• English
    • Bahasa Indonesia
  • English 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Nursing
  • S1 Final Project
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Nursing
  • S1 Final Project
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan tentang Hand Hygiene dengan Metode Ceramah dan Roleplay Dikombinasi dengan Media Audiovisual terhadap Tingkat Pengetahuan pada Murid Sekolah Dasar

Thumbnail
View/Open
Skripsi (949.0Kb)
Skripsi (514.2Kb)
Skripsi (956.9Kb)
Skripsi (1.279Mb)
Skripsi (1.049Mb)
Skripsi (503.8Kb)
Skripsi (516.9Kb)
Skripsi (3.358Mb)
Naskah Publikasi (1.371Mb)
Date
2020-06-27
Author
Yunita, Dina
Septiawan, Taufik
Metadata
Show full item record
Abstract
Latar Belakang: Mencuci tangan telah diakui secara global dan diterima sebagai teknik berbiaya rendah & efektif untuk mencegah penyakit. Mencuci tangan dengan memakai sabun di lingkungan sekolah perlu dilakukan karena dapat membantu mengurangi kasus cacingan dan diare pada anak usia sekolah. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh pemberian pendidikan kesehatan tentang hand hygiene dengan metode ceramah dan roleplay dikombinasi dengan media audiovisual (video) terhadap tingkat pengetahuan. Metode Penelitian: Pencarian jurnal menggunakan Doaj, PubMed, Plos One dan Google Schoolar dengan tahun publikasi 2015-2020. Kata kunci yang digunakan dalam pencarian adalah hand hygiene, children, elementary school dan knowledge. penyaringan menggunakan Research Appraisal Checklis (RAC). Kemudian didapatkan 15 jurnal untuk direview. Hasil Penelitian: 5 artikel menggunakan metode demonstrasi, ceramah dengan media audiovisual dan 10 artikel hanya menggunakan metode ceramah saja. Kemudian dari 15 artikel hanya 4 yang menggunakan kelompok kontrol. Terjadi peningkatan pengetahuan yang lebih tinggi pada kelompok yang diberi intervensi dibanding kelompok kontrol. hasil dalam penelitian menggunakan ceramah, demonstrasi dan media audiovisual sangat baik digunakan dan juga lebih efektif. Kesimpulan: Pengetahuan cuci tangan menggunakan metode ceramah, demonstrasi dan media audiovisual memiliki pengaruh terhadap pengetahuan dan kemampuan dalam mencuci tangan dengan sabun pada siswa sekolah dasar.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/1958
Collections
  • S1 Final Project
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback