Meningkatkan kerjasama pada anak tina grahita melalui permainan berkelompok di Sekolah Khusus Pelita bunda jenjang SMPdan SMA
Abstract
Tujuan dari diadakan kegiatan ini ialah karena adanya salah satu fenomena yang ditemukan di Pelita
Bunda Samarinda yaitu tentang anak tuna grahita yang pada dasarnya memiliki kepribadian mudah
cemas, takut, sangat pemalu, penyendiri, dan terlalu perasa yang membuat mereka cenderung masih
kurang dari segi aspek kerjasama, tolong-menolong, dan saling berbagai karena itulah perlu untuk
meningkatkan kerjasama pada anak tuna grahita melalui permainan berkelompok. Metode yang
digunakan adalah demonstrasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini
mengunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan pendekatan kualitatif dan metode
deskriptif. Bertempat di Sekolah Khusus Pelita Bunda Samarinda pada tanggal 15 Agustus 2023.
Peserta kegiatan ini terdiri dari 14 siswa berkebutuhan khusus tunagrahita. Hasil yang didapat dari
kegiatan ini ialah siswa dapat mengetahui dan lebih memahami tentang nilai-nilai dan pentingnya
bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan bersama.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3985Prosiding Psikologi Pemanfaatan ilmu psikologi untuk kesejahteraan masyarakat di Kalimantan;49-56