Show simple item record

dc.contributor.authorAnnisa, Putri
dc.date.accessioned2024-01-31T01:43:15Z
dc.date.available2024-01-31T01:43:15Z
dc.date.issued2022-06-28
dc.identifier.citationAdam, B. I., Widiastuti, M., & Safitri, M. (2021). GAMBARAN STRES REMAJA SMA YANG MENGIKUTI BELAJAR ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19. 1(9), 01. Ali, M., & Asrori, M. (2008). Psikologi remaja : Perkembangan Peserta Didik. PT.Bumi Aksara. Ammar, A., Brach, M., Trabelsi, K., Chtourou, H., Boukhris, O., Masmoudi, L., Bouaziz, B., Bentlage, E., How, D., Ahmed, M., Müller, P., Müller, N., Aloui, A., Hammouda, O., Paineiras-Domingos, L. L., Braakman-Jansen, A., Wrede, C., Bastoni, S., Pernambuco, C. S., … Hoekelmann, A. (2020). Effects of COVID-19 home confinement on eating behaviour and physical activity: Results of the ECLB-COVID19 international online survey. Nutrients, 12(6), 1–14. https://doi.org/10.3390/nu12061583 Ananda, S. S. dwi, & Apsari, N. C. (2020). Mengatasi Stress Pada Remaja Saat Pandemi Covid-19 Dengan Teknik Self Talk. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 248. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i2.29050 Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 139. https://doi.org/10.24014/jp.v16i2.10395 Asrori. (2008). psikologi remaja: Perkembangan Peserta Didik. PT.Bumi Aksara. Bismar, M. (2020). Dampak Stress Remaja Di Masa Pandemi Covid 19. 11. Budiyati, G. ., & Oktavianto, E. (2020). Stres Dan Resiliensi Remaja Di Masa Pandemi Covid-19. Husada Mahakam: Jurnal Kesehatan, 10(2), 11–18. https://doi.org/10.35963/hmjk.v10i2.227 Callow, D. D., Arnold-Nedimala, N. A., Jordan, L. S., Pena, G. S., Won, J., Woodard, J. L., & Smith, J. C. (2020). The Mental Health Benefits of Physical Activity in Older Adults Survive the COVID-19 Pandemic. American Journal of Geriatric Psychiatry, 28(10), 1046–1057. https://doi.org/10.1016/j.jagp.2020.06.024 Diana, R. ., & Satriyandari, Y. (2021). DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP KECEMASAN YANG DIALAMI OLEH REMAJA. Jurnal Kesehatan, 12, 416–426. https://doi.org/10.24252/kesehatan.v7i2.54 Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. Journal ISTIGHNA, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20 Elfiyani, N. ., Pratomo, H., Putri, S. ., Wahyuni, R. ., & Mukti, G. . (2021). GAMBARAN EMOSIONAL PADA REMAJA YANG MENJALANI SOCIAL DISTANCING SELAMA PANDEMI COVID-19. Quality : Jurnal Kesehatan, 15(1), 37–43. https://doi.org/10.36082/qjk.v15i1.211 Estikasari, P., Redatin, S., & Pudjiati, R. (2021). Gambaran Psikologis Remaja Selama Sekolah Dari Rumah Akibat Pandemi Covid-19. 2(1), 23–36. Fitria, L., & Ifdil, I. (2020). Kecemasan Remaja pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 1–4. https://doi.org/10.37287/jppp.v3i3.530 Gimon. (2020). Gambaran stres dan body image pada mahasiswa semester VI Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi selama masa Pandemi Covid-19. Jurnal KESMAS, 9(6), 17–26. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/kesmas/article/view/30885 Hasmy, L. A., & Ghozali. (2022). Literature Review Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Stress Pada Remaja. Borneo Student Research, 3(2), 1962–1971. Hidayat, A. A. A. (2015). Metode Penelitian Kesehatan Paradigma Kuantitatif. Health Books Publishing. Hurlock, elizabeth B. (2004). psikologi perkembangan. PT.Gelora Aksara Pratama. Imelisa, R. (2021). keperawatan kesehatan jiwa psikososial (p. 316). EDU PUBLISHE. Jamila. (2021). Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Mencegah Stres Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 4(1), 21–27. Kaltim, P. (2021). COVID-19-Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Kemenkes. (2020). PEDOMAN DUKUNGAN KESEHATAN JIWA DAN PSIKOSOSIAL PADA PANDEMI COVID-19. In Germas. Kemenkes. (2021). Penyakit Infeksi Emerging. https://covid19.kemkes.go.id/situasi-infeksi-emerging/situasi-terkini-perkembangan-coronavirus-disease-covid-19-25-november-2021 Khairani, M., Mawarputry, M., & Meinarno. (2021). Ragam Cerita Pembelajaran dari COVID-19. Syiah Kuala University Press. Kharisna, D., Deswinda, Stephanie, D. ., Febtrina, R., & Hafiza.N. (2021). KUALITAS TIDUR SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Academy of Education Journal, 9(2), 205–210. https://doi.org/10.47200/aoej.v12i2.447 Kountul, Y. P., Kolibu, F. K., & Korompis, G. E. C. (2018). Hubungan Jenis Kelamin dan Pengaruh Teman Sebaya dengan Tingkat Stres Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado. Kesmas, 7(5), 1-7lll. Lindasari, S. W., Nuryani, R., & Sukaesih, N. S. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Psikologis Siswa Pada Masa Pandemik Covid 19. Jnc, 4(2), 130–137. Masyah, B. (2020). Pandemi Covid 19 terhadap Kesehatan Mental dan Psikososial. Mahakan Noursing, 2(8), 353–362. http://ejournalperawat.poltekkes-kaltim.ac.id/index.php/nursing/article/view/180/74 Nasution IK. (2008). Stres pada remaja [Skripsi]. Medan: USU Repository, 15. Notoatmodjo, S. (2005). Metodologi Penelitian Kesehatan (Edisi Revi). PT.Rineka Cipta. Nur, L., & Mugi, H. (2021). Tinjauan Literatur Mengenai Stres Dalam Organisasi. Ilmu Manajemen, 18(1), 20–30. Oktaviany, R. (2021). Pengaruh pandemi covid-19 terhadap kesehatan jiwa remaja. Ilmu Kesehatan Mental Anak, 2(2), 1–7. Olfah, Y., Siswati, T., & Bintari, N. A. (2021). Pelatihan self assessment : kecemasan pada remaja di masa pandemi covid 19. 3, 1411–1417. Pertiwi, S. ., Moeliono, M. ., & Kendhawati, L. (2021). Depresi, Kecemasan, dan Stres Remaja selama Pandemi Covid-19. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 6(2), 72–77. https://doi.org/10.36722/sh.v6i2.497 Pramesti, & Amalia, N. (2022). Persepsi Psychological Well Being Tentang Stres pada Remaja di masa Pandemi. Borneo Student Research, 3(2), 1929–1934. Pratama, Y. W., Hasymi, N. Y., & Nurlaili. (2021). GAMBARAN TINGKAT STRES REMAJA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMKN 3 KOTA BENGKULU. PUTRI, S. A. Y. U. V. (2021). Hak dan Kewajiban Remaja Dalam Kesehatan Psikologi. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/9gw8y Quraisy, A. (2020). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk. J-HEST: Journal of Healt, Education, Economics, Science, and Technology, 3(1), 7–11. Rahayuni. (2021). dampak pandemi covid-19 pada kesehatan mental remaja di kabupaten bangli-bali. Raudha, R., & Tahlil, T. (2016). Stres dan strategi koping pada mahasiswa keperawatan. JIM FKep, I(1), 1–7. http://www.jim.unsyiah.ac.id/FKep/article/viewFile/1533/6771 Rochmawati. (2014). Manajement Stres. 1–18. Roziika, A., Santoso, M. B., & Zainuddin, M. (2020). Penanganan Stres Di Masa Pandemi Covid-19 dengan Metode Emotional Freedom Technique (EFT). Jurnal Pekerjaan Sosial, 3(2), 121–130. http://jurnal.unpad.ac.id/focus/article/view/28454 Rukmana, E., Permatasari, T., & Emilia, E. (2021). The Association Between Physical Activity with Nutritional Status of Adolescents During the COVID-19 Pandemic in Medan City. Jurnal Dunia Gizi, 3(2), 88–93. https://doi.org/10.33085/jdg.v3i2.4745 Salsabila, A. (2021). MENJAGA KESEHATAN MENTAL DI MASA PANDEMI Nasya Andini Salsabila. https://psyarxiv.com/rd4zf/ Santrok, J. W. (2007). Adolescene Remaja (Jilid 2). Erlangga. Sarwono, sarlito wirawan. (2011). Psikologi Remaja. PT Raja Granfindo Persada. Sasmita, F. (2021). Kesehatan Mental Remaja Pada Masa Pandemi. I(01), 11–19. Sibarani, I. H. (2020). Pengaruh Pandemi COVID-19 Terhadap Penurunan Aktivitas Fisik Pada Remaja Selama Lockdown. 2. soetjiningsih. (2004). Buku Ajar: Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Salemba Medika. Solicha, S. N., & Amalia, N. (2022). Persepsi Remaja Tentang Strategi Coping Stres di masa Pandemi Covid-19 Covid. Raudha, R., & Tahlil, T. (2016). Stres Dan Strategi Koping Pada Mahasiswa Keperawatan, 3(2), 1898–1904. Somantri, I., Hernawaty, T., & Multisari, R. (2019). The Differences of Nurses’ Work Stress in The Intensive Care Unit and Inpatient Room in A Psychiatric Hospital. Journal of Nursing Care, 2(1). https://doi.org/10.24198/jnc.v2i1.19046 Sugiyono. (2015). Statistik Nonparametris untuk Penelitian. Alfabeta. Suhariati, H. . (2021). Hubungan peran keluarga dengan depresi remaja belajar daring selama pandemi COVID-19. Jurnal Keperawatan, 19(1), 26–36. Sulastri, M., & Hilinti, Y. (2021). KAITAN STRES DENGAN KELAHIRAN PREMATURE SAAT WABAH VIRUS CORONA 2019 (COVID-19) DI INDONESIA: LITERATURE REVIEW. Journal Of Midwifery Vol. 9 No. 1, 9(1), 32–37. Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415 Suyanto. (2011). Metodologi dan Aplikasi Penelitian Keperawatan. Nuha Medika. Thahir, A. (2020). Buku Daras Psikologi Perkembangan. http://repository.radenintan.ac.id/10934/ Usman, S. . (2021). OPTIMISME MENGHADAPI TANTANGAN PANDEMI COVID-19. PT.Nasya Expanding Management. who. (2020). Strategic Response Plan for the Who African Region Table of Contents (Vol. 2019, Issue December). WHO. (2020). Tes Diagnostik untuk SARS-CoV-2: Panduan interim. World Health Organization, September, 1–19. Widyatun. (2009). ilmu perilaku. Info medika. Yolanda, Y., Suryani, U., Refti, Y., & Noptikha, A. A. (2021). Cara Mengendalikan Stres dan Tetap Produktif pada Dewasa Muda dalam Menghadapi Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Peduli Masyarakat, 3(2), 115–122. https://doi.org/10.37287/jpm.v3i2.498 Yuliana. (2021). Covid-19: Pandemi Yang Menyerang Bumi Kita (A. Rijal (ed.)). CV.Jakad Media Publishing. Yusfarani, D. (2021). Hubungan Kecemasan dengan Kecendrungan Psikosomatis Remaja Pada Pandemi Covid 19 Di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 295–298. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1328id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3742
dc.description.abstractLatar Belakang: Akhir tahun 2019 munculnya infeksi virus yaitu wabah penyakit virus corona yang biasa dikenal COVID-19 yang pertama kali terdeteksi di Wuhan, China. Masa pandemi COVID-19 merupakan bancana non alam yang berdampak pada kesehatan mental dan psikososial yang dapat dialami dari semua kalangan terutama pada usia remaja. Pada masa pandemi COVID-19 kecemasan, gangguan pola tidur, depresi dan stres meningkat pada usia remaja. Tujuan: Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan dampak COVID-19 dengan kejadian stres pada remaja di SMA 14 Samarinda Metode: Desain penelitian ini menggunakan motede kuantitatif dengan rancangan descriptive correlation menggunakan pendekatan cross sectional. Pengambilan data menggunakan google form berupa kuesioner. Metode pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan sampel sebanyak 153 responden pada remaja di SMA 14 Samarinda. Hasil Penelitian: Hasil analisis uji statistik menggunakan pearson produck moment dengan hasil pearson correlation -.0,612 dan nilai P = 0,000 < 0,05 sehingga menunjukkan adanya hubungan kuat antara dampak COVID-19 dengan kejadian stres dengan arah hubungan negatif yang artinya semakin tinggi dampak COVID-19 maka semakin rendah kejadian stres. Kesimpulan: Ada hubungan kuat antara dampak COVID-19 dengan kejadian stres pada remaja di SMA 14 Samarindaid_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectDampak COVID-19id_ID
dc.subjectStresid_ID
dc.subjectRemajaid_ID
dc.titleHubungan Dampak COVID-19 dengan Kejadian Stres pada Remaja di SMA 14 Samarindaid_ID
dc.title.alternativeThe Relationship Between The Impact of COVID-19 and The Incidence of Stress in Adolescents at SMA 14 Samarindaid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record