Show simple item record

dc.contributor.authorKOMARIYAH, NUR
dc.date.accessioned2023-10-03T03:06:24Z
dc.date.available2023-10-03T03:06:24Z
dc.date.issued2023-08-29
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3406
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan lagu inggris untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada siswa di era teknologi seperti sekarang ini. Populasi penelitian ini adalah siswa siswi SMK Muhammadiyah 2 Samarinda Tahun Pelajaran 2022/2023. Dengan menggunakan teknik simple random sampling, dipilih 15 siswa sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan dua jenis perlakuan yang berbeda. Pre-test diberikan kepada kedua kelompok pada awal penelitian untuk memastikan bahwa mereka setara. Setelah itu, kelompok eksperimen diinstruksikan untuk mendengarkan lagu bahasa inggris sedangkan kelompok kontrol diberikan treatment menggunakan system menghafal kosakata untuk membandingkan apakah dengan mendengarkan lagu berbahasa inggris efektif atau tidak. Pada akhirnya, kedua kelompok akan di berikan post-test dan hasilnya dihitung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan positif pada penggunaan lagu bahasa Inggris sebagai strategi pembelajaran kosa kata terhadap penguasaan kosa kata siswa, karena nilai rata-rata pada tes kosakata dari pre-test dan post-test adalah 61, sedangkan nilai hasil rata-rata post-test adalah 76. Untuk mengetahui apakah perbedaan tersebut signifikan secara statistik atau tidak, digunakan rumus uji-t. Berdasarkan perhitungan pada standar deviasi menunjukkan perbedaan yang signifikan, yaitu masing-masing (9,297) dan (9,904) pada pre-test dan post-test, yaitu terdapat kesenjangan yang besar antara nilai terendah dan tertinggi siswa. Oleh karena itu, siswa yang diajar menggunakan lagu inggris tampil lebih baik daripada siswa yang memakai system menghafal. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan lagu inggris memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kosakata bahasa inggris pada siswa siswi SMK Muhammadiyah 2 Samarinda.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectSiswaid_ID
dc.subjectKosakataid_ID
dc.subjectLaguid_ID
dc.titleTHE EFFECTIVENESS OF USING ENGLISH SONGS TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY IN HIGH SCHOOLSid_ID
dc.title.alternativeEfektivitas Penggunaan Lagu Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Di SMAid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record