Hubungan Penggunaan Gadget dengan Motivasi Belajar Anak Usia Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah 5 Samarinda
Abstract
Latar Belakang: Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi ditandai dengan kemajuan teknologi informasi, salah satunya perkembangan perangkat yang semakin populer, yang kini dimiliki oleh hampir semua orang (termasuk anak-anak dan orang
dewasa). Gadget merupakan salah satu teknologi yang dibutuhkan setiap orang. Karena juga mempermudah komunikasi jarak jauh, gadget ini tidak hanya menyediakan banyak fungsi yang bisa digunakan. Penggunaan gadget dapat memberikan efek positif dan
negatif pada anak, dan peran orang tua sangat menentukan arah di mana perangkat mempengaruhi motivasi belajar anak.
Tujuan Penelitian: Untuk Mengetahui Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Motivasi Belajar Anak Usia Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah 5 Samarinda.
Metode penelitian: Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 5 Samarinda dengan 97 responden. Metode penelitian kuantitatif mengadopsi bentuk deskriptif dan terkait, dan menggunakan metode cross-sectional dan alat penelitian untuk membentuk kuesioner
yang dijawab dengan Google From.
Hasil Penelitian: Dari hasil penelitian didapatkan penggunaan gadget pada anak yang memakai gadget dengan intensitas tinggi sebesar 90 responden (92,8%) dan pemakaian rendah sebesar 7 responden (7,2%). Pada motivasi belajar didapatkan data kurang baik
sebesar 48 responden (49,5%) dan baik 49 responden (50,5%). Hasil p-value 1.000 > 0,05 dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak terdapat hubungan penggunaan gadget dengan motivasi belajar anak dengan nilai odds ratio (OR) sebesar 1,333.
Kesimpulan: Tidak Adanya Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Motivasi Belajar.