dc.identifier.citation | Asyrofi, A., Setianingsih, & Khakim, M. (2018). Perbedaan Kepatuhan Minum Obat Pasien TB Paru dari Berbagai Dukungan Keluarga. Community of Publishing in Nursing, 6(3), 165–172. Charly, F. (2021). Literatur Review: Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Depresi Pada Anak Remaja [Karya Tulis Ilmiah]. Poltekkes Kemenkes Medan. Damaiyanti, M., & Rahmah Fitriani, D. (2017). The Relation of Educational Level, Academic Achievement (GPA) and Depression Among Public School Adolescent. Indonesian Journal of Nursing Practices, 1(3). https://doi.org/10.18196/ijnp.1365 Fatmawati, A. E. (2018b). HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DAN DEPRESI PADA ORANG DENGAN HIV/AIDS (ODHA) DI KEBUMEN. Fitria, Y., & Maulidia, R. (2018b). HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN DEPRESI PADA REMAJA DI SMPN KOTA MALANG. SNasPPM, 3, 270–276. jurnal corona. (n.d.). Kisnawati. (2017). Hubungan Antara Dukungan Keluarga Terhadap Tingkat Depresi Pada Remaja di SMA Negeri 1 Sentoloyo Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta [Skripsi]. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani. Lufhfitaningtyas, S. (2016). Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Sindrom Koroner Akut di RSUD Tugurejo Semarang. Nasution, H. N. dkk. (2021). GAMBARAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG PENGETAHUAN COVID-19 DI KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN BATUNADUA, KOTA PADANGSIDIMPUAN. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia, 6(1), 107–114. Pardede, J. A., & Purba, J. M. (2020b). HUBUNGAN KELUARGA BERHUBUNGAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN SKIZOFRENIA. Ilmiah STIKES Kendal, 10(4), 645–654. Rahmawati, L., Arneliwati, & Elita, V. (2015). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Depresi Remaja Di Lembaga Pemasyarakatan. JOM, 2(2), 1221–1230. Rahmayanti, Y. E., & Rahmawati, T. (2018). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kejadian Depresi pada Remaja Awal. Asuhan Ibu & Anak, 3(2), 47–54. Sasmi, D. A. (2021). PENGARUH KEBERFUNGSIAN KELUARGA GEJALA DEPRESI PADA REMAJA BROKEN HOME [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Malang. Suhariati, H. I. (2021a). Hubungan Peran Keluarga dengan Depresi Remaja Belajar Daring Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Keperawatan, 19(1), 26–36. | id_ID |
dc.description.abstract | Latar Belakang : Virus corona adalah anggota dari sekelompok besar virus yang dapat membahayakan manusia atau hewan. Gejala infeksi saluran pernapasan mulai dari flu biasa hingga yang lebih serius akan terlihat pada orang yang tertular virus. Karena pandemi COVID-19, semua anak harus belajar secara daring. Perubahan dalam cara hidup seseorang dan adaptasi baru dihasilkan dari kebutuhan ini. Kondisi psikologis negatif seperti kecemasan, stres, dan bahkan depresi sangat umum terjadi pada remaja. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan mental setiap remaja, salah satunya adalah menurunnya atau meningkatnya dukungan keluarga. Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dukungan keluarga dan depresi mempengaruhi siswa SMA di Samarinda selama pandemi COVID-19. Metode : Desain penelitian ini adalah analitik korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Menggunakan Sampel Rumus Slovin sebanyak 1004 siswa SMA usia 14-18 tahun. Dengan menggunakan kuesioner Beck Depression Inventory II (BDI-II) dan Familly Support Questioner (FSQ). Analisis statistik menggunakan Spearman Rho. Hasil : Berdasarkan hasil uji korelasi spearman di peroleh nilai signifikan >0,05 p = 0,017, maka hubungan dan correlation coefficient 0,597. Hal ini berarti tidak ada pengaruh yang signifikan antara hubungan antara dukungan keluarga dengan depresi pada siswa SMA selama pandemi covid-19 di Samarinda. Kesimpulan : Tidak adanya hubungan antara dukungan keluarga dengan depresi pada siswa SMA selama pandemi covid-19 di Samarinda. | id_ID |