MODUL AJAR UNTUK PENINGKATAN SENSORIK DAN MOTORIK HALUS ANAK DENGAN MEDIA BERMAIN “ MONTESSORI BUSY JAR PLAY” PADA PAUD TK ISLAM ‘AQILA
View/ Open
Date
2023-12-06Author
Putri, Elma Ratna Listia
Haq, Alfiza Fakhriya
Metadata
Show full item recordAbstract
Sensorimotor merupakan tahap awal perkembangan anak usia dini dimana anak belajar tentang lingkungannya melalui pengalaman indrawi dan gerak-geriknya. Sementara itu, keterlibatan keterampilan sensorik-motorik yang terdiri dari keterampilan motorik halus dan kasar mendominasi
dalam aktivitas anak. Motorik halus melibatkan bagian tubuh tertentu yang terdiri dari otot-otot kecil. Gerakan pada motorik halus ini lebih memerlukan koordinasi tangan-mata untuk berhati-hati dan sempurna daripada kekuatan. Fenomena yang terjadi ialah kurangnya kemampuan sensorik-motorik halus yang menekankan pada konsentrasi serta koordinasi antara gerakan tangan dan mata. Tujuan dari kegiatan ini untuk mengetahui lebih lanjut apakah kemampuan sensorik dan motorik halus anak dapat berkembang melalui modul ajar dengan media permainan Montessori Busy Jar Play. Kegiatan dilaksanakan pada PAUD TK Islam ‘Aqila dengan target kelas kelompok A yang terdiri dari 15 anak. Metode yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil dari kegiatan ialah media Montessori Busy Jar Play dapat memberikan kemudahan bagi guru TK untuk meningkatkan kemampuan sensorik motorik halus anak.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3980Prosiding Psikologi Pemanfaatan Ilmu Psikologi untuk Kesejahteraan Masyarakat di Kalimantan 2023;57-63