Show simple item record

dc.contributor.authorANGGI, SETIAWATI
dc.date.accessioned2023-07-11T02:32:24Z
dc.date.available2023-07-11T02:32:24Z
dc.date.issued2022-12-29
dc.identifier.citationAkhmad, A. D.; Dirga; Mukarromah, S.; Adliani, N.; dan Sukrasno. 2019. Tingkat Kepuasan Konsumen Apotek Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kecamatan Sukarame. Jurnal Farmasi Malahayati. Volume 2, No. 1 Anisah, Z., Moeslich, H., dan Didik, S. 2015. Pengaruh Pelayanan Kefarmasian Terhadap Kepuasan Konsumen Apotek di Wilayah Purwokerto. Jurnal Farmasi Indonesia. Volume 7, No. 1. Arianto. M & Mahmudah. N. 2014 . Analisis kepuasan konsumen di Jatiroso Catering Service. JBMP. 01(02). 102-120. Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. ISSN 2338-4409 Athijah, umi, dkk, 2012. Profil Penyimpanan Obat Di Puskesmas Wilayah Surabaya Timur dan Pusat, Jurnal Farmasi Indonesia 4 : 5 : 213– 222 Badan Pengawas Obat dan Makanan RI. 2014. Menuju Swamedikasi yang Aman. Info POM. Vol.15, No.1. hlm: 3 –5. Jakarta: BPOM RI. Badan Pusat Statistik. (2020). Swamedikasi Di Indonesia. 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik. Badan Pusat Statistik Kabupaten Nunukan. (2020). Jumlah Apotek di Kabupaten Nunukan. 2020. Nunukan: Badan Pusat Statistik Kabupaten Nunukan. Badan Pusat Statistik Kabupaten Nunukan. (2020). Jumlah penduduk di Kabupaten Nunukan Menurut Kelompok Umur Tahun 2020. Nunukan: Badan Pusat Statistik Kabupaten Nunukan Badan Pusat Statistik Kabupaten Nunukan. (2021). Statistik Jumlah Penduduk Kabupaten Nunukan Tahun 2020. Nunukan: Badan Pusat Statistik Kabupaten Nunukan. Badan Pusat Statistik Kabupaten Nunukan. 2021. Statistik Pendidikan Kabupaten Nunukan Tahun 2021. Nunukan: Badan Pusat Statistik Kabupaten Nunukan. 65 Bahem, N. 2017. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Obat Tanpa Resep Di Apotek Nur Farma. Skripsi. Fakultas Kedokteran dan Ilmu – Ilmu Kesehatan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang. Bertawati. 2013. Profil Pelayanan Kefarmasian dan Kepuasan Konsumen Apotik di Kecamatan Adiwerna Kota Tegal. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. Vol. 2 No. 2: Surabaya. Cita, P. E. 2014. Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Farmasi di Puskesmas Se-Kota Malang. Tugas Akhir. Fakultas Kedokteran. Universitas Brawijaya. Malang Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2016. Pedoman penggunaan obat bebas dan bebas terbatas (pp. 8, 10-13, 18-21, 22-41, 47-50). Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Dewi, V. C. 2015. Persepsi Pasien Terhadap Pelayanan Swamedikasi Oleh Apoteker di Beberapa Apotek Wilayah Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. Volume 4, No. 2 Dianita, P. S. dan Latifah, E. 2017. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Obat di Apotek Wilayah Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Jurnal Farmasi Sains dan Praktis. Volume 3, No. 2 Driharsari, F.A., 2017. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Swamedikasi di Apotek Panjerejo Kabupaten Tulungagung, [Skripsi], Universitas Muhammadiyah Malang, Malang. Dyah. Alwiyah Mukaddas dan Indriani. 2016. “Analisis Pengaruh Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Resep Di Apotek Instalasi Farmasi Badan Rumah Sakit Daerah Luwuk Kabupaten Banggai” Universitas Tadulako, Palu, Indonesia, GALENIKA Journal of Pharmacy Vol. 2 (2) : 111-117. Elmitra., 2017, Buku Dasar-Dasar Farmasetika dan Sediaan Semi Solid, Cetakan Pertama, ISBN: 978-602-453-333-5, Deepublish: Yogyakarta. 66 Farida, B. 2014. Evaluasi Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kota Yogyakarta. Vol. 4, No. 2. 2014: 135-14 Firdaus, Z. dan Muhlisin, A. 2015. Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Islam Surakarta. Jurnal Kesehatan. Volume 3, No. 3. Fuaddah, A. T. 2018. Description of Self-Medication Behavior in Community of Subdistrict Purbalingga, District Purbalingga. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal). Volume 3, No. 1 Gani N. 2014. Studi Swamedikasi Penyakit Influenza pada Masyarakat Di Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato. [Tugas Akhi]r, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo Handayani, R. S.; Raharni; dan Gitawati, R. 2012. Persepsi Konsumen Apotek Terhadap Pelayanan Apotek di Tiga Kota di Indonesia. Jurnal Makara Kesehatan. Volume 13, No. 01. Harahap, N.A., Khairunnisa, Tanuwijaya, J., 2017. Tingkat Pengetahuan Pasien dan Rasionalitas Swamedikasi di Tiga Apotek Kota Panyabungan. Jurnal Sains Farmasi dan Klinis 3(2), 186. Ihsan, S., Rezkya, P., dan Akib, I. N. 2014. Evaluasi Mutu Pelayanan Di Apotek Komunitas Kota Kendari Berdasarkan Standar Pelayanan Kefarmasian. Jurnal Farmasi dan Ilmu Kefarmasian Indonesia. Volume 1, No. 2. Irwan., dan Amalia Sari. 2014. Alat Analisis Data: Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi dan Sosial. Yogyakarta: CV Andi Offset. Ismail, A. 2018. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Tenaga Kefarmasian di Apotek Wilayah Samata. JF FIK UINAM. Volume 6, No. 2. Ismaya, Nurwulan Adi, et al. "Interpretasi Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Obat Tanpa Resep Terhadap Kepuasan Konsumen." Edu Masda Journal 4.2 (2020): 95-107. Jakarta: Rineka Cipta. Kemenkes RI. 2018. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI. 67 Kemenkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar; RISKESDAS. Jakarta: Balitbang Kemenkes Ri keperawatan. Jakarta : Salemba Medika. Kim Yun Jin, Aslam MS, Fahim SM, Khan WA, Qian L. 2021. Kepuasan konsumen di Apotek Komunitas di Sindh, Pakistan Praktek J Res Pharm;10: 78-82. Krueger JL., Hermansen-Kobulnicky CJ., 2012. Patient Perspective of Medication Information Desired and Barriers to Asking Phamacist Quetions. J Am Pharm Assoc. 2011;51 (4):510-519 Lestari, T. S. 2020. Gambaran Tingkat Kepuasan Pembeli Tentang Pelayanan Kefarmasian di Apotek Berkah Sehat Sulang Mejasem Timur. [skripsi]. Tegal: Politeknik Harapan Bersama Tegal. Manan El. 2014. Buku Pintar Swamedikasi Tips Penanganan Dini Masalah Masalah Kesehatan. Jogjakarta: Saufa. Mayang, F. S. dan Supriyanto. 2017. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Global Medan Patient Satisfaction Level of Pharmaceutical Services In Global Pharmacy Medan. Jurnal Dunia Farmasi. Volume 1, No. 3 Medisa, D. et al. 2020 “Public knowledge of self- medication in Ngaglik subdistrict of Sleman regency”, Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Indonesia, 11(3), pp. 250–256. doi: 10.20885/jkki.vol11.iss3.art6 Muharni, S., Fina, A., dan Maysharah, M. 2015 . Gambaran Tenaga Kefarmasian dalam Memberikan Informasi Kepada Pelaku Swamedikasi di Apotek Apotek Kecamatan Tampan, Pekanbaru. Jurnal Sains Farmasi & Klinis.2(1): 47-53. Mukaromah, S., Adliani, N., Sukasno., 2019. Tingkat Kepuasan Konsumen Apotek Terhadap Pekerjaan Kefarmasian di Apotek Kecamatan Sukaramu, Jurnal Ilmiah Farmasi, 2013. 2(03), pp.89–95. Norma Endang. 2020. Analisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan obat tanpa resep di Apotek Junrejo Batu.[thesis], Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Notoadmojo, S. "Metodelogi Penelitian Kesehatan. Indonesian Journal On Medical Science." (2018). 68 Notoatmodjo, S. 2012. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta Notoatmodjo, S. 2013. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. Notoatmodjo, S. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Cetakan Ketiga. Novaryatiin, S.; Ardhany, S. D; dan Aliyah, S. 2018. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di RSUD Dr. Murjani Sampit. Borneo Jurnal of Pharmacy. Volume 1, No. 1 Nur Afni. 2012. Keefektifan Model Pendampingan dalam Meningkatkan Cakupan Obat pada Pengobatan Massal Filariasis. Skripsi Universitas Negeri Semarang, Semarang. Nuryati. 2017. Farmakologi. Jakarta: Pusdik SDM Kesehatan Kementrian Kesehatan RI. Pasuraman, Valarie A. Zeithaml, and Leonard L. Berry. 2013. “SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality”. Journal of Retailing. Vol 64 (1) pp 12-37. Penelitian Bidang Ekonomi dan Sosial. Yogyakarta: CV Andi Offset Permenkes RI, 2017. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 9 Tahun 2017 Tentang Apotek. Jakarta: Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Permenkes RI. 2016. Peraturan Nomor 73 tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Jakarta : Menkes RI. Pratiwi , S., 2012. Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Medan. [Skripsi]. Fakultas Farmasi. Universitas Sumatra Utara. Pratiwi, H.; Mustikaningtias, I.; Widyartika, F. R.; Setiawan, D.; Nasrudin, K.; dan Julietta, L. 2020. Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Peran Apoteker Pada Layanan Kefarmasian Di Apotek Kecamatan Sokaraja, Baturraden, Sumbang, dan Kedung banteng. Journal of Pharmaceutical Science and Clinical Research. Volume 1. Puspasari, H., Harida, S., dan Fitriyani, D. 2018. Tingkat Pengetahuan Tentang “DAGUSIBU” Obat Antibiotik Pada Masyarakat Desa 69 Sungai Awan Kiri Kecamatan Muara Pawan Kabupaten Ketapang Tahun 2017. Journal Medical Sains. Volume 3, No. 1. Restiyono, A. 2016. Analisis Faktor yang Berpengaruh dalam Swamedikasi Antibiotik pada Ibu Rumah Tangga Di Kelurahan Kajen Kabupaten Pekalongan. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia 11(1): 15 Rikomah, Setya Enti. 2018. "Gambaran Pelayanan Kefarmasian Di Uptd Puskesmas Perawatan Betungan Kota Bengkulu." Jurnal Ilmiah Pharmacy . Volume 5, No.3 Ruditya A. N. dan Chalidyanto, D. 2015. Hubungan Karakteristik Individu Terhadap Penilaian Kualitas Produk Apotek Rawat Jalan. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia. Volume 2, No. 2 Sari, F. M. dan Suprianto. 2017. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Global Medan. Jurnal Dunia Farmasi. Volume 1, No. 3. Saputri, G. A. R., Sriana., dan Nofita. 2018. Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Resep di Instalasi Farmasi RSIA Sinta Bandar Lampung. Jurnal Farmasi Malahayati. Volume 1, No. 2 Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS, Edisi Pertama, Jakarta: Kencana. Sugiyono. 2013 . Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. CV Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2017 . Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV. Sulistya, Y. A., Pramestutie, H. R., dan Sidharta, B. (2017). Profil Kualitas Pelayanan Resep oleh Apoteker di Beberapa Apotek Kecamatan 70 Klojen Kota Malang. Pharmaceutical Journal of Indonesia, 3(1): pp. 1-9. Sunyoto, Danang. 2013. Analisis Data Ekonomi Dengan Menggunakan SPSS, Cetakan I, Penerbit PT INDEKS, Jakarta. Tjay T.H. dan Rahardja K., 2015, Obat-Obat Penting Khasiat, Penggunaan dan Efek - Efek Sampingnya, PT Elex Media Komputindo, Jakarta, pp. 523–531. Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian),Yogyakarta. Andi Tjiptono, Fandy. 2015 . Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta Tjiptono, Fandy. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi. Usfa, J. A. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pembelian Obat dan Pemilihan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Konsumen Apotek Arroz Farma 24 Pringsewu). [skripsi]. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Yuliani, N. N., Rae, A., Hilaria, M., dan Takubessi, M. 2020. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Oebobo Kota Kupang Tahun 2018. Jurnal Inovasi Kebijakan. Volume 5, No. 1. Zainuddin, M., Utomo, W., dan Herlina. 2015. Hubungan Stres dengan Kualitas Hidup Penderita Diabetes Mellitus tipe 2. Jurnal JOM. Volume 2, No. 1. Zeenot dan Stephen. 2013. Pengelolaan dan Penggunaan Obat Wajib Apotek D-MEDIKA.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3310
dc.description.abstractLatar Belakang Banyaknya Apotek sebagai salah satu sarana pelayanan kesehatan yang membantu mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi konsumen, sehingga memberikan kemudahan bagi konsumen untuk dapat memilih Apotek mana yang memberikan pelayanan yang berkualitas. Adanya pelayanan yang berkualitas akan mendatangkan kepuasan bagi konsumen. Kepuasan konsumen didapat jika pengalamannya terhadap suatu pelayanan melebihi harapan yang diinginkan. Salah satu pelayanan kesehatan yang banyak terjadi di Apotek ialah swamedikasi. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan swamedikasi di Apotek Kabupaten Nunukan dan mengetahui kepuasan konsumen terhadap pelayanan swamedikasi di Apotek Kabupaten Nunukan ditinjau menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Metode Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui pengisian kuesioner. Sampel diperoleh dengan melibatkan 100 responden yang melakukan swamedikasi di Apotek yang ada di Kabupaten Nunukan pada bulan Juli-Agustus 2022. Data yang diperoleh diolah menggunakan Microsoft Excel kemudian dianalisis menggunakan SPSS dengan membandingkan kenyataan dirasakan dan layanan yang diharapkan konsumen dalam diagram kartesius yang terdiri atas 4 bagian yaitu kuadran I prioritas utama, kuadran II pertahankan prestasi, kuadran III prioritas rendah dan kuadran IV berlebihan. Hasil dan Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian keseluruhan kepuasan konsumen terhadap pelayanan swamedikasi di Apotek Kabupaten Nunukan adalah puas dengan rata rata nilai kenyataan yang dirasakan (4.43) dan rata-rata nilai layanan yang diharapkan (4.39). Sehingga kesimpulannya yaitu tingkat kepuasan konsumen mempunyai nilai kenyataan yang lebih besar dari harapan yang diinginkan konsumen di semua aspek dimensi. Kata Kunci : Apotek, Kabupaten Nunukan, Kualitas Pelayanan, Swamedikasi.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectApotekid_ID
dc.subjectKabupaten Nunukanid_ID
dc.subjectKualitas Pelayananid_ID
dc.subjectSwamedikasiid_ID
dc.titleANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN SWAMEDIKASI DI APOTEK KABUPATEN NUNUKANid_ID
dc.title.alternativeAnalysis of Customer Satisfaction on The Quality of Swamedication Services in Pharmacies in Nunukan Districtid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record