Show simple item record

dc.contributor.authorButar, Nurlima Butar
dc.contributor.authorErnawati, Rini
dc.contributor.authorMasnina, Rusni
dc.date.accessioned2021-03-08T01:03:55Z
dc.date.available2021-03-08T01:03:55Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.citationAlimul, A. (2003). Riset keperawatan & teknik penulisan ilmiah. Jakarta:Salemba Medika Arikunto, S., (2002). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Arzaqia. (2011). Hubungan Pelaksanaan Personal Hygiene dengan Tingkat Kepuasan Pasien Imobilisasi di RS. PTPN X Jember. http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/5567/Decy%20Arzaqia_1.pdf?sequence=1. Diundung tanggal 05 Agustus 2014 Awinda, D. (2004). Tingkat Kepuasan Pasien Perusahaan dan Pasien PribadiTerhadap Mutu Pelayanan Ruang Rawat Inap RS Permata BundaMedan. Tesis Pasca Sarjana USU, Medan. Azwar, S. (2009). Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya, Jakarta : Pustaka Pelajar. Blacks & Jacobs. (1997). Black, J.M. 1997, Wound healing dalam Black, J.M. dan Jacobs E.M., (ed),Medical Surgical Nursing Clinical Management for Continuity of Care 5 th ed, W.B. Saunders company, Philadelphia, pp 426-447 Dahlan, Sopiyudin M. (2008). Langkah - Langkah Membuat Proposal Penelitian Bidang Kedokteran dan Kesehataned. Jakarta : Sagung Seto Damayanti. (2009). Efektifitas tindakan personal hygiene terhadap tingkat kepuasan pasien imobilisasi di RS Mardi Rahayu Kudus. Surakarta. Diperoleh dalam: http://etd. eprints.ums.ac . id/6428/1/ J210050072. pdf. Diunduh tanggal 5 Agustus 2014. Fahri (2010). http://digilib.unimus.ac.id/download.php?id=5381. Di unduh pada tanggal 15 Agustus 2014 Fazlur R. (2001). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali. Hidayat. A.A.A. (2008). Metode Penelitian Keperawatan dan Tekhnik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika. Jakarta Hidayat. A.A.A. (2009). Metode Penelitian Keperawatan dan Tekhnik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika. Jakarta Iqbal & Chayatin. (2009). Ilmu Kesehatan MasyarakatTeori dan Aplikasi. Salemba Medika, Jakarta Kotler, Philip. (1997). Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control, 9th Ed., Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall, Inc. Long & Green. (1994). Eccles JD, Green RM. Konservasi gigi. Yuwono L. Terjemahan. Jakarta: WidyaMedika, 1994:113-25. Monica. (2008). Diagnosis Keperawatan AplikasiPada Praktik Klinis Edisi 9. Jakarta : EGC Notoadmodjo, Soekidjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Edisi Revisi Jakarta: Asdi Mahasatya. Nursalam. (2007). Manajemen Keperawatan dan Aplikasinya, Edisi Revisi Penerbit Salemba Medika, Jakarta Potter, P. A; dan Perry, A, G. (2009). Fundamental of Nursing. Jakarta : SalembaMedika Purnomo H.. (2004). Perencanaan dan Perancangan Fasilitas. Edisi ke-1. Graha Ilmu, Yogyakarta Qumala. (2013) dari http://uulqumaladianhusada. Com di unduh tanggal 1 Agustus 2014 Rakhmat. (2003). Psikologi Komunikasi, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Sabri & Hastono. (2006). Statistik kesehatan, Edisi 1., Jakarta : Raja Grafindo Persada Saryono & Anggriyana. (2010). Kebutuhan Dasar Manusia (KDM).Yogyakarta : Nuha Medika. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta. Sujarweni, (2012). SPSS Untuk Paramedis. Gava Media: Yogyakarta Sulistyowati. (2012). Peran Perawat dalam Pelaksanaan Personal Hygiene Menurut Persepsi Pasien Imobilisasi Fisik di bangsal Bedah dan Penyakit Dalam RSUD Ungaran http:// dinaarilia2 6akbidadila. blogspot.com/ 2013/ 06/ daftar-pustaka.html. Di unduh pada tanggal 26 Agustus 2014 Sumarwan. (2003). Perilaku Konsumen . Penerbit GhaliaIndonesia, Jakarta Tarwoto & Wartonah. (2010). Kebutuhan Dasar Manusia dan ProsesKeperawatan Edisi keempat. Jakarta : Salemba Medika Utama. (2005). Memahami Fenomena Kepuasan Pasien Rumah Sakit. dari HTTP: //72. 14.235. 104 / SEARCH?q=cache: pvwimpcs8fkj :library. usu. ac.id/download/ fkm/fkmsurya1.pdf= karakteristik+ palayanan + keperawatan&hl= id&ct=clnk&cd=38&gl=id. Diunduh pada tanggal 5 Agustus 2014 Valentine. (1997). Pencegahan. Dalam: Muma, R.D., Lyons, B.A.,Borucki, M.J., Polari, R.B., ed. HIV manual untuk tenaga kesehatan. Jakarta:EGC, 252-273 Wexley dan Yukl. (1988). Perilaku Organisasi dan Psikologi Personalia, Cetakan Pertama, Alih Bahasa Muh. Shobaruddin, Bina Aksara, Jakarta Wolf, Miller, & Devine, (2003). Relationship Between Nurse Caring and Patient Satisfaction in Patients undergoing invasive cardiac Procedures. Medsurg Nursing. Piman : 2003. Iss.6:pg.391. http://proquest.umi.com. Di unduh pada tanggal 26 Agustus 2014id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/1912
dc.description.abstractLatar belakang : Bagi dunia keperawatan, personal hygiene merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus senantiasa terpenuhi. Pada keadaan sakit kemampuan seseorang merawat diri berkurang dan memerlukan bantuan orang lain untuk melakukannya. Kondisi sakit akan menghambat kemampuan individu dalam melakukan personal hygiene. Dalam hal ini, peran perawat sangatlah penting. Tujuan penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perawat dengan kepuasan pasien dalam pemenuhan personal hygiene di Ruang Seruni Rumah Sakit Taman Husada Bontang. Metode penelitian : Rancangan penelitian ini adalah descriptive correlation dengan metode pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah pasien yang dirawat di Ruang Seruni RSUD Taman Husada Bontang yang berjumlah 52 orang, cara pengambilan sampel dengan purposive sampling. Alat yang digunakan kuesioner dengan pernyataan mengenai peran perawat sebanyak 17 item pernyataan dan kuisioner kepuasan pasien sebanyak 19 item pernyataan. Analisis untuk uji hipotesis dengan uji statistik Chi Square. Hasil penelitian : Hasil uji statistik Chi Square diketahui nilai p value = 0,000, nilai tersebut lebih kecil dari α (p<0,05) maka Ho ditolak berarti ada hubungan yang signifikan antara peran perawat dengan kepuasan pasien dalam pemenuhan personal hygiene di Ruang Seruni Rumah Sakit Taman Husada Bontang. Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan/ bermakna antara peran perawat dengan kepuasan pasien dalam pemenuhan personal hygiene di Ruang Seruni Rumah Sakit Taman Husada Bontangid_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectperan perawatid_ID
dc.subjectpersonal hygieneid_ID
dc.subjectkepuasanid_ID
dc.titleHubungan Peran Perawat dengan Kepuasan Pasien dalam Pemenuhan Personal Hygiene di Ruang Seruni RSUD Taman Husada Bontangid_ID
dc.title.alternativeThe Correlation between Nursing Role with Patient Satisfaction in Personal Hygiene Fulfill in Seruni Ward RSUD Taman Husada Bontangid_ID
dc.typeOtherid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record