Show simple item record

dc.contributor.authorZulfahmi, Zulfahmi
dc.contributor.authorHamka, Hamka
dc.date.accessioned2024-06-06T02:44:11Z
dc.date.available2024-06-06T02:44:11Z
dc.date.issued2023-12-06
dc.identifier.citationAlmira, N. S., & Marheni, A. (2021). Analisis Fenomenologis Interpretatif Tentang Definisi Bullying Dan Harga Diri Bagi Korban Bullying. Jurnal Psikologi Integratif, 9(2), 210. Azis, A. R. (2015). Efektivitas Pelatihan Asertivitas Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa KorbanBullying. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 3(2), 8-14. Campaert, K., Nocentini, A., & Menesini, E. (2017). The Efficacy Of Teachers’ Responsses To Incidents Of Bullying And Victimization: The mediational role of moral disengagement for bullying. Aggressive behavior, 43(5), 483-492. Dewi, C. F., Sema, N., & Salam, S. (2020). Upaya Edukasi Pencegahan Bullying Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Manggarai NTT. Randang Tana-Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 120-129. Dwi Kumala, O., Puspita Sari, E., & Pratiwi Widayaningsih, T. (2019). Psikoedukasi Untuk Menurunkan Perilaku Bullying dan Pembentukan Kader Anti-Bullying di SD Y. Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Hajdaraj, Y. (2017). Teachers'knowledge Of Bullying And Their Anti-Bullying Attitude. EuropeanJournal of Social Sciences Studies. Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci suksesimplementasi kurikulum 2013. Ghalia Indonesia. Hidayati, L. N., & Amalia, R. (2021). Psychological Impacts On Adolescent Victims Of Bullying:phenomenology study. Media Keperawatan Indonesia, 4(3), 201. Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1). Kurniawan, L. (2015). Pengembangan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Di SMA. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 1(1), 1-8. Rini, M. P. (2017). Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Pada Peserta Didik SMA Negeri 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). Setyowati, A. (2022). Maraknya Kasus Perundungan Di Lingkungan Sekolah, Mari Lakukan Pencegahan!. Jurnal Psikologi. Wulandari, I., & Irmayanti, R. (2019). Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Role Playing Terhadap Perilaku Bullying Siswa SMA. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(4), 125- 137. Zahra, S. L., & Hayati, M. (2022). Kondisi Self Awareness Pada Anak Korban Bullying. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 4(1), 77-87id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4007
dc.description.abstractPerilaku bullying memberikan dampak yang merugikan, bukan hanya kepada korban tapi juga pelaku. Dampak tersebut tidak hanya dirasakan pada saat periode perilaku bullying terjadi, tapi bisa berlanjut hingga pelaku dan korban memasuki usia dewasa. Untuk meminimalkan dampak tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan sosialisasi terkait pengetahuan tentang perilaku bullying dan dampaknya, kemudian penempatan stand banner dengan konten stop bullying dan ditambahkan edukasi terkait peningkatan keterampilan sosial siswa sehingga hal tersebut dapat menurunkan tingkat perilaku bullying di SD Negeri 007 Samarinda Ilir. Berdasarkan pengumpulan data yang dilakukan menggunakan kuesioner yang di sebarkan kebeberapa siswa SD Negeri 007 Samarinda Ilir, menunjukkan bahwa adanya fenomena perilaku bullying disekolah tersebut, adapun hasil penelitian deskriptif dari kuesioner yang telah di sebarkan ke siswa mempunyai persentase Perilaku Bullying dalam kategori rendah sebesar 34%, kategori sedang sebesar 35% dan kategori tinggi sebesar 31%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perilaku bullying siswa di SD Negeri 007 Samarinda Ilir dengan kategori perilaku bullying cukup tinggiid_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUMKT Pressid_ID
dc.relation.ispartofseriesProsiding Psikologi Pemanfaatan Ilmu Psikologi untuk Kesejahteraan Masyarakat di Kalimantan 2023;94-103
dc.subjectBullyingid_ID
dc.subjectPerilaku Negatifid_ID
dc.subjectKeterampilan Sosialid_ID
dc.titlePROGRAM PELATIHAN KETERAMPILAN SOSIAL DALAM MENURUNKAN TINGKAT PERILAKU BULLYING SISWA DI SDN 007 SAMARINDA ILIRid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record