• English
    • Bahasa Indonesia
  • English 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Science and Technology
  • School of Informatics
  • S1 Final Project
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Science and Technology
  • School of Informatics
  • S1 Final Project
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Penerapan K-Means Cluster dalam Memilih Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru di Masa Pandemi Covid-19 di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Thumbnail
View/Open
Cover (1.066Mb)
BAB 1 (667.2Kb)
BAB 2 (1000.Kb)
BAB 3 (727.2Kb)
BAB 4 (1.054Mb)
BAB 5 (514.6Kb)
Daftar Pustaka (561.3Kb)
Lampiran (2.808Mb)
Naskah Publikasi (1021.Kb)
Skripsi Full (4.107Mb)
Date
2022-07-04
Author
Ulfah, Rusdiana
Metadata
Show full item record
Abstract
Promosi adalah kegiatan untuk melakukan pemasaran agar target yang diharapkan sesuai clustering di data mining dari hasil kuesioner yang diisi oleh Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan tahun ajaran 2021 untuk menentukan suatu informasi strategi promosi penerimaan mahasiswa baru yang tepat sasaran dan efektif untuk digunakan. Metode pengelompokkan menggunakan algoritma K-means clustering dengan implementasinya menggunakan software Data Mining yaitu Rapidminer. Dari 175 responden yang mengisi kuesioner. Hasil penelitian ini diketahui bahwa pada cluster_0 memiliki jumlah 89 responden yang banyak memiliki nilai cluster yaitu Media Online dan Informasi Langsung, yang berasal dari SMA = 51 orang dan SMK = 33 orang, dan MA/PP = 5, di cluster_1 memiliki jumlah 39 responden yang hasil nilai cluster nya adalah Media Cetak dan Informasi Langsung, dan asal sekolah yang berasal dari SMA = 22 orang, SMK =15, dan MA/PP = 2 orang, dan cluster_2 memiliki jumlah 47 responden, mempunyai nilai cluster yaitu Media Online dan Media Cetak dengan asal sekolah yang berasal dari SMA = 26 orang, SMK = 16 orang, dan MA/PP = 5, strategi promosi yang paling dominan terdapat di cluster_0 Media Online dan Informasi Langsung. Dari hasil yang sudah di clustering maka disimpulkan bahwa cluster_0, cluster_1, dan cluster_2 yang paling dominan untuk strategi promosi di cluster_0. Dan media promosi yang tepat yaitu dengan cara Media Online dan Informasi Langsung.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/2646
Collections
  • S1 Final Project
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback