Show simple item record

dc.contributor.authorAzizah, Ainun
dc.date.accessioned2024-04-03T01:31:33Z
dc.date.available2024-04-03T01:31:33Z
dc.date.issued2023-07-10
dc.identifier.citationAdawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak: Studi Pada Masyarakat Dayak Di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33–48. Afkarina, N., & El-Faradis, F. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Anak Di Masa Pandemi COVID 19. Maharot : Journal Of Islamic Education, 5(1), 1. Akbar, H., Alexander, N., Paundanan, M., & Agustin, A. (2021). Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Orang Tua Dalam Memilih Jajanan Sehat Pada Siswa Di SDN 1 Upai Kecamatan Kotamobagu Utara. Promotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(1), 24–29. Akilasari, Y., Risyak, B., & Sabdaningtyas, L. (2015). Faktor Keluarga, Sekolah Dan Teman Sebaya Pendukung Kemampuan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 1(5). Alfian, K. (2015). Hubungan Peran Orang Tua Sebagai Pengawas Dengan Perkembangan Sosial Pada Anak Usia Sekolah Dasar (Studi Di Sekolah Dasar Negeri Plandi 1 Jombang). Stikes Insan Cendekia Medika Jombang. Ananda, R. W. (2018). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Sosial Anak Usia 10-12 Tahun Di SDN Sananwetan 2 Kota Blitar (Issue 28). Andi Widodo, A. P. (2018). Anak Dengan Hambatan Perilaku Emosi Dan Sosial. Nizamia Learning Center. Anisah, A. S., Hakam, K. A., & Syaodih, E. (2021). Perkembangan Sosial, Emosi, Moral Anak Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Sikap Sosial Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 69–80. Arrasyid, A. K., & Mashari, A. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 3218-3224. Asdiqoh, S. (2018). Peran Orang Tua Dalam Pemahaman Etika Sosial Anak. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 307–331. Atika, A. N., & Rasyid, H. (2018). Dampak Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Keterampilan Sosial Anak. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 7(2), 111–120. Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102–122. Bambang Parlupi. (2021). Manfaat Online Learning Dalam Metode Pembelajaran Di Era Pandemi. Pustaka Borneo. Cholifah, T. N., Degeng, I. N. S., & Utaya, S. (2016). Pengaruh Latar Belakang Tingkat Pendidikan Orangtua Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas IV SDN Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 486–491. Damayanti, A. (2022). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia 10-12 Tahun Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Dusun Sobontoro Prambon Nganjuk. IAIN Kediri. Depkes R.I Dan UNICEF. (2016). Pedoman Stimulasi Perkembangan Anak. Jakarta: Kemenkes RI, 8, 9 Dan 45. Dewi, R. S. (2018). Perilaku Anti Sosial Pada Anak Sekolah Dasar. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 1(2), 21–33. Dewi, Y. I. (2015). Hubungan Peran Orang Tua Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Sekolah. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Keperawatan, 2(1), 551–557. Donsu, J. D. (2017). Metodologi Penelitian Keperawatan Dan Kesehatan. Salemba Medika. Dwi Marliana. (2021). Manajemen Media Sosial Pada Anak Usia Sekolah (AUS). Dwiyono, H. Y. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Deepublish. Fatmawati, N. I., & Sholikin, A. (2019). Literasi Digital Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 119–138. Fitriani, L. (2015). Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosi Anak. Lentera, 17(1). Fitroturromah, M., Purwadi, & Azizah, M. (2019). Hubungan Peran Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN Kedung 01 Jepara. JANACITTA: Journal Of Primary And Children’s Education, 2(2), 25–30. Http://Jurnal.Unw.Ac.Id:1254/Index.Php/Janacitta/Article/View/258 Ginanjar, M. H. (2017). Keseimbangan Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03). Girsang, E. (2020). Kendala Utama Yang Dihadapi Siswa Selama Belajar Daring Di Masa Pandemi. Gloria. (2020). Sehat Mental Selama Di Rumah Dengan Aktivitas Positif Bersama Keluarga. Harmaini, H. (2013). Keberadaan Orang Tua Bersama Anak. Jurnal Psikologi, 9(2), 80–93. Hero, H., & Sni, M. E. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Inpres Iligetang. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(2), 129–139. Hidayati, T. (2020). Statistika Dasar Panduan Bagi Dosen Dan Mahasiswa. Purwokerto: Pena Persada. Hulukati, W., & Hulukati, W. (2015). Peran Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Anak. None, 7(2), 265–282. Hurlock, E. B. (2013). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Penerjemah: Istiwidayanti Dan Soedjarwo. Jakarta: Penerbit Erlangga. Husnul, N. R. I., Prasetya, E. R., Ajimat, A., & Purnomo, L. I. (2020). Statistik Deskriptif. Tanggerang Selatan: Unpram Press. Ihsanuddin, I. (2020). Fakta Lengkap Kasus Pertama Virus Corona Di Indonesia. Diakses Dari Www. Kompas. Com, 2. Ilham, I. (2020). Perkembangan Emosi Dan Sosial Pada Anak Usia Sekolah Dasar. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 162–180. Kebingin, B. Y. (2019). Pengaruh Pendidikan Dan Budaya Patriarkat Terhadap Kesetaraan Gender. Jurnal Reinha, 11(2), 31–43. Kemdikbud. (2020). SE Mendikbud: Pembelajaran Secara Daring Dan Bekerja Dari Rumah Untuk Mencegah Penyebaran COVID-19. Khaulani, F., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51. Https://Doi.Org/10.30659/Pendas.7.1.51-59 Khoiruddin, M. A. (2018). Perkembangan Anak Ditinjau Dari Kemampuan Sosial Emosional. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 425–438. KPAI. (2020). Hasil Survei Pemenuhan Hak Dan Perlindungan Anak Pada Masa Pandemi COVID-19. Komisi Perlindungan Anak Indonesia, 10, 1–56. Kuo, Y.-C., Walker, A. E., Schroder, K. E. E., & Belland, B. R. (2014). Interaction, Internet Self-Efficacy, And Self-Regulated Learning As Predictors Of Student Satisfaction In Online Education Courses. The Internet And Higher Education, 20, 35–50. Lase, D., Ndraha, A., & Harefa, G. G. (2020). Persepsi Orangtua Siswa Sekolah Dasar Di Kota Gunungsitoli Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi COVID-19. SUNDERMAN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 13(2), 85–98. Latifah, U. (2017). Aspek Perkembangan Pada Anak Sekolah Dasar: Masalah Dan Perkembangannya. Academica: Journal Of Multidisciplinary Studies, 1(2), 185–196. Lestari, F., Maylita, F., Hidayah, N., & Junitawati, P. D. (2020). Memahami Karakteristik Anak. Bayfa Cendekia Indonesia. Lestari, S. (2016). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanaman Konflik Dalam Keluarga. Prenada Media. Lya, Y. R. U., Hanief, M., & Dewi, M. S. (2020). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di Rumah Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SD Negeri 1 Sidorenggo Ampelgading. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 5(11), 69–77. Masyithoh, S. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dan Perkembangan Sosial Anak. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 7(2), 242–259. Matanari, C., Gaol, R. L., & Simarmata, E. (2020). Hubungan Pendidikan Karakter Terhadap Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Jurnal Education Fkip Unma, 6(2), 294-300. Mufida, M. K. K., Kanzunnudin, M., & Ismaya, E. A. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Kepribadian Anak Di Desa Kancilan. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 784–791. Mulyanti, S., Kusmana, T., & Fitriani, T. (2021). Pola Pengasuhan Orangtua Terhadap Perkembangan Anak Usia Sekolah: Literature Review. Healthcare Nursing Journal, 3(2), 116–124. Mutia. (2021). Characteristics Of Children Age Of Basic Education. International Islamic Education Journal, 3(Vol. 3 No. 1), 114–131. Nahak, L. M., Berek, P. A., Riwoerohi, E. D. F., & Fouk, M. F. W. (2019). Hubungan Antara Penggunaan Gadget Dengan Kecerdasan (Intelektual, Emosional, Spiritual Dan Sosial) Anak Usia Sekolah Di Sdk St. Theresia. Jurnal Sahabat Keperawatan, 1(02), 16-25. Nobel, S., & Krisnani, H. (2020). Peran Pekerja Sosial Dalam Mengatasi Rendahnya Interaksi Di Dalam Keluarga Pada Era Digital. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 1(1), 15–23. Noor, J. (2017). Metologi Penelitian : Skripsi, Tesis, Disertasi, Dan Karya Ilmiah. (Edisi 1). Jakarta : Kencana Notoatmodjo, S. (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta. Rineka Cipta Novianska, M., Romdanih, R., & Hasanah, N. (2021). Kemandirian Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Dengan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) Secara Daring. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 385–397. Nugraha, R. A. (2020). Perilaku Prososial Dan Pengembangan Ketrampilan Sosial Siswa. Badan Penerbit Universitas Pancasakti Tegal. Nurhayati, N. (2019). Perkembangan Individu. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 2(1), 26–46. Nursalam, (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pendekatan Praktis. (Edisi 4). Jakarta: Salemba Medika. Oktavia, N. (2015). Sistematika Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta : Deepublish. Paremeswara, M. C., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Perkembangan Emosi Dan Sosial Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1473–1481. Purandina, I. P. Y. (2020). Pendidikan Karakter Tumbuh Selama Pandemi COVID-19. COVID-19: Perspektif Pendidikan, 1(1), 99–114. Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar. Edupsycouns: Journal Of Education, Psychology And Counseling, 2(1), 1–12. Puspa, D. (2019). Pengaruh Perilaku Asertif Terhadap Perkembangan Sosial Siswa Di Yayasan Pendidikan Sabilina Di Tembung. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Rahman, A. Y., Salsabila, D. L., Malihah, R., & Yanti, N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Kehidupan Sosial Siswa Dan Prestasi Siswa Kelas 6 Di Min 2 Kota Bandung. Jurnal PGMI, 4, 65–72. Rahmat, P. S. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Bumi Aksara. Renanda, S. (2018). Perbedaan Kematangan Sosial Anak Ditinjau Dari Pendidikan Dan Jenis Kelamin. Ecopsy, 5(2), 104–109. Riskesdas. (2018). Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar. Kementerian Kesehatan RI, 1(1) : Jakarta. Rokhani, C. T. S. (2020). Pengaruh Work From Home (WFH) Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Dengkek 01 Pati Selama Masa Pandemi Covid-19. Edupsycouns: Journal Of Education, Psychology And Counseling, 2(1), 424–437. Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi ISSN, 922–2580. Santoso, A. B. (2019). Perkembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar Berdasarkan Gender. Saputri, S. R. A., & Safitri, A. (2017). Perkembangan Anak Usia Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Dan Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia, 7(2), 225–264. Silalahi, L. E., Limbong, M., Aji, Y. G. T., Kartini, K., Fhirawati, F., Tallulembang, A., Latipah, S., Ristonilassius, R., Siringoringo, S. N., & Suwarto, T. (2021). Ilmu Keperawatan Dasar. Yayasan Kita Menulis. Singh, S., Roy, D., Sinha, K., Parveen, S., Sharma, G., & Joshi, G. (2020). Impact Of COVID-19 And Lockdown On Mental Health Of Children And Adolescents: A Narrative Review With Recommendations. Psychiatry Research, 293, 113429. Siti Anisah, A., Katmajaya, S., & Zakiyyah, W. L. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Sikap Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Uniga, 15(1), 434. Siti Kholipah. (2020). Psikologi Perkembangan Pada Masa Praremaja Program Studi S1 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan. Stikes Yatsi Tangerang. Soetjiningsih. (2014). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : EGC. Suoth, R. M., Ismanto, A. Y., & Bataha, Y. (2018). Hubungan Pola Komunikasi Keluarga Dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Sekolah Di SD Gmim Lelema Kecamatan Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Keperawatan, 6(1). Srinawati, W., Safitri, A. E., Aprilia, E., Irbah, F., & Salsabila, N. K. (2021). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Keberhasilan Penilaian Bahasa Di Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Samasta. Suchaini, U., Nugraha, W. P. S., Dwipayana, I. K. D., & Lestari, S. A. (2021). Indeks Kebahagiaan 2021. Badan Pusat Statistik. Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta., 2017. Sumantri, M. (2014). Perkembangan Peserta Didik. Bumi Aksara. Susanty, A., Fadlyana, E., & Nataprawira, H. M. (2014). Manfaat Intervensi Anak Usia 6–12 Tahun Dengan Kecurigaan Penyimpangan Perkembangan. Majalah Kedokteran Bandung, 46(2), 63–67. Swarjana, K.I. (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan. (Edisi Revisi). Yogyakarta: CV Andi Offset. Tarigan, I. Y. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasional Vol 1:“Peluang Dan Tantangan Pembelajaran Digital Di Era Industri 4.0 Menuju Era 5.0,” 96. Taubah, M. (2015). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal Of Islamic Education Studies), 3(1), 109–136. Tusyana, E., & Trengginas, R. (2019). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai Siswa Usia Dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 18–26. Tyas, Y. C., Jannah, M. R., Pratiwi, M., & Setiawaty, R. (2022). Peranan Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Seminar Nasional LPPM Ummat, 1, 647–659. Ummah, S. A., & Fitri, N. A. N. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(1), 84–88. UNICEF. (2020). Kiat Pengasuhan Di Tengah Wabah Virus Corona (COVID-19). Unicef. Org. Verma, A. K., & Prakash, S. (2020). Impact Of COVID-19 On Environment And Society. Journal Of Global Biosciences, 9(5), 7352–7363. Wahidin, W. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 3(1). Widiyawati, R. (2021). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Bimbingan Belajar Online Dari Rumah Masa Pandemi COVID-19. PISCES: Proceeding Of Integrative Science Education Seminar, 1(1), 558–568. Widodo, A. (2015). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa SD Kelas V. Basic Education, 4(8). Witarsa, R., Hadi, R. S. M., Nurhananik, N., & Haerani, N. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 6(1), 9–20. Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor Dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 79–96. Yusuf, A., Ananda, R. W., & Tristiana, R. D. (2020). The Analysis Of Factors That Related To Social Development In Children Age 10-12 Years Old. Eurasian Journal Of Biosciences, 14(1), 1687–1691. Yusuf, S. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bumi Aksara.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3958
dc.description.abstractLatar Belakang: Pandemi COVID-19 menyebabkan perubahan pola komunikasi, interaksi dan aktivitas sosial pada anak usia sekolah. Perubahan ini didasari oleh kebijakan pemerintah yang menerapkan PPKM yang berdampak pada perkembangan sosial. Siswa kelas 6 di SDN 001 dan SDN 003 Sangasanga sebanyak 8 dari 15 mengalami penurunan dalam berinteraksi dengan orang lain serta 7 dari 15 orang tua yang tidak mendukung selama pembelajaran online. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara peran orang tua dan perkembangan sosial siswa kelas 6 selama pembelajaran online di SDN 001 dan SDN 003 Sangasanga. Metode: Penelitian ini menggunakan design retrospektif pada siswa kelas 6 sebanyak 41 responden sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi melalui teknik stratified random sampling dengan instrumen penelitian berupa kuesioner kemudian dianalisis menggunakan uji Chi square. Hasil Penelitian: Hasil uji Chi square p-value sebesar 0,015 ≤ 0,05 artinya terdapat hubungan antara peran orang tua dengan perkembangan sosial siswa selama pembelajaran online di SDN 001 dan SDN 003 Sangasanga. Kesimpulan: Orang tua sangat penting dalam perkembangan sosial anak selama masa pandemi, sehingga peneliti berharap orang tua dapat mengembangkan perannya sebagai role model untuk perkembangan anak.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectPeran Orang Tuaid_ID
dc.subjectPerkembangan Sosialid_ID
dc.subjectPembelajaran Onlineid_ID
dc.titleHubungan antara Peran Orang Tua dengan Perkembangan Sosial Siswa Kelas 6 Selama Pembelajaran Online di SDN 001 dan SDN 003 Sangasangaid_ID
dc.title.alternativeRelationship between Role of Parents with Social Development During Online Learning at 6th Grade Class of 001 Elementary School and 003 Elementary School, Sangasanga Districtid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record