Show simple item record

dc.contributor.authorRiady Ramlan, Ahmad
dc.date.accessioned2024-02-05T01:08:28Z
dc.date.available2024-02-05T01:08:28Z
dc.date.issued2022-07-08
dc.identifier.citationAisah, Narinda, and Wienike Dinar Pratiwi. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Mahasiswa Unsika Pada Saat Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 11(1): 131. Akbar, Zarina. 2017. “Program Peningkatan Keterlibatan Orangtua Melalui Kegiatan Seni Pada Anak Usia Dini.” Sarwahita 14(01): 53–60. Ansori, Yoyo Zakaria. 2020. “Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 6(1): 177–86. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/308/202. Apriliana. 2017. “Pendampingan Anak Dalam Keluarga Di TK Pertiwi Kebasen Kabupaten Banyumas.” Jurnal Elektronik Mahasiswa Pend. Luar Sekolah: 287–98. Ayun, Qurrotu. 2017. “Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 5(1): 102. Badriah, Eli Rohaeli, and Wedi Fitriana. 2018. “Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Potensi Anak Melalui Homeshooling Di Kancil Cendikia.” Comm-Edu (Community Education Journal) 1(1): 1. Batoebara, Maria Ulfa, and Buyung Solihin Hasugian. 2021. “Peran Orang Tua Dalam Komunikasi Pembelajaran Daring.” Warta Dharmawangsa 15(1): 166–76. Brown, Samantha. 2020. “Stress and Parenting during the Global COVID-19 Pandemic.” Child Abuse and Neglect 110(June). Cahyani, Arini Dwi, Wiwin Yulianingsih, and Roesminingsih. 2021. “Sinergi Antara Orang Tua Dan Pendidik Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(2): 1054–69. Calear, Alison Lawren. 2022. “Psychosocial Impacts of Home-Schooling on Parents and Caregivers during the COVID-19 Pandemic.” BMC Public Health 22(1): 1–8. Chaterine, Rahel Nanda. 2020. “Siswa Belajar Dari Rumah, KPAI: Anak-Anak Stres Dikasih Banyak Tugas.” news.detik.com. https://news.detik.com/berita/d-4944071/siswa-belajar-dari-rumah-kpai-anak-anak-stres-dikasih-banyak-tugas/2. Chung, Gerard. 2022. “Efek Mediasi Stres Orang Tua Pada Kerasnya Pola Asuh Dan Hubungan Orang Tua-Anak Selama Pandemi Coronavirus ( COVID-19 ) Di Singapura.” : 801–12. Clement, Kehinde. 2021. “Artikel Penelitian Asli.” 0: 1–16. Fahriza, Sunarti Rayaginansih, and Eko Rismara Agustina. 2020. “Coping Strategies to Increase Adolescent Emotional Intelligence in the Pandemic Covid-19.” … : Jurnal Bimbingan dan … 4(1): 1–6. http://www.journal.unindra.ac.id/index.php/teraputik/article/view/280. Haerudin. 2020. “Pembelajaran Di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19.” Pembelajaran di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19 (May): 1–12. Handarini, Oktafia Ika, and Siti Sri Wulandari. 2020. “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH).” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 8(3): 465–503. Hidayani, Wuri Ratna. 2020. “Faktor Faktor Risiko Yang Berhubungan Dengan COVID 19 : Literature Review.” Jurnal Untuk Masyarakat Sehat (JUKMAS) 4(2): 120–34. Kartika, Difa. 2020. “Faktor–Faktor Kecemasan Akademik Selama Pembelajaran Daring Pada Siswa SMA Di Kabupaten Sarolangun.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4(3): 3544–49. Lee, Shawna J, Kaitlin P Ward, Olivia D Chang, and Kasey M Downing. 2020. “Sejak Januari 2020 Elsevier Telah Membuat Pusat Sumber Daya COVID-19 Dengan Informasi Gratis Dalam Bahasa Inggris Dan Mandarin Tentang Virus Corona Baru COVID- 19 . Pusat Sumber Daya COVID-19 Di-Host Di Elsevier Connect , the Situs Berita Dan Informasi Pu.” Mar’ah, Nur Khairiyah, Ani Rusilowati, and Woro Sumarni. 2020. “Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar.” May, Isabelle, Sarah Awad, Matthias S. May, and Albert Ziegler. 2021. “Parental Stress Provoked by Short-Term School Closures During the Second COVID-19 Lockdown.” Journal of Family Issues. Mochida, Seiko. 2021. “Factors Modifying Children’s Stress during the COVID-19 Pandemic in Japan.” European Early Childhood Education Research Journal 29(1): 51–65. Muslimin, Mudianto. 2017. “Terapi Tasawuf Sebagai Upaya Penanggulangan Stress, Depresi, Dan Kecemasan.” Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam …: 1–26. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/ghaidan/article/view/2030. Nabil, Azhar, and Rakhmaditya Dewi. 2021. “Fenomena Burnout Tenaga Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19.” Seminar Nasional Psikologi UM 1(1): 149–59. Nasution, Nurul Hidayah. 2021. “Gambaran Pengetahuan Masyarakat Tentang Pencegahan Covid-19 Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Kota Padangsidimpuan.” Jurnal Biomedika dan Kesehatan 4(2): 47–49. Nordahl, Dag. 2020. “Gaya Keterikatan Orang Dewasa Dan Ikatan Ibu- Bayi : Jalur Tidak Langsung Dari Stres Pengasuhan.” : 1–11. Palupi, Tri Nathalia. 2020. “Tingkat Stres Pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar Dalam Menjalankan Proses Belajar Di Rumah Selama Pandemi Covid-19.” Tingkat Stres pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar dalam Menjalankan Proses Belajar di Rumah Selama Pandemi Covid-19 9(2): 18–29. Pardede, Jek Amidos. 2020. “Kesiapan Peningkatan Perkembangan Anak Usia Sekolah.” (November). Poerwanto, Agus, and Wiwik J Prihastiwi. 2017. “ANALISIS PREDIKTOR RESILIENSI AKADEMIK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Di KOTA SURABAYA.” Psikosains 12(1): 45–57. http://ir.obihiro.ac.jp/dspace/handle/10322/3933. Ramadaningsih, Sri, Rizqa Nur Tanjung, Fitriani Lubis, and Zulfahri. 2021. “Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Dan Sastra Indonesia Guna Membina Pendidikan Karakter Di Masa ….” … Berbasis Digital Guna …. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43403. Rosyanti, Lilin, and Indriono Hadi. 2020. “Dampak Psikologis Dalam Memberikan Perawatan Dan Layanan Kesehatan Pasien COVID-19 Pada Tenaga Profesional Kesehatan.” Health Information : Jurnal Penelitian 12(1): 107–30. Sari, Popy Puspita, Sumardi Sumardi, and Sima Mulyadi. 2020. “Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini.” Jurnal Paud Agapedia 4(1): 157–70. Sawiji, S, I Gunawan, and I M Agustin. 2022. “Tingkat Stres Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Daring Dengan Prestasi Sekolah Anak Selama Pandemi.” Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ … 10(1): 91–102. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/view/9051. Seguin, Diane, Elizabeth Kuenzel, J. Bruce Morton, and Emma G. Duerden. 2021. “School’s out: Parenting Stress and Screen Time Use in School-Age Children during the COVID-19 Pandemic.” Journal of Affective Disorders Reports 6(September): 4–7. Sizeh, Noer, Ahmad Guntur Alfianto, and Rahmaniah Ramadhani. 2021. “Hubungan Pendampingan Pembelajaran Online Dengan Tingkat Stres Pada Orang Tua Selama Pandemi Covid019.” Media Husada Journal of Nursing Science 2: 21–27. Vargas Rubilar, Jael, María Cristina Richaud, Viviana Noemí Lemos, and Cinthia Balabanian. 2022. “Parenting and Children’s Behavior During the COVID 19 Pandemic: Mother’s Perspective.” Frontiers in Psychology 13(April). Wijirahayu, Ani, Darmawan Pranaji, and Istiqlaliyah Muflikhati. 2016. “Kelekatan Ibu-Anak, Pertumbuhan Anak, Dan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Prasekolah.” Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen 9(3): 171–82. World Health Organization. 2020. “Pembersihan Dan Disinfeksi Permukaan Lingkungan Dalam Konteks COVID-19.” Panduan interim: 1–9. who.int.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3765
dc.description.abstractLatar belakang: Pada Maret 2020, Indonesia menjadi negara pertama yang mengkonfirmasi Covid-19. Karena pembelajaran tatap muka dilarang untuk menghentikan penyebaran Covid-19, maka dilaksanakan di semua jenjang pendidikan, baik SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Keluarga berperan penting dalam pendidikan anak di masa pandemi, dan salah satu tugas selama Study From Home adalah belajar di sekolah, yang diperlukan untuk menyelesaikan semua kegiatan sekolah di rumah. Mendampingi anak di rumah mengacu pada upaya yang dilakukan oleh orang tua untuk memenuhi kebutuhan anaknya dan mencari solusi atas permasalahan agar tumbuh kembangnya dapat tumbuh dengan baik. Tujuan: Kajian pustaka ini bertujuan untuk mengidentifikasi penelitian sebelumnya yang mengkaji dampak keterlibatan orang tua dan gaya pengasuhan terhadap tingkat stres anak selama Study From Home. Metodologi: Kajian pustaka merupakan salah satu jenis metodologi penelitian yang melibatkan beberapa langkah dengan menggunakan metode pengumpulan data kepustakaan dan publikasi ilmiah yang ditemukan melalui pencarian bahan kepustakaan pada variabel kajian. Sepuluh publikasi asing dan lima jurnal dalam negeri digunakan untuk menyusun data penelitian ini, mencakup tahun 2017-2021. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian literature review dari 15 jurnal ditemukan 8 jurnal membahas tentang pendampingan orang tua, 4 jurnal membahas tentang pola asuh dirumah, dan 3 jurnal membahas stres anak. Untuk itu diperlukan pendampingan orang tua dan pola asuh terhadap stres anak saat Study From Home. Kesimpulan: Berdasarkan hasil analisis jurnal yaitu membahas banyaknya tuntutan belajar dirumah serta adaptasi dengan system pembelajaran daring menimbulkan stress pada anak sehingga pendampingan orang tua dan pola asuh sangat berpengaruh saat Study From Home untuk mencegah resiko stres pada anak.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectBelajar di Rumahid_ID
dc.subjectPendampingan Orang Tuaid_ID
dc.subjectPola Asuh dan Stres Anakid_ID
dc.titleHubungan Pendampingan Orang Tua dan Pola Asuh terhadap Stres Anak Saat SFH: Literature Review 2021id_ID
dc.title.alternativeRelationship of Parental Assistance and Parenting Patterns to Children's Stress When Sfh : Literature Review 2021id_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record