• English
    • Bahasa Indonesia
  • English 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Nursing
  • S1 Final Project
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Nursing
  • S1 Final Project
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Hubungan Kecanduan Game Online dengan Kecemasan pada Remaja: Literature Review

Thumbnail
View/Open
Cover (883.1Kb)
Pendahuluan (469.7Kb)
Tinjauan Pustaka (576.9Kb)
Metode Penelitian (380.6Kb)
Hasil Penelitian & Pembahasan (597.1Kb)
Kesimpulan dan Saran (420.6Kb)
Daftar Pustaka (427.4Kb)
Lampiran (2.074Mb)
Naskah Publikasi (1.142Mb)
Date
2021-07-07
Author
Putra, Muhammad Boby Surya
Budiman, Arief
Metadata
Show full item record
Abstract
Latar Belakang: Game Online adalah permainan yang dapat dimainkan oleh multi pemain melalui internet. Game Online tidak hanya memberikan hiburan tetapi juga memberikan tantangan yang menarik untuk diselesaikan sehingga individu bermain game online tanpa memperhitungkan waktu demi mencapai kepuasan.Kecemasan merupakan hal yang banyak dialami oleh remaja. Perilaku kecanduan game merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kecemasan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran, Tingkat, dan Hubungan kecanduan game online dengan kecemasan pada remaja. Metode: Metode penelitian ini berupa literature review. Databese: Databese yang digunakan adalah Google Scholar, Pubmed, Pro Quest sebagai sumber revensi yang terkait dengan intervensi Kecanduan Game Online dengan Kecemasan Pada Remaja. Berdasarkan Hasil Literature Review ini terdapat Hubungan Kecanduan Game Online dengan Kecemasan Pada Remaja. Hasil: Berdasarkan Hasil Studi Literature review ini menunjukkan bahwa dari 15 jurnal yang direview dapat disimpulkan bahwa 1.) Remaja mengalami kecanduan game online dalam kategori Berat adalah 54,5% dan Kategori Sangat Rendah 4,3% 2.) Remaja memiliki Kecemasan pada pecandu game online dengan kategori sangat tinggi pada kategori sangat tinggi yaitu 1,09% (N=1) Kecanduan online game memiliki risiko mengalami kecemasan 2,86 kali lebih besar daripada yang tidak kecanduan online game (OR : 2,86 ; CI 95% 0,55 s/d 14,91) p = 0,212). 3.) Hasil yang Di dapat Terdapat adanya hubungan signifikan antara kecanduan game online dengan kecemasan pada Remaja dapat diterima. Semakin tinggi kecanduan game online maka semakin tinggi kecemasan sebaliknya, semakin rendah kecanduan game online maka semakin rendah kecemasan terjadi.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/2333
Collections
  • S1 Final Project
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback