengetahuan siswa SDN 018 Mugirejo Samarinda Utara mengenai pencegahan penyakit ISPA.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherSekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Samarindaid_ID
dc.subjectMetode Role Playid_ID
dc.subjectPenyakit ISPAid_ID
dc.subjectPengetahuanid_ID
dc.titlePengaruh Metode Role Play Mengenai Pencegahan Penyakit ISPA terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa SDN 018 Kelurahan Mugirejo Samarinda Utaraid_ID
dc.title.alternativeThe Effect of Role Play Method in Preventing Upper Respiratory Tract Infection (URI) to the Awareness Improvement of SDN 018 Students in Mugirejo Administrative Village North Samarindaid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record