Show simple item record

dc.contributor.authorHassanah, Noor
dc.date.accessioned2024-03-20T01:34:55Z
dc.date.available2024-03-20T01:34:55Z
dc.date.issued2022-06-29
dc.identifier.citationAgow, L. L., J. M. L. Umboh, dan H. Lestari. 2017. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Motoboi Kecil Kotamobagu. Community Health 2(1): 30-40. Ahisya, H., Utami, D., & Farich, A. (2020). The Learning Style with Student Achievements in the Faculty of General Medicine. Juni, 11(1), 103–108. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.229 Alawiyah, S. (2020). Manajemen stress dan motivasi belajar siswa. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10(2), 1–11. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh Alvin. (2007). Handling Students Stress. PT.Gramedia: Jakarta. Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 139. https://doi.org/10.24014/jp.v16i2.10395 Andrianto Pangondian, R., Insap Santosa, P., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Sainteks 2019, 56–60. https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html Arikunto. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta. Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148. https://doi.org/10.29210/119800 Damayamti & Masitoh. (2020). Strategi koping siswa dalam menghadapi stres akademik di era pandemi covid-19. Journal of Multidisciplinary Studies, 4(2). Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat5 Belajar5 Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota. Jurnal JBSD, 4(2), 47–53. http://journal.uad.ac.id/index.php/jpsd/article/view/9594 Ferismayanti. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi COVID-19. Kementrian Pendidikan Indonesia. Gopalan, V., Bakar, J. A. A., Zulkifli, A. N., Alwi, A., & Mat, R. C. (2017). A review of the motivation theories in learning. AIP Conference Proceedings, 1891(October 2017). https://doi.org/10.1063/1.5005376 Guyana, C., Witarsa, & Achmadi. (2016). Pengaruh Manajemen Stres Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Akuntansi SMK Negeri 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa,5(5),1689–1699. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/15221/1340 Harahap et al. (2020). Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, (3), 10–14. Humas. (2020). Survei Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di Kampus UPI Cibiru. Portal Berita Universitas Pendidikan Indonesia. http://berita.upi.edu/25031/. Hurlock, E. B. (2015). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga Jamaluddin et al. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/. Kamal, S. I. M., Rahman, A., & Qibtiyah, M. (2021). Semangat Belajar Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 101. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i1.20317 Kemdikbud. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 35952/MPK.A/HK/2020.Mendikbud RI:1–2. Kohn & Frazer. (1986). An accademic stress scale:identification and related importance of academic stressor. Psychological report. Diakses dari http://Journal.com. Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya. Konecki. (2020). Impact of Distance Learning on Motivation and Success Rate of Students During the COVID-19 Pandemic. 2020 43rd International Convention on Information, Communication and Electronic Technology (MIPRO), 813–817. https://doi.org/10.23919/MIPRO48935.2020.9245. Livana, Mubin, & Basthomi, Y. (2020). Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnsl Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203–208. Ningrum, R. K. (2021). Validitas dan Reliabilitas Motivated Strategies for Learning Questionaire (MSLQ) pada Mahasiswa Kedokteran. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 421–425. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.421-425 Notoatmodjo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Cetakan Ketiga. Jakarta:PT. Rineka Cipta. Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74 Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. (P. P. Lestari, Ed.) (4th ed.). Jakarta: Salemba Medika. Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932 Pasaribu, B. S. (2018). Hubungan Tingkat Stres dengan Motivasi Mahasiswa Mengerjakan Skripsi di Fakultas Kesehatan Masyarakat USU. Fakultas Kesehatan Masyarakat USU, 123. Pascoe, M. C., Hetrick, S. E., & Parker, A. G. (2020). The impact of stress on students in secondary school and higher education. International Journal of Adolescence and Youth, 25(1), 104–112. https://doi.org/10.1080/02673843.2019.1596823 Pintrich, P. R. . A. O., & A. (2015). Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(1), 156–164. http://link.springer.com/10.1007/s10869-013-9342-5%5Cnhttp://link.springer.com/10.1007/s10551-015-2625-1%5Cnhttp://mcser.org/journal/index.php/mjss/article/view/5449%5Cnhttp://doi.wiley.com/10.1111/apps.12041%5Cnhttp://www.scs.ryerson.ca/aferworn/courses/ Pratama, M. R., & Prihatiningsih, D. (2014). Hubungan motivasi akademi dengan tingkat Stres akademi mahasiswa keperawatan semester VI Stikes’Aisyiyah Yogyakarta. Naskah Publikasi STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta, 1–16. Puspitha, F. C., Sari, M. I., & Oktaria, D. (2018). Hubungan Stres Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung The Relation Between Stress and Learning Motivation of First Year Medical Student in Medical Faculty Of Lampung University. Majority, 7(3), 24–33. Putri et al. (2020). Hubungan Pembelajaran Jarak Jauh dan Gangguan Somatoform dengan Tingkat Stres Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah.Jakarta. Jurnal Healty Promotion Behave, (2), 38–45. Reddy, K. J., Menon, K. R., & Thattil, A. (2018). Academic stress and its sources among university students. Biomedical and Pharmacology Journal, 11(1), 531–537. https://doi.org/10.13005/bpj/1404 ross et al. (2008). Sources of stress among college students.http://web.ebscohost.com. Samir Abou El-Seoud, M., Taj-Eddin, I. A. T. F., Seddiek, N., El-Khouly, M. M., & Nosseir, A. (2014). E-learning and students’ motivation: A research study on the effect of e-learning on higher education. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 9(4), 20–26. https://doi.org/10.3991/ijet.v9i4.3465 Sardiman. (2014). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGafindo Persada. Savira, L. A., Setiawati, O. R., Husna, I., & Pramesti, W. (2021). Hubungan Stres dengan Motivasi Belajar Mahasiswa disaat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(1), 183–188. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i1.577 Setiawan, Cahaya Kiki. (2015). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Level Pelaksana di di Divisi Operasi PT. Pusri Palembang, Jurnal Psikologi Islami, vol. 1 no. 2 sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta. Sujadi & Meditamar. (2020). Perbedaan Locus of Control ditinjau dari Perspektif Agama pada Siswa SMA. Analitika: https://doi.org/http://dx.doi.org/analitika.v11i1.3506. Jurnal Magister Psikologi UMA, 12 (1), 44–55. Sujadi, E. (2018). Pengaruh Konsep Diri Dan Locus of Control Terhadap Motivasi Berprestasi. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 1(1), 32. https://doi.org/10.24014/egcdj.v1i1.4808 Sun, J., Dunne, M. P., & Hou, X. (2012). Academic stress among adolescents in China | Australasian Epidemiologist. https://search.informit.org/doi/abs/10.3316/informit.851870421721736 Suprapto, S., Malik, A. A., & Yuriatson, Y. (2019). Relationship of Motivation to Be a Nurse with Learning Achievement. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 39–43. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.101 World Health Organization. (2020a). Coronavirus disease 2019 (2019-n COV ) Situation Report . WHO Bull (11). World Health Organization. (2020b). Wuhan 2019 Novel Coronavirus-2019- nCoV.Materials and Methods (10). Yamini. (2020). Online education during COVID-19: perception of academic stress and emotional intelligence coping strategies among college students. In Asian Education and Development Studies: https://doi.org/10.1108/AEDS- 05-2020-0097. ahead-of-p((Issue ahead-of-print).). Yunas & Rachmawati. (2018). Kemampuan mengajar guru dan motivasi belajar fisika pada siswa di yogyakarta. Psychopolytan. DOI: 10.13140/RG.2.2.18223.02729. Jurnal Psikologi, 1(2), 60–75.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3934
dc.description.abstractLatar belakang: Selama ini jarang sekali perguruan tinggi di Indonesia yang melaksanakan pembelajaran secara online. Ketika terjadi peningkatan kasus Covid-19 yang mengharuskan mereka untuk belajar dari rumah, terjadi kebingungan mengenai apa yang harus dipersiapkan dan dilakukan untuk dapat sukses dalam program ini, Stres yang dihadapi mahasiswa dapat mempengaruhi hal-hal lain, seperti motivasi belajar. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara stress akademik dengan motivasi belajar pada mahasiswa keperawatan tingkat akhir selama masa pandemic covid-19 di kota samarinda. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan desain deskriptif korelasional, peneliti menggunakan pendekatan Cross Sectional dan Teknik pengambilan samplenya menggunakan rumus Lameshow, Sampel penelitian ini adalah mahasiswa keperawatan tingkat akhir yang berada di kota samarinda sebanyak 330 responden. Dengan menggunakan kuisioner Educational Stres Scale Adolescent (ESSA) dan Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). Hasil penelitian: Berdasarkan hasil penelitian Stres Akademik dengan Motivasi Belajar sebanyak 330 orang. Dari hasil statistik didapatkan hasil signifikan p = 0,002 > α 0,05 maka dinyatakan adanya hubungan yang signifikan antara stres akademik dengan motivasi belajar pada mahasiswa keperawatan tingkat akhir dikota samarinda. Kesimpulan: Adanya hubungan antara stress akademik dengan motivasi belajar pada mahasiswa keperawatan tingkat akhir selama masa pandemic covid-19 di kota samarinda.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectStres Akademikid_ID
dc.subjectMotivasi Belajarid_ID
dc.titleHubungan Stres Akademik dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Keperawatan Tingkat Akhir Selama Masa Pandemi COVID-19 di Kota Samarindaid_ID
dc.title.alternativeRelationship of Academic Stress with Learning Motivation in Final Level Nursing Students During The COVID-19 Pandemic in The City of Samarindaid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record