Show simple item record

dc.contributor.authorMawarda, Ulfa
dc.date.accessioned2024-07-18T06:52:40Z
dc.date.available2024-07-18T06:52:40Z
dc.date.issued2023-07-07
dc.identifier.citationArovah, N. (2009). Diagnosis Dan Manajemen Cedera Olahraga. Diagnosis Dan Manajemen Cedera Olahraga, 1–11. Dahlan, M. S. (2016). Statistik Untuk Kedokteran dan Kesehatan (6th ed.). epidemiologi indonesia. Dhrama, K. (2011). Metodologi Penelitian Keperawatan (Jusriman & A. Mafthuhin (eds.); Edisi Revi). CV. Trans Info Media. Febrina, A. (2021). Ankle Sprain. Alomedika. https://www.alomedika. com/penyakit/kedokteran-olahraga/ankle-sprain/epidemiologi Hardyanto, J., & Nirmalasari, N. (2020). Gambaran Tingkat Pengetahuan Tentang Penanganan Pertama Cedera Olahraga Pada Unit Kegiatan Mahasiswa (Ukm) Olahraga Di Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 6(1), 7. https://doi.org/ 10.36053/mesencephalon.v6i1.195 Kemenkes RI. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. In Kementrian Kesehatan RI (Vol. 53, Issue 9). Kemenkes RI. (2019). Pencegahan Cedera Metode RICE. Kemenkes.Go.Id.https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obes itas/bagaimana-pencegahan-cedera Kementerian Kesehatan RI. (2018). Laporan Riskesdas Provinsi Kalimantan Timur 2018. Lembaga Penerbit Badan Litbang Kesehatan, 304. Khairunnisa, I., & Fitriana, Fatwati, N. (2020). Pengaruh Penkes Dan Simulasi P3K Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Menangani Cedera Ankle Strain Pada Anggota Taekwondo. Jurnal Keperawatan, September, 5. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article /view/5221 Kusuma, M. R., Junaedi, & Setiakarnawijaya, Y. (2017). Pemahaman Penanganan dan Pemberian Pertolongan Pertama dala Cedera Olahraga pada Anggota PMR SMP Negeri 20 Jakarta. Jurnal Segar, 5(1), 8–17. https://doi.org/10.21009/segar.0501.02 Masturoh, I., & Anggita, N. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. In Kementrian Kesehatan RI. Maysaroh, N. (2022). Perbedaan Pengetahuan Dan Keterampilan Pertolongan Pertama Cedera Sprain dan Strain Dengan Metode RICE Sebelum dan Sesudah Dilakukan Pendidikan Kesehatan Media Audiovisual Pada Siswa SMP. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 5, Issue 3). Meikahani, R., & Kriswanto, E. S. (2015). Pengembangan Buku Saku Pengenalan Pertolongan dan Perawatan Cedera Olahraga Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11(1), 15–22. Mulyati, Y. (2010). Keterampilan Dalam Belajar Mengajar. Nasri, N., & Leni, A. S. M. (2021). Pengetahuan Siswa Ekstrakurikuler Sekolah Menegah Atas Sederajat Kota Surakarta Tentang Pencegahan, Perawatan, Dan Pertolongan Pertama Cedera Olahraga. Jurnal MensSana, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.24036 /menssana.06012021.13 Notoatmodjo. (2012). Metode penelitian. In Universitas Muhammdiyah Malang (pp. 34–35). Notoatmodjo. (2014). Buku Pengetahuan dan Tingkatan Pengetahuan. In Penelitian Ilmiah (Vol. 53, Issue 9). http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/1066/1/BAB II.pdf Nurjannah, M., & Astuti, Z. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Penanganan Spraindan Strain(Keseleo) Pada Masyrakat Awamdi Samarinda. Jurnal Kesehatan :Caritas et Fraternitas, 1(1), 19–24. Oktavian, M., & Roepajadi, J. (2021). Tingkat Pemahaman Penanganan Cedera Akut Dengan Metode R.I.C.E Pada Pemain Futsal Yanitra FC Sidoarjo Usia 16-23 Tahun. Indonesian Journal of Kinanthropology, 1(1), 55–65. Rachmawaty, S. (2012). Gambaran Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Kesehatan Dan Mahasiswa Non-Kesehatan Universitas Indonesia Tentang Teknik Resusitasi Jantung Paru (Rjp) Pada Orang Dewasa. E Journal Universitas Indonesia, 58. Rukmana, A., & Agustina, L. (2021). Hubungan Pengetahuan RICE (Rest, Ice, Compression, Elevation) Dengan Penerapan Penanganan Cedera Ankle Pada Pemain Sepak Bola Di Kecamatan Kutawaluya. Sakti, Permata, B., Purnanto, tri, N., & Sulistiyarini. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Metode Rice Pada Ankle Sprain Terhadap Pengetahuan Dan Perilaku Remaja Laki-Laki Di Purwodadi. TSCD3Kep Journal, 6(1), 12. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta. Suparyanto dan Rosad. (2020). Hipotesis Uji T. Suparyanto Dan Rosad, 5(3), 248–253. Suratun, Heryati, Manurung, S., & Raenah, E. (2008). Klien Dengan Gangguan Sistem Muskuloskeletal : Seri Asuhan Keperawatan (E. Monica (ed.); 1st ed.).Egc. https://www.google.co.id/books/ edition/Klien_Gangguan_Sistem_Muskuloskeletal_sA/PUjw-sEgCSE C?hl=id&gbpv=0&kptab=overview Syahputra, A. T., Nurjannah, N., & Arsyam, M. (2020). Pemberian Skor Dan Sistem Penilaian Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 2(1), 1–8. Syamsuddin, W. N., Sari, F. S., & Mardiyah, S. (2021). Pengaruh Pemberian Pelatihan Rice Terhadap Keterampilan Penanganan Cedera Strain Pada Atlet Pencak Silat Di Sragen. 002. Thygerson, A. (2011). First Aid Pertolongan Pertama Edisi Kelima (B. Gulli & J. R. Krohmer (eds.); kelima). erlangga. Wollman, S. (2020). Sprains and strains. In Nursing (Vol. 33, Issue 9). Pacific Cross. https://doi.org/10.1097/00152193-200309000-00038id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4043
dc.description.abstractPendahuluan : Sprain ialah cedera yang terjadi di ligamentum dan strain merupakan cedera pada otot dan tendon. Sprain dan strain terjadi akibat dari aktifitas sehari-hari yang berat, atau pada saat olahraga, ketika tak ditangani secara serius, dengan tepat serta betul bisa menyebabkan cedera bertambah parah, kecacatan, dan bahkan bisa sampai menyebabkan kematian. Sehingga perlunya pengetahuan terkait bagaimana mencegah, melakukan perolongan pertama cedera sehingga meminimalisir terjadinya cedera pada mahasiswa. Tujuan : Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis pengaruh dari pemberian pendidikan kesehatan & pelatihan terhadap pengetahuan dan keterampilan mahasiswa KSR pada pertolongan pertama keseleo (sprain & strain) dengan metode RICE di Samarinda. Metode : Desain penelitian ini percobaan semu (quasi experiment) menggunakan pendekatan one-group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 72 responden menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner serta lembar observasi. Hasil : Tingkat pengetahuan pertolongan pertama keseleo (strain dan sprain) dengan metode RICE sebelum dilakukan pendidikan kesehatan didapatkan 29 mahasiswa 40,3% dikategorikan Kurang dan sesudah mengalami peningkatan sebanyak 34 mahasiswa 47,2% dalam kategori baik. Sedangkan untuk tingkat keterampilan pertolongan pertama keseleo (strain dan sprain) menggunakan metode RICE sebelum dilakukan pelatihan didapatkan mayoritas 39 mahasiswa 54,2% dikategorikan Cukup dan sesudah mengalami peningkatan sebanyak 42 mahasiswa 58,3% dikategorikan Baik. Kesimpulan : Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan & pelatihan terhadap pengetahuan dan keterampilan Mahasiswa KSR pada pertolongan pertama keseleo (sprain & strain) dengan metode RICE di Samarinda.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectSprain dan Strainid_ID
dc.subjectMahasiswaid_ID
dc.subjectLigamenid_ID
dc.subjectTendonid_ID
dc.titlePengaruh Pendidikan Kesehatan & Pelatihan terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Mahasiswa KSR pada Pertolongan Pertama Keseleo (Sprain & Strain) dengan Metode RICE (Rest, Ice, Compression, Elevation) di Samarindaid_ID
dc.title.alternativeThe Influence of Health Education & Training on Knowledge and Skills of KSR Students in Sprain & Strain First Aid Using the RICE (Rest, Ice, Compression, Elevation) Method in Samarindaid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record