dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak tangibility dan timeliness terhadap kepuasan
pelanggan JNE di Kota Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, dengan memanfaatkan data primer dan sekunder. Populasi yang diidentifikasi adalah seluruh
pelanggan JNE di Kota Samarinda, dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden yang dipilih
menggunakan teknik purposive sampling. Kuesioner berbentuk Google Form digunakan sebagai alat
pengumpulan data. Dalam proses penelitian, dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji
multikolonieritas, dan uji Heterokedastisitas untuk memastikan instrumen penelitian yang digunakan
dapat diandalkan dan sah. Selanjutnya, dilakukan uji parsial (uji t) dan uji koefisien determinasi (R2)
untuk menganalisis pengaruh tangibility dan timeliness terhadap kepuasan pelanggan. Data yang
terkumpul dianalisis menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh signifikan dari tangibility dan timeliness terhadap kepuasan pelanggan JNE di Kota
Samarinda. | id_ID |