Show simple item record

dc.contributor.authorUtari, Meta
dc.date.accessioned2024-03-26T05:05:53Z
dc.date.available2024-03-26T05:05:53Z
dc.date.issued2022-07-02
dc.identifier.citationArikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta. Davison, Gerald C, John M. Neale, Ann M. Kring. 2012. Psikologi Abnormal Edisi Kesembilan. (Noermala Fajar, Penerjemah). Jakarta: Rajawali Pers. Demery, R., Thirlaway, K., & Mercer, J. (2012). The Experiences of University Students. Disability & Society, 2. Funsu Andiarna, Estri Kusumawati. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, Volume 16 Nomor 2, Desember. Hairani Lubis, Ayunda Ramdhani, Miranti Rasyid. (2021). Psikostudia: Jurnal Psikologi. Volume 10 No. 1. Hartaji, Damar A. (2012). Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah Dengan Jurusan Pilihan Orangtua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma. (tidak diterbitkan). Infrando, D., Sofyani, S., & Widiastuty. (2014). Gangguan Mood pada Remaja. The Journal of Medical School, 35-36. Irawan, H. (2013). Gangguan Depresi pada Lanjut Usia. Cermin Dunia Kedokteran, 818. Isman, Muhamad. 2017. “Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (Moda Daring).” The Progressive and Fun Education Seminar: 586–88. Ismiati. “Problematika dan Coping Stres Mahasiswa dalam Menyusun Skripsi”. Jurnal Psikologi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Ar-Raniry Banda Aceh, 2015. Ivone R. Ballo, Theresia M. D. Kaunang, Herdy Munayang, & Christoffel Elim. (2012). Profil Lanjut Usia Dengan Depresi Yang Tinggal Di Balai Penyantunan Lanjut Usia Senja Cerah Manado. Jurnal Biomedik, Volume 4, 60. Lubis, N. L. (2009). Depresi Tinjauan Psikologis. Jakarta: Kencana. Mila Yatimul Isnayni, Wildan Hermansyah. (2020). Pengaruh Pembelajaran Sistem Daring Terhadap Mahasiswa Tadris Biologi Dalam Memahami Materi Mata Kuliah Biokimia. Mujibul Hakim, Aria Mulyapradana. Pengaruh Penggunaan Media Daring dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Saat Pandemi Covid-19. Widya Cipta: Jurnal Secretariat dan Manajemen, Volume 4 No. 2 September 2020. Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. (P. P. Lestari, Ed.) (4th ed.). Jakarta: Salemba Medika. Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 1(1), 56– 60. https://www.prosiding.seminarid.com/index.php/sainteks/article/view/122. Qonitatin, N., Widyawati, S., & Asih, G. Y. (2011). Pengaruh katarsis dalam menulis ekspresif sebagai intervensi depresi ringan pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, Vol. 9, No. 1, hal. 21 – 32 Diakses tanggal 2 Juni 2012 dari http://www.ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/download /2879/2562 Rebecca Fox-Spencer dan Allan Young. Solusi Praktis: Mengenali, Mengatasi, dan Mengantisipasi Depresi. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 2010. Saam, Z dan Wahyuni, S. 2012. Psikologi Keperawatan. Cetakan I. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Siallagan, DF. (2011). “Fungsi dan Peranan Mahasiswa”, www.academia.edu, diakses pada 30 April 2019. Sora N, Pengertian Manajemen Waktu Dan Menurut Para Ahli Terlengkap, http://www.pengertianku.net/2015/05/pengertian-manajemen-waktu-dan- menurut-para-ahli.html diakses pada tanggal 25 Juni 2016. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV. Uswatun Hasanah, Nuri Luthfiati Fitri, Supardi, Liviana PH. (2020). Jurnal Keperawatan Jiwa Volume 8 No 4, November, Hal 421 – 424. World Health Organization (2017). Mental disorders fact sheets. World Health Organization. http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs396/en/ - Diakses Januari 2018. Zamhari. (2016). Apa itu Mahasiswa? Inilah Pengertian Mahasiswa yang Jarang Anda Ketahui Hingga Saat Ini. Retrieved from academicindonesia.com: http://www.academicindonesia.com/pengertian-mahasiswaid_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3949
dc.description.abstractLatar belakang: Setiap mahasiwa memiliki motivasi belajar karena motivasi belajar dalam diri seseorang akan meningkatkan semangat dalam belajar. Salah satu karakteristik yang berpengaruh dalam motivasi belajar adalah pendidikan. Sebagai peserta didik tentu mengalami tantangan dan kesulitan yang berbeda- beda dalam beradaptasi mengingat perbedaan faktor lingkungan belajar dan karakteristik tiap-tiap mahasiswa. Ketika terjadi peningkatan kasus covid-19 yang mengharuskan mereka untuk belajar dari rumah melaksanakan sistem pembelajaran secara online. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan karakteristik dengan motivasi belajar pada mahasiswa keperawatan tingkat akhir selama masa pandemi covid-19 di kota samarinda. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan desain deskriptif korelasional, peneliti menggunakan pendekatan Cross-sectional dan Tekhnik pengambilan sample menggunakan tekhnik stratified random sampling. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa keperawatan tingkat akhir yang berada di kota samarinda sebanyak 330 responden. Pengumpulan data diperoleh melalui pengisian kuisioner pada google form oleh responden. Kuisioner yang digunakan adalah kuisioner Motivated Strategies for Learing Questionnaire (MSLQ). Analisis statistik menggunakan Chi-Square. Hasil penelitian: Hasil analisis bivariate menggunakan metode Chi-Square yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara karakteristik dengan motivasi belajar adanya hubungan yang signifikan disalah satu karakteristik yaitu tingkat Pendidikan orang tua dengan p value = 0,001 < 0,05 sehingga Ha diterima. Kesimpulan: Adanya hubungan antara karakteristik dengan motivasi belajar pada mahasiswa keperawatan tingkat akhir selama masa pandemi covid-19 di kota samarinda.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectKarakteristikid_ID
dc.subjectMotivasi Belajarid_ID
dc.subjectMahasiswaid_ID
dc.titleHubungan Karakteristik dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Keperawatan Tingkat Akhir Selama Masa Pandemi COVID-19 di Kota Samarindaid_ID
dc.title.alternativeThe Relationship between Characteristics and Learning Motivation in Final Year Nursing Students During the COVID-19 Pandemic Period in Samarinda Cityid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record