Melatih kemampuan sensori & motorik menggunakan media belajar playmat sensory pada anak berkebutuhan khusus usia dini di Pelita Bunda Samarinda
View/ Open
Date
2023-12-06Author
Nuur' Asyifa Raddine, Vanessa
Dyah Damayanti, Desita
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini membahas tentang media belajar yang digunakan untuk melatih kemampuan
sensori dan motorik anak berkebutuhan khusus usia dini menggunakan playmat sensory di
yayasan Pelita Bunda Samarinda. Fenomena yang ditemukan di pelita bunda adalah 7 dari 10
anak berkebutuhan khusus di usia dini diketahui memiliki masalah pada sensori, motorik, dan
proses belajar. Hal ini menggakibatkan terganggunya perkembangan fisik anak tersebut.
Tujuan dari diciptakannya playmat sensory melatih koordinasi yang baik antara pancaindra
dan gerakan terhadap stimulasi yang diterima. Bertempat di yayasan Pelita Bunda Samarinda,
dengan jumlah 10 peserta di dalam kegiatan. Ditemukan berbagai reaksi ketika anak
melakukan uji coba menginjak dan menyentuh playmat sensory, seperti penerimaan dan
penolakan.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3986Prosiding Psikologi Pemanfaatan ilmu psikologi untuk kesejahteraan masyarakat di Kalimantan;42-48