PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS) DAN PRICE EARNING RATIO (PER) TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa dan menguji pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) terhadap return saham pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016-2020. Berdasarkan kriteria seleksi sampel menggunakan metode purposive sampling diporeleh 12 perusahaan sampel. Motode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Earning Per Share (EPS) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap return saham dan Price Earning Ratio berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap return saham, secara simultan variabel independen tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham pada perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.