Hubungan Karakteristik dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Keperawatan Tingkat Akhir Selama Masa Pandemi COVID-19 di Kota Samarinda
Abstract
Latar belakang: Setiap mahasiwa memiliki motivasi belajar karena motivasi belajar dalam diri seseorang akan meningkatkan semangat dalam belajar. Salah satu karakteristik yang berpengaruh dalam motivasi belajar adalah pendidikan. Sebagai peserta didik tentu mengalami tantangan dan kesulitan yang berbeda- beda dalam beradaptasi mengingat perbedaan faktor lingkungan belajar dan karakteristik tiap-tiap mahasiswa. Ketika terjadi peningkatan kasus covid-19 yang mengharuskan mereka untuk belajar dari rumah melaksanakan sistem pembelajaran secara online.
Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan karakteristik dengan motivasi belajar pada mahasiswa keperawatan tingkat akhir selama masa pandemi covid-19 di kota samarinda.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan desain deskriptif korelasional, peneliti menggunakan pendekatan Cross-sectional dan Tekhnik pengambilan sample menggunakan tekhnik stratified random sampling. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa keperawatan tingkat akhir yang berada di kota samarinda sebanyak 330 responden. Pengumpulan data diperoleh melalui pengisian kuisioner pada google form oleh responden. Kuisioner yang digunakan adalah kuisioner Motivated Strategies for Learing Questionnaire (MSLQ). Analisis statistik menggunakan Chi-Square.
Hasil penelitian: Hasil analisis bivariate menggunakan metode Chi-Square yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara karakteristik dengan motivasi belajar adanya hubungan yang signifikan disalah satu karakteristik yaitu tingkat Pendidikan orang tua dengan p value = 0,001 < 0,05 sehingga Ha diterima.
Kesimpulan: Adanya hubungan antara karakteristik dengan motivasi belajar pada mahasiswa keperawatan tingkat akhir selama masa pandemi covid-19 di kota samarinda.