Show simple item record

dc.contributor.authorMaharani, Zerlinda
dc.date.accessioned2024-01-31T00:44:37Z
dc.date.available2024-01-31T00:44:37Z
dc.date.issued2022-12-31
dc.identifier.citationAeni, N. (2021). Pandemi COVID-19: Dampak Kesehatan, Ekonomi, & Sosial. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 17(1), 17–34. https://doi.org/10.33658/jl.v17i1.249 Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 139. https://doi.org/10.24014/jp.v16i2.10395 Ansori, R. R., & Martiana, T. (2017). Hubungan Faktor Karakteristik Individu Dan Kondisi Pekerjaan Terhadap Stres Kerja Pada Perawat Gigi. The Indonesian Journal of Public Health, 12(1), 75. https://doi.org/10.20473/ijph.v12i1.2017.75-84 Barseli, M., Ifdil, I., & Fitria, L. (2020). Stress akademik akibat Covid-19. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 5(2), 95–99. Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89 Dr. H. Salim, M. P. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Kencana. Epishin, V. E., Salikhova, A. B., Bogacheva, N. V., Bogdanova, M. D., & Kiseleva, M. G. (2020). Mental Health and the COVID-19 Pandemic: Hardiness and Meaningfulness Reduce Negative Effects on Psychological Well-Being. Psychology in Russia: State of the Art, 13(4), 75–88. https://doi.org/10.11621/PIR.2020.0405 Fitriani, M. (2021). Gambaran Stres Akademik Siswa SMP Saat Pembelajaran Daring (Online) di Kota Padang. Socio Humanus, 3(1), 76–85. http://ejournal.pamaaksara.org/index.php/sohum/article/view/227 Fitriasari, A., Septianingrum, Y., Budury, S., & Khamida, K. (2020). Stress pembelajaran online berhubungan dengan strategi koping mahasiswa selama pandemi covid-19. Jurnal Keperawatan, 12(4), 985–992. Gafur, H. (2015). Mahasiswa \& Dinamika Dunia Kampus. Rasibook. Gafur, Harun. (n.d.). Mahasiswa & Dinamika Dunia Kampus. In Rasibook (p. 135 pages). https://books.google.co.id/books?id=6jPwDwAAQBAJ Hidayat, A. A. (2021). Metodologi Keperawatan untuk Pendidikan Vokasi. Health Books Publishing. Jannah, R., & Santoso, H. (2021). Tingkat Stres Mahasiswa Mengikuti Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 Riazul Jannah. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 130–146. Jaya, I. (2019). Penerapan Statistik untuk Penelitain Pendidikan. Prenada Media. https://www.google.co.id/books/edition/Penerapan_Statistik_untuk_Penelitian_Pen/lxiNDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=penerapan+statistika+indra+jaya&printsec=frontcover Jaya Jotwani. (2016). Hardiness and Psychological Distress among University Students Studying In Madhya Pradesh. International Journal of Indian Psychology, 3(2). https://doi.org/10.25215/0302.099 Khairunnisa. (2020). Hubungan Kepribadian Hardiness dengan Resiliensi pada Anak Jalanan di Kecamatan Medan Maimun. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/28974 Kharismatul, Metha, Ekanita, S. (2021). Edukasi Dan Evaluasi Tingkat Pengetahuan Warga Sekitar Masjid Di Daerah Pekalongan Barat Mengenai Penggunaan Handsanitizer Guna Pencegahan Covid-19. Jurnal Abdimas, 2(1), 9. Kurnia, A., & Ramadhani, A. (2021). Pengaruh Hardiness dan Dukungan Sosial Terhadap Stres Akademik Mahasiswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(3), 657. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i3.6506 Lovibond, P. F., & Lovibond, S. H. (1995). The structure of negative emotional states: Comparison of the DepresLovibond, P. F., & Lovibond, S. H. (1995). The structure of negative emotional states: Comparison of the Depression Anxiety Stress Scales (DASS) with the Beck Depression and Anxiety Inven. Behaviour Research and Therapy, 33(3), 335–343. https://doi.org/10.1016/0005-7967(94)00075-U Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres Akademik Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid 19. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 10(1), 31. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v10i1.5454 Maharani, I., & Budiman, A. (2020). Hubungan stress akademik dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa dalam masa pandemi. Prosidig Psikologi, 6(2), 693–699. Mailoa, J., & Ramdani, A. (2020). Efektivitas Pelatihan Hardiness untuk Meningkatkan Sikap Tangguh dalam Menyelesaikan Masalah. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 12(2), 65–80. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol12.iss2.art1 Menon, P., & Yogeswarie. (2015). Sociability, Hardiness and Resilience in Mothers of Differently Able Children. IJSR: International Journal of Scientific Research, 4(7), 533–535. Muhamad, S. V. (2021). PANDEMI COVID-19 SEBAGAI PERSOALAN SERIUS BANYAK NEGARA DI DUNIA. Mund, P. (2016). Kobasa Concept of Hardiness (A Study with Reference to the 3Cs). International Research Journal of Engineering, 2(1), 34–40. https://sloap.org/journals/index.php/irjeis/article/view/243 Nur Azizah, J. (2021). Hubungan Antara Hardiness Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Yang Mengerjakan Skripsi Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Penelitian Psikologi Rachman, 8(1), 212–223. Nur, L., & Mugi, H. (2021). Tinjauan Literatur Mengenai Stres Dalam Organisasi. Ilmu Manajemen, 18(1), 20–30. Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis Edisi 5 (Vol. 148). Salemba Medika. Putri, S. A., & Sawitri, D. R. (2017). Hubungan Antara Hardiness Dengan Stres Akademik Pada Taruna Tingkat Ii Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Empati, 6(4), 319–322. Rahayu, S. P., & Isrofin, B. (2021). HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN TANGGUH DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN STRES AKADEMIK SISWA SMAN SE-KABUPATEN PASER. 5(2), 237–246. Sekariansah, A. T., & Sakti, H. (2015). HARDINESS RELATIONSHIP BETWEEN STRESS WITH SORT OF STUDENTS IN THESIS. Sovitriana, R., Ratri, S., Kartikaningrum, A., Psikologi, F., & Persada, U. (2021). Hardiness dan Stress Akademik Selama Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas XI di SMAN 40 Jakarta pendidikan , mengharuskan sekolah ditutup untuk sementara waktu . Kegiatan belajar selama pandemi covid-19 . Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jurnal Psikologi Kreatif Inovatif, 1(1), 81–85. Yusuf, N. M., & Yusuf, J. M. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik. Psyche 165, 13(02), 235–239.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3739
dc.description.abstractLatar Belakang : Kasus Covid-19 yang masih terus melonjak secara global membuat Pemerintah Indonesia menetapkan seluruh kegiatan pembelajaran tatap muka menjadi daring. Perubahan sistem pembelajaran ini membuat mahasiswa mengalami stres. stres yang dirasakan mahasiswa memberikan dampak buruk seperti terbengkalainya tugas kuliah, rasa khawatir, cemas, dan berkurangnya rasa motivasi untuk kuliah. Namun tidak semua mahasiswa mengalami stress tersebut. Hal ini dikarenakan ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi stres mahasiswa dan Salah satunya yaitu hardiness yang berasal dari individu. Hardiness merupakan suatu susunan karakteristik kepribadian, yang membuat individu menjadi lebih kuat, stabil dalam menghadapi stress serta mampu mengurangi keadaan negative yang sedang dihadapi. Tujuan : Mengetahui hubungan Hardiness Dengan Stres Selama Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Metode : Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah responden mahasiswa semua prodi angkatan 2020 di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur menggunakan teknik stratified random sampling sebanyak 707 data, pengukuran stress menggunakan kuesioner DASS dan pengukuran hardiness menggunakan kuesoner DRS-15 yang diolah menggunakan SPSS version 26. Hasil : Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa dari 707 responden yang memiliki hardiness tinggi sebanyak 450 orang dengan tingkat stress normal sebanyak 215 orang. Kesimpulan : Diperoleh hasil responden paling banyak usia 19-21 tahun 647 orang (91,5%), hardiness tinggi sebanyak 450 orang (63,3), tingkat stress berat 261 orang (36,9%), H0 ditolak Ha diterima terdapat hubungan bermakna.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectHardinnessid_ID
dc.subjectTingkat Stresid_ID
dc.subjectPembelajaran Daringid_ID
dc.subjectCOVID-19id_ID
dc.titleHubungan Hardiness dengan Stres Selama Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi COVID-19 pada Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.title.alternativeCorrelation Between Hardiness with Stress During Online Learning During at The Pandemic COVID-19 in College Students at Muhammadiyah University East Kalimantanid_ID
dc.typeOtherid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record