Show simple item record

dc.contributor.authorNuur' Asyifa Raddine, Vanessa
dc.contributor.authorDyah Damayanti, Desita
dc.date.accessioned2024-06-06T01:51:53Z
dc.date.available2024-06-06T01:51:53Z
dc.date.issued2023-12-06
dc.identifier.citationAtika S., F., & Nai’mah. (2020). Seling jurnal program studi pgra mengenal konsep-konsep anak berkebutuhan khusus dalam paud. Program Studi PGRA, 6(2), 193–208. Fakhiratunnisa, S. A., Pitaloka, A. A. P., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep dasar anak berkebutuhan khusus. Masaliq, 2(1), 26–42. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.83 Hardana, A. D. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Autis Di TK Mentari School Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Khusus, 1 9. Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717–733. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368 Julianti, A. P., Salsabila, A., Artanti, F., Chairunnisa, F., Indonesia, U. P., No, J. V., Kaler, N., & Purwakarta, K. (2023). Implementasi Kegiatan “ Fun Sensory Learning ” Untuk Anak Usia 1-2 Tahun Di Panti Yayasan Mansyaul Ihsan. 3(2), 129–137. Meilanie, R. S. M. (2020). Survei Kemampuan Guru Dan Orangtua Dalam Stimulasi Dini Sensori Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 958 964. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.741 Rahayu, S., Istiyati, S., & Budiharto, T. (2019). Peningkatan Kemampuan Taktil Melalui Penggunaan Metode Eksperimen Pada Anak Kelompok A Tk Al-Huda Kerten Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Kumara Cendekia, 3(3), 248–254. Ramadhani, R. (2013). Metode Sensori Integrasi Bermedia Papan Titian Berkebutuhan Khusus Diajukan Kepada Universitas Negeri Surabaya Untuk Memenuhi Persyaratan Penyelesaian. Jurnal Pendidikan Khusus, 2(1), 45–57. Sapitri, N. (2018). Bab III - Metode Penelitian. Metode Penelitian, 32–41. Sari, L., Pratama, R. A., & Permatasari, B. I. (2020). Media Pembelajaran Puzzle Angka Dan Corong Angka (Pancoran) Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23618 11(1), 88–100. Satyawati, G. R. (2017). Gangguan Persepsi Sensori Sebagai Dasar Perancangan Panti Rehabilitasi Anak Autis Di https://doi.org/10.20961/arst.v15i2.12760 Surakarta. Arsitektura, 15(2), 414. Vernelya M V. (2020). Tingkat Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Autis Sekolah Dasar Kelas Bawah Di Slb Autisma Dian Amanah Ngentak Sleman. 1– 105. Wahyuningtyas, D. P., & Roziah, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sensory Carpet Untuk Pemahaman Panca Indera Anak Usia 1-2 Tahun. Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 119–132. Dasar Waiman, E., Soedjatmiko, S., Gunardi, H., Sekartini, R., & Endyarni, B. (2016). Sensori Integrasi: Dan Efektivitas Terapi. Sari Pediatri, 13(2), 129. https://doi.org/10.14238/sp13.2.2011.129-36 Wati, E. R. (2018). Tari Merak Modifikasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anal Tunagrahita Ringan Di SLB. Jurnal Pendidikan Khusus, 2(1), 1–16. Widiyati, W. (2015). Pembelajaran Sensorimotor Untuk Anak Autis Di Paud Inklusi Sebuah Tinjauan Psikologis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, November, 172–175.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/3986
dc.description.abstractPenelitian ini membahas tentang media belajar yang digunakan untuk melatih kemampuan sensori dan motorik anak berkebutuhan khusus usia dini menggunakan playmat sensory di yayasan Pelita Bunda Samarinda. Fenomena yang ditemukan di pelita bunda adalah 7 dari 10 anak berkebutuhan khusus di usia dini diketahui memiliki masalah pada sensori, motorik, dan proses belajar. Hal ini menggakibatkan terganggunya perkembangan fisik anak tersebut. Tujuan dari diciptakannya playmat sensory melatih koordinasi yang baik antara pancaindra dan gerakan terhadap stimulasi yang diterima. Bertempat di yayasan Pelita Bunda Samarinda, dengan jumlah 10 peserta di dalam kegiatan. Ditemukan berbagai reaksi ketika anak melakukan uji coba menginjak dan menyentuh playmat sensory, seperti penerimaan dan penolakan.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.relation.ispartofseriesProsiding Psikologi Pemanfaatan ilmu psikologi untuk kesejahteraan masyarakat di Kalimantan;42-48
dc.subjectAnak Berkebutuhan Khususid_ID
dc.subjectUsia Diniid_ID
dc.subjectSensoriid_ID
dc.subjectMotorikid_ID
dc.subjectPlaymat sensoryid_ID
dc.titleMelatih kemampuan sensori & motorik menggunakan media belajar playmat sensory pada anak berkebutuhan khusus usia dini di Pelita Bunda Samarindaid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record