Show simple item record

dc.contributor.authorUlfah, Rusdiana
dc.date.accessioned2022-12-05T03:40:51Z
dc.date.available2022-12-05T03:40:51Z
dc.date.issued2022-07-04
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/2646
dc.description.abstractPromosi adalah kegiatan untuk melakukan pemasaran agar target yang diharapkan sesuai clustering di data mining dari hasil kuesioner yang diisi oleh Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan tahun ajaran 2021 untuk menentukan suatu informasi strategi promosi penerimaan mahasiswa baru yang tepat sasaran dan efektif untuk digunakan. Metode pengelompokkan menggunakan algoritma K-means clustering dengan implementasinya menggunakan software Data Mining yaitu Rapidminer. Dari 175 responden yang mengisi kuesioner. Hasil penelitian ini diketahui bahwa pada cluster_0 memiliki jumlah 89 responden yang banyak memiliki nilai cluster yaitu Media Online dan Informasi Langsung, yang berasal dari SMA = 51 orang dan SMK = 33 orang, dan MA/PP = 5, di cluster_1 memiliki jumlah 39 responden yang hasil nilai cluster nya adalah Media Cetak dan Informasi Langsung, dan asal sekolah yang berasal dari SMA = 22 orang, SMK =15, dan MA/PP = 2 orang, dan cluster_2 memiliki jumlah 47 responden, mempunyai nilai cluster yaitu Media Online dan Media Cetak dengan asal sekolah yang berasal dari SMA = 26 orang, SMK = 16 orang, dan MA/PP = 5, strategi promosi yang paling dominan terdapat di cluster_0 Media Online dan Informasi Langsung. Dari hasil yang sudah di clustering maka disimpulkan bahwa cluster_0, cluster_1, dan cluster_2 yang paling dominan untuk strategi promosi di cluster_0. Dan media promosi yang tepat yaitu dengan cara Media Online dan Informasi Langsung.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectK-Means Clusteringid_ID
dc.subjectData Miningid_ID
dc.subjectRapidminerid_ID
dc.titlePenerapan K-Means Cluster dalam Memilih Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru di Masa Pandemi Covid-19 di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.title.alternativeImplementation of the K-Means Clustering Method in Choosing a New Student Admission Promotion Strategy During the Covid-19 Pandemicid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record