dc.identifier.citation | Diri, Peran Konsep, Minat Dan, Kebiasaan Belajar, Peserta Didik, Terhadap Prestasi, Belajar Fisika, and Hartuti Munah Purni Purni. 2015. “Peran Konsep Diri, Minat Dan Kebiasaan Belajar Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Fisika.” 5(2):91–99. Einstein, Gustav, and Endang Sri Indrawati. 2016. “Pendidikan Orang Tua Dan Aspek-Aspek Kepribadian Pada Prilaku Disruptif Anak.” Empaty 5(3):491–502. Hatta, Kusmawati. 2015. “Peran Orangtua Dalam Proses Pemulihan Trauma Anak.” Gender Equality: Internasional Journal of Child and Gender Studies 1(2):57–74. Kakas, D. I. S. M. A. N., Inggrid Warouw, and Jimmy Posangi. 2019. “1 Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Agresif Pada Anak Usia Remaja Di Sma N 1 Kakas.” 1 Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Agresif Pada Anak Usia Remaja Di Sma N 1 Kakas 7(1). Mudaim, and Nadya Mutiara Rani. 2018. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Agresif.” Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro 2(2):196–203. Musslifah, Anniez Rachmawati, Rusnandari Retno Cahyani, and Isnaini Budi Hastuti. n.d. “Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Agresif Pada Anak.” XVI:5–21. Nurafisa, Martina Desri, Raja Fitrina Lestari, and Agnita Utami. 2022. “Jurnal Keperawatan Hang Tuah ( Hang Tuah Nursing Journal ).” 2:39–48. Pelaku, Menjadi, D. A. N. Atau, Korban Pembulian, and D. I. Sekolah. n.d. “Peran Pola Asuh Orangtua Dalam Mengembangkan Remaja Menjadi Pelaku Dan/Atau Korban Pembulian Di Sekolah.” 17(02):173–91. Perilaku, Kejadian, and Agresif Pada. 2020. “2) 1),2).” 8487(2):159–67. Psikologi, Program Studi, Fakultas Kedokteran, and Universitas Udayana. 2016. “Hubungan Antara Kecenderungan Pola Asuh Otoriter ( Authoritarian Parenting Style ) Dengan Gejala Perilaku Agresif Pada Remaja Ni Putu Ayu Resitha Dewi Dan Luh Kadek Pande Ary Susilawati.” 3(1):108–16. Rahayu, Wiwi, and Syafruddin Wahid. 2018. “Hubungan Antara Pengasuhan Orang Tua Dengan Perilaku Agresif Remaja Di Jorong Alahan Panjang Kabupaten Solok.” Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) 1(3). doi: 10.24036/spektrumpls.v1i3.100673. Roini, Siti. 2018. “Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Pada Anak.” 12(1):21–32. Sanchez-Ruiz, Maria Jose, and Amal Baaklini. 2018. “Individual and Social Correlates of Aggressive Behavior in Lebanese Undergraduates: The Role of Trait Emotional Intelligence.” Journal of Social Psychology 158(3):350–60. doi: 10.1080/00224545.2017.1353476. Tiwa, Juwi Rayfana, O. I. Palandeng, Jeavery Bawotong, Program Studi, Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, and Univeristas Sam Ratulangi. 2019. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecanduan Game Online Pada Anak Usia Remaja Di Sma Kristen Zaitun Manado.” Jurnal Keperawatan 7(1):1–7. Wulandari, Ade. n.d. “TERHADAP MASALAH KESEHATAN DAN KEPERAWATANNYA.” 39–43. | id_ID |
dc.description.abstract | Latar belakang Menurut Djamarah (dalam Suteja, 2018), pola asuh orang tua dalam keluarga berarti kebiasaan orang tua, ayah atau ibu, dalam memimpin, mengasuh, dan membimbing anak dalam keluarga secara konsisten. Orang tua perlu mengetahui informasi mengenai pola asuh yang tepat untuk anak. Dengan mengetahui pola asuh yang tepat untuk anak, orang tua dapat menerapkannya dalam mendidik anak, sehingga akan membentuk perilaku yang baik pada anak.
Tujuan tujuan umum penelitian ini yaitu untuk mengetahui Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perilaku Agresif di MAN 1 Samarinda.
Metode, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian secara kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini mengunakan teknik Propotional stratified random sampling, hasil perhitungan besarnya sampel adalah 165 responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis menggunakan analisa univariat dan bivariat melalui uji Chi-Square.
Hasil Penelitian, Berdasarkan dari hasill penelitian yang didapatkan mayoritas responden berusisa 17 tahun dengan jumlah 93 responden (56,4%), jenis kelamin perempuan sebanyak 109 responden (66,1%), urutan anak ke-1 sebanyak 64 responden (38,8%), pola asuh demokratis sebanyak 97 responden (58,8%), dan responden perilaku agresif remaja sebanyak 99 responden (60.0%). Yang menunjukkan nilai p-value 0,004 < α 0,05 sehingga Ho ditolak.
Kesimpulan Penelitian, yaitu ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan Perilaku Agresif Remaja di MAN 1 Samarinda. | id_ID |