Show simple item record

dc.contributor.authorNur Safira, Titania
dc.date.accessioned2024-04-01T03:12:30Z
dc.date.available2024-04-01T03:12:30Z
dc.date.issued2023-07-12
dc.identifier.citationAnastasi, A & Urbina. (2007). Tes Psikologi: Terjemahan. Jakarta: Indeks. Angela, (2013). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN 015 Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir. E-Jounal Ilmu Komunikasi, 1(2) : 532-544. Anshari (1996). Peran Guru dalam Mengatasi Kecanduan GameOnline.Jurnal Kopasta. Batam: Division of Counseling and Guidance,University of RiauKepulauan.3(1) 23-26 Asfaruddin, K., Nurdin, S., & Saifan, R. (2019). Kontrol diri mahasiswa yang kecanduan game online di Asrama Kaway XVI. JURNAL SULOH: Jurnal Bimbingan Konseling FKIP Unsyiah, 4(2). Averill, J.R., 1973. Personal Kontrol Over Aversive Stimuli and It’s Relationship to Stress. Psychological Bulletin, No. 80. p. 286-303. Azwar S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Baumeister& Tice, D.M. (2007). The Strength Model of Self-Kontrol. Association for Psychological Science, 16 (6) 351-355. Budhi & Indrawati, (2016). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Intensitas Bermain Game Online Pada Mahasiswa Pemain Game Online di Game Center X Semarang. Jurnal Empati, Agustus 2016, Volume 5(3), 478-481. Chen& Chang. (2008). An Exploration of the Tendency to Online Game Addiction Due to User’s Liking of Design Features.Asian Journal of Health and information Sciences, 3(1), 45-48. Dinata, (2017). Hubungan Kecanduan Game Online Clash of Clans Terhadap Perilaku Sosial (Studi Kasus Game Online Clash of Clans pada Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial & Politik Universitas Riau). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Pekanbaru: Universitas Riau. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 4(2), 1-15 Fitri, Erwinda, & Ifdil (2011). Kecanduan Game Online Berhubungan Dengan Penyesuaian Sosial Pada Remaja. Jurnal Keperawatan, Volume 12 Nomor 1 Ghufron, M.N & Risnawatan, R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: ArRuzz Media Grant & Kim. (2003). Hubungan Kontrol Diri dengan Kreativitas Pekerja. 63 USUDigilib: Universitas Sumatera Utara. Harahap, J. Y. (2017). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Ketergantungan Internet Di Pustaka Digital Perpustakaan Daerah Medan. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, Volume 3 Nomor 2, 131. https://doi.org/1022373/je.v3i2.3091 Hasan, Iqbal. (2006). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara. Hutasuhut. (2020). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecanduan Game Online di Smartphone Pada Remaja. Skripsi. Riau: UIN Syarif Kasim. Irawan, E., Tania, M., & Pratami, A. S. R. (2020). Hubungan Kontrol Diri Dengan Kecanduan Internet Pada Remaja di SMAN 11 Bandung. Jurnal Keperawatan BSI, Volume 8 Nomor 2. Kasmadi & Sunariah, (2013). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta. Kusumawati, (2017). Perilaku Kecanduan Game Online Ditinjau dari Kesepian dan Penerimaan Kelompok Teman Sebaya pada Remaja di Kelurahan Jebres Surakarta. (Thesis). Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Program Studi Psikologi. Fakultas Kedokteran. Lemmens, J. S., dkk. (2009). Development and validation of a game addiction scale for adolescents. Media Psychology. The Amsterdam School of Communication Research (ASCoR), University of Amsterdam, Amsterdam, The Netherlands. Version of Record first Publish: 5 Maret 2009. Marsela & Supriatna, (2019). Kontrol Diri : Definisi dan Faktor. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research (2019), 3(2), pp. 65– 69 Martanto, A. (2014). Masya, H., & Candra, D. A. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku gangguan kecanduan game online pada peserta didik kelas x di madrasah aliyah al furqon prabumulih tahun pelajaran 2015/2016. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 3(2), 97-112. Meutia, P., Fahreza, F., & Rahman, A. A. (2020). Analisis Dampak Negatif Kecanduan Game Online. Jurnal Genta Mulia, XI(1), 22–32. Nugroho. (2020). Pengaruh Game Online Terhadap Pelajar. Artikel. https://sman 1jatibarang-bbs.sch.id/2020/11/13/pengaruh-game-online-terhadap-kaumpelajar 64 Prayoga, Bagas, (2009). Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Kencanduan Game Online, Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah. Rahmawati (2007). Perbedaan Tingkat Kecanduan Game Online pada Remaja ditinjau dari Gaya Pengasuhan. Jurnal RAP UNP. 8(1). Riski, (2017). Game Online di Kalangan Mahasiswa Perantau Banda Aceh. Skripsi. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Rudianto, dkk, (2020). Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Kecanduan Game Online Pada Dewasa Awal di Desa Mondoke. Jurnal Sublimapsi Vol 1 No 1. Sari dan Astuti, (2020). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecanduan Game Online Pada Siswa. Syntax Idea, Vol. 2, No. 6. Tadris, Teras. (2007). Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugianto. (2007). Metode Pengolahan Data. Bandung: Alfabeta. Trisnani & Wardani, (2018).Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Kecanduan Internet Pada Siswa Sekolah Menengah. Skripsi. Syurakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah. Weinstein (2010). Addiction to the Internet and Online Gaming.CyberPsychology& Behavior.8(2).id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3956
dc.description.abstractLatar Belakang : Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi internet telah menjadi hobi para pelajar untuk menelaah informasi terkini dan menjalin relasi dengan orang lain di dunia maya. Selain digunakan agar memfasilitasi ilmu pengetahuan di bidang akademik, beberapa mahasiswa juga memanfaatkannya untuk mengakses layanan hiburan saat bermain game online. Di Indonesia, fenomena kecanduan game internet banyak terjadi pada anak sekolah karena kurangnya pengendalian diri, dan anak usia sekolah di proses perkembangan khusus secara psikologis, fisik, moral dan sosial dimana perkembangan tersebut berlangsung. mengubah karakteristik setiap siswa sekolah. Tujuan : Penelitian ini bertujuan agar melihat relasi kontrol diri dengan kecanduan game online pada siswa SDN 005 Sungai Kunjang dengan Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode : Penelitian ini menyertakan anak usia sekolah 9-12 tahun SDN 005 Sungai Kunjang Samarinda yang berjumlah 93 responden. Hasil Penelitian : Hasil penelitian membuktikan jika 36 responden mempunyai pengendalian diri yang baik dan 57 responden mempunyai kontrol diri yang buruk. Sebanyak 58 responden anak usia sekolah yang terkena kecanduan game online mengalami kecanduan sebagian, sedangkan sebanyak 35 responden tidak merasakan kecanduan game online. Pada tingkat koefisien korelasi, keeratan relasi antara variabel kontrol diri dengan variabel terikat game online dengan uji Fisher Exact (nilai ρ = 0,031) adalah lemah pada taraf signifikansi 0,05 yang berarti Ha. diterima dan H0 ditolak, sehingga Kesimpulan : jika semakin besar pengaruh kontrol diri tidak baik maka semakin tinggi kecanduan game online pada anak usia sekolah SDN 005 Sungai Kunjang Samarinda.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectKontrol Diriid_ID
dc.subjectAdiksiid_ID
dc.subjectGame Onlineid_ID
dc.titleHubungan Antar Kontrol Diri dengan Kecanduan Game Online pada Siswa SDN 005 Loa Buah, Sungai Kunjang, Samarindaid_ID
dc.title.alternativeThe Relationship of Self-Control with Online Game Addiction in Student of SDN 005 Loa Buah, Sungai Kunjang, Samarindaid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record