Pola Asuh Dan Stimulasi Terhadap Perkembangan Anak Di Kota Samarinda
Abstract
Perkembangan anak dipengaruhi berbagai faktor. Pola asuh dari orang tua dan stimulasi
perkembangan merupakan faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan anak. Pola asuh yang
buruk dapat mengganggu perkembangan anak. Stimulasi yang diberikan orang tua juga dapat
membantu anak mencapai perkembangan anak yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan pola asuh, stimulasi orang tua, dan terhadap perkembangan anak usia pra
sekolah di Kota Samarinda. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross
sectional, populasi dalam penelitian ini seluruh orang tua dan murid dari 2 TK di Kota Samarinda
berusia 4-6 tahun sebanyak 67 orang, tehnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner dan lembar DDST. Analisa data univariat dan bivariat
menggunakan uji Chi Square. Hasil uji korelasi menunjukkan ada hubungan antara pola asuh orang
tua dan stimulasi yang diberikan orang tua terhadap perkembangan anak (p value <0,05). Pola asuh
dan stimulasi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan anak di Kota
Samarinda.