ANALISIS PENGARUH KONTRIBUSI PAJAK AIR BAWAH TANAH DAN PAJAK REKLAME TERHADAP EFEKTIVITAS PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA SAMARINDA
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kontribusi pajak air
bawah tanah dan pajak reklame terhadap efektivitas pendapatan asli daerah Kota
Samarinda. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu: Pajak Air Bawah Tanah
(X1), Pajak Reklame (X2) dan PAD (Y). Metode yang digunakan adalah metode
kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan dan dokumentasi.
Penelitian menggunakan data laporan realisasi anggaran yang diambil selama kurun
waktu 5 tahun (2017-2021). Dengan metode analisis data yang digunakan uji
asumsi klasik, analisis linier berganda dan uji hipotesis. Hasil uji t menyatakan
bahwa secara parsial kontribusi pajak air bawah tanah tidak berpengaruh terhadap
efektivitas pendapatan asli daerah kota Kamarinda sedangkan kontribusi pajak
reklame berpengaruh positif signifikan terhadap efektivitas pendapatan asli daerah
kota Samarinda. Hasil uji f menyatakan bahwa kontribusi pajak air bawah tanah
dan pajak reklame berpengaruh secara simultan terhadap efektivitas pendapatan asli
daerah kota Samarinda dengan kontribusi sebesar 94,9% dan sisanya 5,1%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian.