Show simple item record

dc.contributor.authorJayanti, Indri
dc.date.accessioned2024-03-08T05:46:02Z
dc.date.available2024-03-08T05:46:02Z
dc.date.issued2022-07-01
dc.identifier.citationArifin 2015 dalam Aryanto. (2017). Pelaksanaan Bimbingan Perawatan Rohani Islam (Warois) Untuk Memenuhi Kebutuhan Spiritual Pasien. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, http://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/irsyad/article/view/890 Arini dkk. (2015). Hubungan Spritualitas Perawat Dan Kompetensi Asuhan Spritual. 13(2), 186–190. Arini dkk 2013 dalam Sari dkk. (2019). Hubungan Antara Pelayanan Keperawatan Berbasis Spiritual Dengan Kepuasan Kerja Perawat. Aryanto. (2017). Pelaksanaan Bimbingan Perawatan Rohani Islam (Warois) Untuk Memenuhi Kebutuhan Spiritual Pasien. 5(3), 241–260. http://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/irsyad/article/view/890 Ashmos & Duchon 2000 dalam Astar dkk. (2020). Cognicia Spiritualitas di Tempat Kerja dan Keterikatan Karyawan Cognicia. 8(1), 10–24. Ashmos & Duchon 2000 dalam Nurmayanti dkk. (2018). Spritualitas Di Tempat Kerja Pengaruhnya Terhadap Komitmen Organisasional (Studi Pada Guru Di Pondok Pesantren Al Aziziah Gunung Sari). Chiang et all. (2020). A spiritual education course to enhance nursing students’ spiritual competencies. Nurse Education in Practice, 49(261). https://doi.org/10.1016/j.nepr.2020.102907 Dewi dkk. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Perawat. Sintesa Prosiding, 12(2), 473–480. Dirdjo dkk. (2017). Hubungan Spiritualitas dan Kualitas Kehidupan Kerja Perawat dengan Kepuasan Kerja Perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Andi Muhammad Parikesit Tenggarong. Jurnal Ilmu Kesehatan, 5(2), 104–112. https://doi.org/10.30650/jik.v5i2.59 Dora dkk. (2019). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Kesehatan, 10(2), 101. https://doi.org/10.35730/jk.v10i2.402 Duchon & Plowman 2005 dalam Nurmayanti dkk. (2018). Spritualitas Di Tempat Kerja Pengaruhnya Terhadap Komitmen Organisasional (Studi Pada Guru Di Pondok Pesantren Al Aziziah Gunung Sari). Febriyanti 2013 dalam Fatrida & Saputra. (2019). Hubungan Waktu Tunggu Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Mendapatkan Pelayanan Kesehatan. Jurnal ’Aisyiyah Medika, 4, 11–21. https://doi.org/10.36729/jam.v4i1.229 Gearson dalam Astar dkk. (2018). Pengaruh Pelayanan Asuhan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Takalala Kabupaten Soppeng. Mirai : Journal of Management, 1(2), 33–57. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/article/download/231/123 Gumilang dkk. (2018). Motivasi dan kepuasan kerja pegawai puskesmas BLUD dan non-BLUD Kabupaten Semarang. Health Sciences and Pharmacy Journal, 2(3), 111. https://doi.org/10.32504/hspj.v2i3.45 Hidayat. (2014). Metode penelitian keperawatan dan teknis analisis data Jakarta. Jurnal Keperawatan Profesional. https://doi.org/10.33650/jkp.v8i1.1022 Ismaryadi & Utami. (2021). Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Komitmen. 6(2), 89–95. Junaidi 2013 dalam Basith & Prameswari. (2019). Higeia Journal Of Public Health. 3(1), 121–131. Kurniawati & Saputra 2014 dalam Sari dkk. (2019). Hubungan Antara Pelayanan Keperawatan Berbasis Spiritual Dengan Kepuasan Kerja Perawat. Jurnal Riset Kesehatan, 8(1), 53. https://doi.org/10.31983/jrk.v8i1.4077 Limbong. (2021). Penerapan Spiritualitas di Tempat Kerja dan Hubungannya dengan Kepuasan Kerja. PROSIDING STT Sumatera Utara, 1(1), 231–240. http://stt-su.ac.id/e-journal/index.php/prosiding/article/view/71 Mardiana dkk. (2021). Faktor-Faktor Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Parung Selama Masa Pandemi Covid-19. Promotor, 5(1), 59. https://doi.org/10.32832/pro.v5i1.6129 Marques 2005 dalam Alexandri & Zahra. (2017). Hubungan Industrial: Perbandingan Spiritualitas Di Tempat Kerja Dan Efektivitas Organisasi Antara India Dengan Indonesia. AdBispreneur, 2(2), 183–189. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v2i2.13184 Melita & Nadjib. (2018). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kunjungan lansia ke posbindu lansia di wilayah kerja puskesmas kelurahan bintara kota bekasi tahun 2017. 07(36), 158–167. Milliman dkk 2003 dalam Badaruddin & Fatmasari. (2021). Pengaruh Personality Dan Spritualitas Di Tempat Kerja Terhadap Kinerja Dosen Di Makassar. 18, 234–244. Mulianti 2019 dalam Haniyah & Azizah. (2021). Kerja dan Spiritualitas di Tempat Kerja Terhadap Perilaku Kerja Inovatif pada Pegawai UPTD Puskesmas Gombong II. Mulyono 2010 dalam Budiono. (2014). Pengaruh Spiritualitas di Tempat Kerja terhadap Turnover Intention Perawat melalui Komitmen Organisasional di Rumah Sakit Islam Unisma Malang. Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM), 12(4), 1–11. Munawarah dkk. (2018). Spiritualitas dengan kualitas hidup lansia. Nerspedia, 1(1), 64–69. Muninjaya 2010 dalam Suoth dkk. (2017). Hubungan Gaya Hidup Dengan Kejadian Hipertensi Di Puskesmas Kolongan Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 2(1), 105951. Muninjaya 2014 dalam Basit & Handayani. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Allium Tangerang Hotel. 6(2), 165. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i2.954 Napitupulu dkk. (2018). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pengambilan Keputusan Keluarga Dalam Pemanfaatan Puskesmas Kelurahan Pasir Kaliki Tahun 2017. Kesehatan Prima, 12, 169–177. http://jkp.poltekkes-mataram.ac.id Ndambuki 2013 dalam Yuliani & Purna. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Klien Terhadap Pelayanan Perawat Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Andhika. 4(1), 9–17. Notoadmojo. (2018). Metodologo Penelitian Kesehatan (Cetakan Ke). PT Rineka Cipta. Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Salemba Medika. Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Edisi 3 Jakarta. Jurnal Keperawatan. http://103.114.35.30/index.php/JKM/article/download/4602/2951. Nursalam 2009 dalam Lasmiah dkk. (2020). Hubungan Karakteristik Perawat Dengan Praktik Komunikasi Terapeutik Perawat-Klien Di Puskesmas Malili Kab. Luwu Timur. 1(1), 67–76. Nursalam 2016 dalam Mona & Herlina. (2020). Hubungan antara Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien. 1(3), 1894–1898. Pandey et all. (2019). Spirituality and innovative behaviour in teams: Examining the mediating role of team learning. IIMB Management Review, 31(2), 116–126. https://doi.org/10.1016/j.iimb.2019.03.013 Parasuraman 1988 dalam Oini dkk. (2017). Tingkat kepuasan pasien Terhadap pelayanan keperawatan di unit rawat inap. Nursing Current, 5(2), 50–60. https://ojs.uph.edu/index.php/NCJK/article/view/1707 Parasuraman dkk 1988 dalam Irawan. (2020). Pelayanan Rumah Sakit Berdasarkan Metode Service Quality ( Servqual ). Jkf, 3(1), 58–64. Pohan 2013 dalam Yuliani & Purna. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Klien Terhadap Pelayanan Perawat Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Andhika. Potter & Perry 2005 dalam Purnanto & Khosiah. (2020). Hubungan Antara Usia, Jenis Kelamin, Pendidikan Dan Pekerjaan Dengan Activity Daily Living (ADL) Pada Lansia Di Puskesmas Gribig Kabupaten Kudus. Pradnyana dkk. (2020). Komitmen Sumber Daya Manusia Sektor Publik Berbasis Kepemimpinan Spiritual Melalui Spiritualitas Di Tempat Kerja. Widya Manajemen, 2(2), 27–42. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v2i2.877 Purwanti dkk. (2017). Hubungan Pelayanan Perawat dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Wisata Dau Malang. Nursing News, 2(2), 688–699. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/514/432 Puspita dkk. (2017). The Role Of Family And Health Officers In Compliance Treatment Of Hypertension Patients. 12(2), 25 – 32. Rahayu 2016 dalam Hanivah & Azizah. (2021). Kerja dan Spiritualitas di Tempat Kerja Terhadap Perilaku Kerja Inovatif pada Pegawai UPTD Puskesmas Gombong II. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(1), 154–168. https://doi.org/10.32639/jimmba.v3i1.773 Rahmawati & Wulandari. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruangan IGD RSUD Dr. Slamet Garut. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 6(2), 270–277. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=feOk96MAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=feOk96MAAAAJ:ufrVoPGSRksC Rahmayanti & Ariasih. (2021). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan BPJS Kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas Benda Baru Tangerang Selatan. Jurnal Semesta Sehat, 1(1), 1–9. http://jurnal.iakmitangsel.id/ Riyanto. (2011). Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan Yogyakarta. Jurnal Kesehatan. https://doi.org/10.22216/jen.v2i1.461 Robbins & Judge 2008 dalam Nurmayanti dkk. (2018). Spritualitas Di Tempat Kerja Pengaruhnya Terhadap Komitmen Organisasional (Studi Pada Guru Di Pondok Pesantren Al Aziziah Gunung Sari). Jmm Unram - Master of Management Journal, 7(4), 88–100. https://doi.org/10.29303/jmm.v7i4.348 Rusdi dkk. (2021). Menjangkau Masyarakat Di Kepulauan Dengan Program Perahu Sehat Pulau Bahagia (PSBP) (Studi Kasus Puskesmas Sabutung Kecamatan Liukang Tuppabiring Utara) Description Of Benefits Of Basic Health Services Reaching Community In The Archipelago With The Pe. 1, 61–73. Siraneh dkk. (2020). Factors associated with patient satisfaction in perioperative anesthesia care at Hawassa university comprehensive specialized hospital, Ethiopia. Cross-sectional study design. International Journal of Surgery Open, 26, 114–118. https://doi.org/10.1016/j.ijso.2020.08.016 Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. CV Alfabeta. Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. CV Alfabeta. Suhartini & Anisa. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spritual Terhadap Kinerja Perawat Rumah Sakit Daerah Labuang Baji Makassar. Vol. 4, No. Sumiati dkk 2007 dalam Arini dkk. (2015). Hubungan Spritualitas Perawat Dan Kompetensi Asuhan Spritual. 13(2), 186–190. Susatyo 2016 dalam Parceka. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruangan IGD RSUD Dr. Slamet Garut. 6(2), 270–277. Tasya dkk 2016 dalam Hapsari dkk. (2020). Faktor yang berhubungan dengan kejadian tuberkulosis pada pasien yang berkunjung ke puskesmas dinoyo kota malang. 5(1). Tjiptono 2015 dalam Basit & Handayani. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Allium Tangerang Hotel. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 165. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i2.954 Yogatama & Widyarini. (2015). Kajian Spiritualitas di Tempat Kerja pada Konteks Organisasi Bisnis. Jurnal Psikologi, 42(1), 1–14.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3914
dc.description.abstractLatar Belakang: Kepuasan pasien dapat terjadi apabila pelayanan yang diberikan perawat sangat baik sesuai dengan harapan yang diinginkan oleh pasien. Kepuasan pasien dapat dipengaruhi oleh spiritualitas di tempat kerja karena spiritualitas yang sangat baik dapat memberikan pengaruh positif terhadap pelayanan kesehatan, dan perawat yang memberikan pelayanan kesehatan dengan sangat baik dapat menciptakan rasa kepuasan bagi pasien. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan spiritualitas di tempat kerja dengan kepuasan pasien di Puskesmas Temindung Kota Samarinda. Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Temindung Kota Samarinda. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain deskriptif korelasi, peneliti menggunakan pendekatan cross sectional dan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel penelitian adalah 95 pasien di Puskesmas Temindung Kota Samarinda. Pengumpulan data diperoleh dengan mengisi kuesioner oleh pasien. Hasil: Hasil analisis bivariat dengan metode Chi-Square menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan (antara spiritualitas kerja dengan kepuasan pasien di Puskesmas Temindung Samarinda dengan p = 0,326 > 0,05, sehingga H0 diterima. Kesimpulan: Tidak ada hubungan antara spiritualitas di tempat kerja dengan kepuasan pasien di Puskesmas Temindung Samarinda.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectSpiritualitas di Tempat Kerjaid_ID
dc.subjectKepuasan Pasienid_ID
dc.subjectPerawatid_ID
dc.titleHubungan Spiritualitas di Tempat Kerja dengan Kepuasan Pasien di PUSKESMAS Temindung Kota Samarindaid_ID
dc.title.alternativeThe Relationship between Spirituality at Work and Patient Satisfaction at The Temindung Health Center, Samarinda Cityid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record