Show simple item record

dc.contributor.authorRudiana, Iis
dc.date.accessioned2024-02-23T05:06:01Z
dc.date.available2024-02-23T05:06:01Z
dc.date.issued2019-06-28
dc.identifier.citationAgus, Priyanto. (2009). Komunikasi dan Konseling, Bandung : Salemba Medika. Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. (2011). Psikologi remaja dan Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara. Ali, Z. (2010), Pengantar Keperawatan Keluarga. EGC. Jakarta. Amrullah, Asriyanti. 2012. Pengaruh Kompensasi Finansial Dan Nonfinansial Terhadap. Kinerja Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Wilayah Makassar. Makassar: Universitas Hasanuddin Anna, W, (2012). Komunikasi dalam Keluarga (orang Tua dengan Anak Mereka). Antony, M. M, & Barlow, D. H (2010). Hanbook of assessment and treatment psychological disorders. New York: Guilford Publication, Inc. Asmika, Harijanto, & Handayani, N. (2008). Prevalensi depresi dan gambaran stressor psikososial pada remaja sekolah menengah umum di wilayah kotamadya Malang. Jurnal Kedokteran Brawijaya, Vol. XXIV, No. 1. Asmika, Harijanto, & Handayani, N. (2008). Prevalensi depresi dan gambaran stressor psikososial pada remaja sekolah menengah umum di wilayah kotamadya Malang. Jurnal Kedokteran Brawijaya, Vol. XXIV, No. 1. Azhim, S. (2008). Cara Islami Mencegah dan Mengobati Gangguan Otak Stres dan Depresi . Jakarta: Qultum Media Indonesia. B. L. Hankin, “Adolescent depression: Description, causes, and interventions,” Epilepsy & Behavior,vol. 8, no. 1, pp. 102–114, 2006. Barnes, H. L., & Olson, D. H. (1985). Parent-adolescent communication and the Circumplex Model. Special Issue: Family development. Child Development, 56,438-447. Beck, J. S. (2011). Cognitive therapy: Basics and beyond (2nd ed.). NewYork: Guilford. Borriruklert, C. (2007). Depression and sense of humor among adolescents.Nursing Research, 34(1), 76–87. Dahlan, Supiyudin. (2011). Statistik Untuk Kedokteran dan Kesehatan Edisi 5. Jakarta, Salemba Medika. Damayanti & Rungreangkulkij, N. (2016). Metaanalisis : gender dan depresi pada remaja. Jurnal Psikologi. 35(2), 164-180. Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum. Depdiknas. Dhara, D & Jogsan, Y. A (2013). Depression and Psychological Well- being in old age. Psychology and Psychotherapy, 3(3), 1-4. Friedman, M. (2010). Buku Ajar Keperawatan keluarga : Riset, Teori, dan Praktek. Edisi ke-5. Jakarta: EGC. Friedman, M. (2014). Buku Ajar Keperawatan keluarga : Riset, Teori, dan Praktik. Edisi ke-5. Jakarta: EGC. Garber, J.,Webb, C. A.,& Horowitz, J. L. (2009). Prevention of depression in adolescents: A review of selective and indicated programs. In S. Nolen-Hoeksema & L.M. Hilt (Eds.), Handbook of depression in adolescents (pp. 619–659).NewYork: Routledge. Harjani, Hefni. (2014). Komunikasi Islam, Jakarta: Prenada Media Group. Harmoko. (2012). Asuhan Keperawatan Keluarga. (S. Riyadi, Ed.) (Pertama.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hidayat, Alimul Aziz. (2007). Pengantar Ilmu Keperawatan anak. Jakarta : Salemba Medika Hurlock, E.B. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga. Kaplan HI, Sadock BJ, and Grebb JA. (2010). Sinopsis Psikiatri: Ilmu Pengetahuan Perilaku Psikiatri Klinis. Jilid Satu. Editor: Dr. I. Made Wiguna S. Jakarta: Bina Rupa Aksara.hlm.113 – 129, 149 – 183. Keliat, B.A., , A.P. Wiyono, dan , H. Susanti. (2012). Manajemen Kasus Gangguan Jiwa: CMHN (Intermediate Course). EGC. Jakarta. Khursid, S., Parveen, T., Yousuf, Ml, Chaudhry, AG (2015). Efek depresi pada kinerja akademik siswa. Sci. int (Lahore), 27 (2), 1619-1624. Lam, RW, Mok H. (2013). Depression, New York; Oxford University Press. Lee, Y.M. and Holm, K. (2011). Family Relationship and Depression among Elderly Korean Immigrants. Chicago Vol 011, page 7. Marcus, M., et al. (2012). Depression: A Global PublicHealth Concern. WHO Department of Mental Healthand Substance Abuse. Mery SN, et al. (2011). Intervensi Psikologis dan Pendidikan Untuk Mencegah Depresi pada Anak Remaja. Cochrane database Mukhlis & Hirmaningsih. (2010). Teori – teori Psikologi Perkembangan. Pekanbaru; Psikologi Press Muntaha, Ahmad, (2011), Berpisah-Menyatu dan Berbagi Ruang Rindu di Media Baru dalam Ilmu Komunikasi : Sekarang dan Tantangan Masa Depan, Prenada Media Group, Jakarta. National Institute of Mental Health. (2010). Depression and College Students.NIMH:1-8 National Institute of Mental Health. (2012). Depression and College Students.NIMH:1-8 Notoadmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku,, Jakarta : Rineka Cipta. Notoatmodjo, Soekidjo, (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Notoatmojo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta. Nursalam. (2008). Konsep Penerpan Metode Penelitian Ilmu keperawatan. Jakarta: salemba Medika. Nursalam. (2013). Konsep Penerpan Metode Penelitian Ilmu keperawatan. Jakarta: salemba Medika. P. C. Heaven, K. Newbury, and A. Mak, “The impact of adolescent and parental characteristics on adolescent levels of delinquency and depression,” Personality and Individual Differences, vol. 36, no. 1, pp. 173–185, 2004. Potter & Perry. (2009). Fundamental Keperawatan. Edisi 7. Jakarta : Salemba Medika Potter & Perry. (2009). Fundamental Keperawatan. Edisi 7. Jakarta : Salemba Medika R. Rohner, “Glossary of significant concepts in Parental acceptance-rejection theory (PAR Theory),”Retrieved May, vol. 20, 2005. Radloff, L., S. (1977). The CES-D Scale; A self report depression scale for research in the general population. Applied Psychological Measurements,1 , 385 – 401. Romeo, R.D. (2010). Adolescence: A central event in shaping stress reactivity.Developmental Psychobiology, 52(3), 244–253. Ruben, Brent D & Stewart Lea P. (2014). Komunikasi dan Perilaku Manusia. Jakarta: Rajawali Pers Sarwono, S. (2011). Psikologi remaja. edisi revisi. Jakarta: Rajawali Pers Siboro, E. N. (2012). Pola Komunikasi Keluarga dalam Pemenuhan Kebutuhan Interaksi Sosial pada Lansia di Kelurahan Padang Bulan Medan. Slameto. (2010). Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta Suardiman, S. P. (2012). Psikologi Usia Remaja Yogyakarta; Gadjah Mada University Press. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Towsend, M.C. (2009). Psychiatric Mental Health Nursing: Concepts of Care in Evidence-Based Practice, 6th ed., F.A Davis. Philadelphia. Widyastuti, Y., dkk. (2009). Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Fitrimaya Widyastuti, Y., dkk. (2009). Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Fitrimaya Wong, D., L., Marilyn, H. E., David, W., Marilyn, L., W & Patricia, S. (2008). Buku ajar keperawatan pediatric (Agus Sutarna, Neti Juniarti & Kuncara, Penerjemah). Vol. 2, (Ed 6). Jakarta ; EGC. World Health Organization (WHO), (2015). Depression,A Global Public Health Concern.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3852
dc.description.abstractDepresi merupakan gangguan mental yang ditandai dengan perasan sedih dan juga cemas, yang akan mempengaruhi aktivitas dalam kehidupan sehari – hari sedangkan Komunikasi yang tidak efektif di dalam keluarga mengakibatkan ketidakmampuan mereka dalam mengajarkan komunikasi pada remaja dan karena tidak ada lingkungan sosial yang baik dan mendukung dalam bidang komunikasi remaja maka cenderung akan mengalami gangguan komunikasi yang dapat menyebabkan depresi.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan komunikasi keluarga dengan depresi pada siswa sekolah menengah atas. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Non eksperimen dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan design penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel menggunakan Cluster Stratified Random Sampling dengan jumlah 575 siswa. Uji analisis menggunakan uji statistik Spearman Rank. Hasil analisa uji statistik menunjukan bahwa pada variabel komunikasi keluarga tidak ada hubungan dengan depresi pada siswa. Oleh karena itu hasil uji statistik menunjukan bahwa p value lebih besar dari alpha yaitu 0,068 > 0,05 yang artinya Ho diterima sehingga yang berarti tidak ada hubungan yang bermakna antara Komunikasi Keluarga dengan Depresi pada Siswa Sekolah Menengah Atas.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectKomunikasi Keluargaid_ID
dc.subjectDepresiid_ID
dc.subjectRemajaid_ID
dc.titleHubungan komunikasi keluarga dengan depresi pada siswa Sekolah Menengah Atasid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record