Hubungan Perkembangan Emosional dan Pendampingan Orangtua terhadap Stress Anak Saat SFH (Study From Home): Literature Review
Abstract
Latar Belakang : perkembangan emosional anak adalah proses belajar pada diri anak tentang berinteraksi dengan orang disekitarnya yang sesuai dengan aturan social dan anak mampu dalam megendalikan perasaannya yang sesuai dengan kemampuanya dalam mengidentifikasi dan mengungkapkan perasaanya yang diperoleh secara bertahap dan melalui proses penguatan dan modeling. Dalam pembentukan perkembangan emosional anak perlu adanya pendampingan orangtua karena kondisi emosi anak akan berdampak pada penyesuaian pribadi dan lingkungan social.
Tujuan Studi : Penelitian ini dilakukan dalam bentuk literature review yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan perkembangan emosional dan pendampingan orangtua terhadap stress anak saat SFH ( Study From Home)..
Metodelogi : Metode penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, yaitu serangkaian penelitian yang berkaitan dengan metode pengumpulan data kepustakaan atau meneliti dan menggunakan informasi kepustakaan (jurnal ilmiah) untuk objek penelitian.
Hasil : Hasil studi 15 jurnal artikel penelitian berdasarkan database antara lain sciencedirect, Pubmed, Google Schoolar, bahwa ada hubungan perkembangan emosional anak dan pendampingan oraangtua terhadap stress anak saat SFH (Study From Home).
Kesimpulan : kesimpulan perkembangan emosional anak dibentuk dari bagaimana orangtua dalam bersikap. Untuk itu diperlukanya pendampingan orangtua dalam pembentukan emosional anak. Anak dengan emosional baik akan mempengaruhi sikap kedepannya saat bertindak dalam menyelesaikan masalah