Hubungan Intensitas Penerangan dengan Ketajaman Penglihatan pada Anak Usia Sekolah: Literature Review
Abstract
Latar belakang: Pencahayaan yang baik dapat melihat objek secara jelas dan cepat untuk ruang kelas, ruang kelas merupakan suatu ruangan dalam yang berfungsi sebagai tempat untuk kegiatan tatap muka dalam proses kegiatan belajar mengajar. Salah satu ruangan yang mempengaruhi ketajaman penglihatan ialah intensitas penerangan merupakan salah satu komponen pemandangan yang baik dan keadaan lingkungan yang menyegarkan.
Tujuan: Review artikel ini bertujuan untuk menganalisa hubungan intensitas Penerangan dengan ketajaman penglihatan dengan penelitian sebelumnya.
Metode: Peneletian ini adalah Kepustakaan (liberary research), yaitu dengan metode pengumpulan data pustaka, atau penelitian yang obyek penelitiannya digali melalui dengan informasi kepustakaan (jurnal Ilmiah), Kriteria Inklusi : Jurnal Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, publikasi 5 tahun terakhir mulai dari tahun 2015-2020, anak usia sekolah, intensitas penerangan dengan ketajaman penglihatan, artikel Original, full text, terdapat Nama Jurnal, tahun, Volume, nomor dan halaman jurnal, Tema artikel Hubungan intensitas penerangan dengan ketajaman penglihatan pada anak Usia Sekolah : linterature Review
Hasil: Hasil Studi 15 artikel berdasarkan 3 database Google Schooler, Pubmed, reaschgate didapat dari 15 jurnal yang terdiri dari 7 jurnal Nasional 8 Internsional yang berhubungan dengan intensitas penerangan dengan ketajaman penglihatan pada Anak usia Sekolah. Intensitas Penerangan yang baik dapat mengurangai risiko terjadinya gangguan penglihatan.
Kesimpulan: Penelitian literature review Menunjukan nahwa ada Hubungan intensitas penerangan dengan Ketajaman Penglihatan pada anak usia sekolah.