PENGARUH VARIASI PRODUK DAN KETERSEDIAAN BARANG TERHADAP MINAT PEMBELIAN IKAN HIAS DI KOTA SAMARINDA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh Variasi Produk dan Ketersediaan Barang
terhadap Minat Pembeliaan ikan hias di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Variabel yang digunakan
dalam analisis ini adalah Variasi Produk, Ketersediaan Barang, dan Minat Pembeliaan. Populasi
penelitian ini adalah peminat atau penghobi ikan hias di Kota Samarinda dan sampel yang digunakan
adalah 141 responden yang diperoleh menggunakan Teknik sampel subjektif. Pengumpulan data
dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan secara online melalui Google Form dengan menggunakan
skala likert. Penelitian ini termasuk dalam penelitian survei dari penelitian kuantitatif. Metode analisis
menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa Variasi Produk dan
Ketersediaan Barang berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Minat Pembelian ikan
hias di Kota Samarinda.