Hubungan Kecanduan Game Online dengan Kecemasan pada Remaja: Literature Review
Abstract
Latar Belakang: Game Online adalah permainan yang dapat dimainkan oleh multi pemain melalui internet. Game Online tidak hanya memberikan hiburan tetapi juga memberikan tantangan yang menarik untuk diselesaikan sehingga individu bermain game online tanpa memperhitungkan waktu demi mencapai kepuasan.Kecemasan merupakan hal yang banyak dialami oleh remaja. Perilaku kecanduan game merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kecemasan.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran, Tingkat, dan Hubungan kecanduan game online dengan kecemasan pada remaja.
Metode: Metode penelitian ini berupa literature review.
Databese: Databese yang digunakan adalah Google Scholar, Pubmed, Pro Quest sebagai sumber revensi yang terkait dengan intervensi Kecanduan Game Online dengan Kecemasan Pada Remaja. Berdasarkan Hasil Literature Review ini terdapat Hubungan Kecanduan Game Online dengan Kecemasan Pada Remaja.
Hasil: Berdasarkan Hasil Studi Literature review ini menunjukkan bahwa dari 15 jurnal yang direview dapat disimpulkan bahwa 1.) Remaja mengalami kecanduan game online dalam kategori Berat adalah 54,5% dan Kategori Sangat Rendah 4,3% 2.) Remaja memiliki Kecemasan pada pecandu game online dengan kategori sangat tinggi pada kategori sangat tinggi yaitu 1,09% (N=1) Kecanduan online game memiliki risiko mengalami kecemasan 2,86 kali lebih besar daripada yang tidak kecanduan online game (OR : 2,86 ; CI 95% 0,55 s/d 14,91) p = 0,212). 3.) Hasil yang Di dapat Terdapat adanya hubungan signifikan antara kecanduan game online dengan kecemasan pada Remaja dapat diterima. Semakin tinggi kecanduan game online maka semakin tinggi kecemasan sebaliknya, semakin rendah kecanduan game online maka semakin rendah kecemasan terjadi.