Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Kampus Universitas Muhammadiayah Kalimantan Timur (UMKT) dengan Metode Fuzzy Mamdani
Abstract
Perguruan tinggi atau universitas merupakan suatu penyelengaraan Pendidikan tinggi sebagai tingkat lanjutan dari jenjang pendidikan menegah yang mencakup program sarjana. maka dari itu pentingnya untuk meningkatkan pelayanan kampus. Kualitas pelayanan yang baik di suatu Instansi merupakan faktor dasar yang mampu mempengaruhi tingkat kenyamanan. Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur memiliki Lembaga Jaminan Mutu (LJM) yang bertugas untuk melakukan pengawasan terhadap pelayanan kampus. Maka dilakukan penelitian menggunakan metode fuzzy mamdani untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadapa pelayanan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Pada Lembaga Jaminan Mutu (LJM) mendapatkan hasil tingkat kepuasan mahasiswa dengan nilai 3.26 yang berarti sangat puas, dan hasil metode fuzzy mamdani mendapatkan nilai 3.42 dengan selisih 0.16 yang menunjukkan sangat puas. Pada perhitungan MAPE hasil yang didapatkan 73.17% yang menunjukan bahwa peramalan MAPE dikatakan buruk jika melebihi 50%. Maka perhitungan MAPE tidak cocok dengan metode fuzzy dalam uji validasi.