Show simple item record

dc.contributor.authorJuniati, Nurma
dc.contributor.authorDamaiyanti, Mukhripah
dc.date.accessioned2022-09-27T01:31:38Z
dc.date.available2022-09-27T01:31:38Z
dc.date.issued2021-06-26
dc.identifier.citationSaputri AR. Hubungan Tingkat Stress, Kecemasan dan Depresi dengan Tingkat Prestasi Akademik pada Santri Aliyah. Published online 2017:98. Vera F. Hubungan tingkat stres dan kecemasan dengan prestasi belajar mahasiswa fakultas kedokteran universitas muhammadiyah surakarta. Published online 2018:10-11. Gustems-Carnicer J, Calderón C, Calderón-Garrido D. Stress, coping strategies and academic achievement in teacher education students. Eur J Teach Educ. 2019;42(3):375-390. doi:10.1080/02619768.2019.1576629 Tantra MA, Irawaty E. Hubungan antara tingkat stres dengan hasil belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2014. Tarumanagara Med J. 2019;1(2):367-372. Karabulut N. Effect of Stress on Academic Motivation and Achievement of Students in Nursing Education. 2021;14(1):370-385. Haq WM, Djunaidi A, Rasni D, Yuanita A. Pengaruh Coping Stress dan College Adjustment terhadap Academic Achievement pada Mahasiswa Unpad Tingkat Pertama. JournalUntarAcId. 2021;14(1):80-101. http://journal.untar.ac.id/index.php/provitae/article/view/11423 Abdullah SF, Shah NA, Idaris RM. Stress and Its Relationship with the Academic Performance of Higher Institution Students. Int J Adv Res Educ Soc. 2020;2(1):61-73. Suratno E. Pengaruh Stres, Motivasi, dan Kecerdasan Spritual Terhadap Prestasi Belajar pada Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi STIKOM Dinamika Bangsa Jambi. J-MAS (Jurnal Manaj dan Sains). 2020;5(1):119. doi:10.33087/jmas.v5i1.158 Fauzi A. Indeks Prestasi Mahasiswa Program Studi. 2021;1(1):76-97. Januarti R. Hubungan antara persepsi terhadap dosen pembimbing dengan tingkat stress dalam menulis skripsi. Published online 2009. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4890 S RMA, Irmayanti N, Zuroida A. Hubungan Antara Stress Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Full Day School Di Sd Al Kautsar Kota Surabaya. J Psikol Wijaya Putra. 2020;1(1):1-14. Jose,Gustems-Carnicer,dkk. (2019, Februari 15) Stress, coping strategies and academic achievement in teacher education students Siti, Fatimah, A. dkk. (2020, April 15) Stress and Its Relationship with the Academic Performance of Higher Institution Studentsid_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/2445
dc.description.abstractLatar Belakang : Stress adalah dorongan dari luar diri seseorang dapat berupa tekanan, ancaman dan gangguan yang tidak menyenangkan bagi individu. Prestasi belajar merupakan hasil dari usaha, latihan dan pengalaman yang dilakukan oleh seseorang. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui hubungan tingkat stres dengan prestasi belajar. Metode Penelitian : Desain penelitian ini adalah penelitan kepustakaan atau kajian literatur (literature review, literature research). Hasil Penelitian : Tingkat stres yang paling banyak dialami mahasiswa adalah stres sedang (78,4%), diikuti stres berat (12,2%) dan stres ringan (9,5%), stres yang dialami mahasiswa lebih banyak mengakibatkan prestasi belajar menurun pada akademik. Kesimpulan : Stress memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar, walaupun sebenarnya tidak terlalu berpengaruh signifikan untuk prestasi belajar mahasiswa namun semakin tinggi tingkat stres seseorang maka akan semakin rendah kinerja akademiknya dalam belajar.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectPrestasi belajarid_ID
dc.subjectTingkat stressid_ID
dc.titleHubungan Tingkat Stres dengan Prestasi Belajar Mahasiswaid_ID
dc.title.alternativeRelationship Between Stress Level and Student Achievementid_ID
dc.typeOtherid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record