dc.identifier.citation | Darsini, D., Fahrurrozi, F., & Cahyono, E. A. (2019). Konsep Pengetahuan. Jurnal Keperawatan, 12(1), 13. Diana, E. R., & Feriani, P. (2020). Hubungan Sikap Orang Tua tentang Pendidikan Seksual pada Anak Usia Dini dengan Perilaku Pencegahan Kekerasan Seksual Anak di Tk Al-Jawahir Samarinda. Borneo Student Research, 1(3), 1512–1519. DKP3A. (2023). Rakorda PPPA, Pemprov Kaltim Komitmen Kuat Turunkan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak. Dkp3a.Kaltimprov.Go.Id/. https://dkp3a.kaltimprov.go.id/2023/02/16/rakorda-pppa-pemprov-kaltim-komitmen-kuat-turunkan-kekerasan-terhadap-perempuan-dan-anak/ Dr. Susanto, M. (2022). Catatan Pelanggaran Hak Anak Tahun 2021 dan Proyeksi Pengawasan Penyelenggaraan Perlindungan Anak Tahun 2022. https://www.kpai.go.id/publikasi/catatan-pelanggaran-hak-anak-tahun-2021-dan-proyeksi-pengawasan-penyelenggaraan-perlindungan-anak-tahun-2022 Emilda, S. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Kekerasan Pada Anak Di Paud Anak Musi Palembang Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Dan Pembangunan, 8(16), 97–108. Erniwati, & Fitriani, W. (2020). Faktor-faktor penyebab orang tua melakukan kekerasan verbal pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–8. Farhan, Z. (2019). verbal abuse, Anak,Orang Tua FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI ORANG TUA MELAKUKAN VERBAL ABUSE PADA ANAK USIA SEKOLAH 6-12 TAHUN DI KABUPATEN GARUT. Jurnal Keperawatan Malang, 3(2), 101–108. https://doi.org/10.36916/jkm.v3i2.70 Fitriana, Y., Pratiwi, K., & Sutanto, A. V. (2015). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Orang Tua Dalam Melakukan Kekerasan Verbal Terhadap Anak Usia Pra-Sekolah. Jurnal Psikologi Undip, 14(1), 81–93. https://doi.org/10.14710/jpu.14.1.81-93 Hardiyati, M., & Istiyati, S. (2017). Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Kekerasan Ibu Pada Anak Usia 6-10 Tahun di Puskesmas Mergangsan Yogyakarta. Naskah Publikasi. Indika, L. M., & Rokhanawati, D. (2017). Hubungan Pengetahuan Orang Tua Dengan Perilaku Kekerasan Verbal Pada Anak. 13(2), 104–110. Kurniasari, A. (2019). Dampak Kekerasan Pada Kepribadian Anak. Sosio Informa, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.33007/inf.v5i1.1594 Lestari, I. U. & R. F. (2017). 322417-hubungan-tingkat-pengetahuan-keluarga-te-90f0c481. Makagansa, A. T., Makahaghi, Y., Mahihody, A. J., Data, M., & Vision, W. (2018). Gambaran pengetahuan orang tua tentang kekerasan pada anak di kampung beeng. Vol 2 No 1 (2018) : Jurnal Ilmiah Sesebanua, 14–19. Margareta, T. S., & Sari Jaya, M. P. (2020). Kekerasan Pada Anak Usia Dini (Study Kasus Pada Anak Umur 6-7 Tahun Di Kertapati). Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(2), 171. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i2.4386 Maulid, R. (2021). Pengertian analisis data dengan analisis korelasi spearman rank. https://dqlab.id/simak-pengertian-analisis-data-dengan-korelasi-rank-spearman Nurwita, A., Nurfitriani, E., & Yuniarti, S. (2020). Hubungan Status Ekonomi Dan Pandangan Posisi Anak Dengan Sikap Orang Tua Terhadap Kekerasan Pada Anak. Jurnal Kesehatan, 8(1), 955–960. https://doi.org/10.38165/jk.v8i1.103 Praftini, K. V. (2019). GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP ORANG TUA TERHADAP KEKERASAN PADA ANAK DI KELURAHAN RENON, DENPASAR SELATAN. vol 5. Saputri, S. R. A., & Safitri, A. (2017). Perkembangan Anak Usia Sekolah di Sekolah Dasar Negeri dan Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia, 7(2), 255–254. Masturoh, I., & T. Nauri Anggita. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan Badan Pengembangan Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan. Mthiyane, M. N., & Hugo, A. (. (2019). Asuhan Keperawatan Keluarga Pada Tahap Perkembangan Keluarga Dengan Anak Usia Remaja. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PD%0AF&id=9987 | id_ID |
dc.description.abstract | Latar Belakang : Kekerasan pada anak adalah sesuatu aksi dalam wujud penganiayaan serta memperlakukan anak dengan agresif dalam wujud menyakiti raga, emosional, intim, melalaikan pengasuhan serta eksploitasi buat kepentingan komersial yang secara nyata maupun tidak, membahayakan kesehatan, kelangsungan hidup, martabat ataupun perkembangannya.
Metode : Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah deskriptif korelasi dengan desain cross sectional. Sampel pada penelitian ini sebanyak 182 orang tua yang anaknya bersekolah di Wilayah Sungai Kunjang Kota Samarinda.
Hasil : Pengetahuan orang tua cukup serta melakukan kekerasan sebanyak 32 orang dan tidak melakukan kekerasan sebanyak 19 orang, pengetahuan orang tua kurang serta melakukan kekerasan sebanyak 54 orang dan tidak melakukan kekerasan sebanyak 57 orang ,orang tua yang bersikap positif melakukan kekerasan sebanyak 41 orang dan yang tidak melakukan kekerasan sebanyak 49 orang. Orang tua yang bersikap negatif melakukan kekerasan sebanyak 51 orang dan yang tidak melakukan kekerasan sebanyak 41 orang.
Kesimpulan : Tidak ada hubungan antara tingkat pengetahuan dengan kekerasan pada anak usia sekolah. Hasil uji statistik spearman rank di peroleh nilai signifikan 0,936>0,05 dari hasil perhitungan korelasi koefisien sebesar 0,006 yang menandakan keeratan hubungan antara tingkat pengetahuan orang tua terhadap kejadian kekerasan pada anak usia sekolah sangat rendah ,tidak ada hubungan antara sikap orang dengan kejadian kekerasan pada anak usia. Hasi uji statistik menggunakan Spearman Rank diperoleh niilai signifikan 0,085>0,05 dari hasil perhitungan koefisien korelasi sebesar 0.009 menandakan keeratan hubungan antara variabel sikap orang tua terhadap kejadian kekerasan dikatakan sangat rendah. | id_ID |