Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Kampus Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) dengan Metode Fuzzy Sugeno
Abstract
Di setiap lembaga pendidikan harus memiliki sumber daya manuasia (SDM) yang berkualitas. Tidak hanya tenaga pengajar saja, namun juga perlu didukung oleh staff atau tenaga pendidikan yang kompeten agar pelayanan bisa mencapai kepuasan maksismal. Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur memiliki Lembaga Jaminan Mutu (LJM) yang bertugas untuk melakukan pengawasan terhadap pelayanan kampus. Maka dilakukan penelitian menggunakan metode fuzzy sugeno untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadapa pelayanan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Pada Lembaga Jaminan Mutu (LJM) mendapatkan hasil tingkat kepuasan mahasiswa dengan nilai 3.26 yang berarti sangat puas, dan hasil metode fuzzy sugeno juga mendapatkan nilai 3.26 yang menunjukkan sangat puas. Pada perhitungan MAPE hasil yang didapatkan 80,45% yang menunjukan bahwa metode fuzzy sugeno yang digunakan tidak efesien dalam mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan kampus UMKT.