dc.identifier.citation | Ababneh, S., & Lababneh, S. (2013). The effect of using the internet on EFL elementary school students’ writing. Journal of Education and Practice, 4(2), 103–110. Abdel-Rahman, T. A., Kamal, N. N., El-Dessouki, K. H., & AbdAllah, A. A. (2017). Assessment of Nutritional Status and Cognitive Development of Preschool Children at Minia Governorate, Egypt. Can. J. Clin. Nutr, 5, 72–94. Aini, D. (2018). Voor en na de oorlog. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 6(1), 36–46. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/5901/5442 Ani Budiarti, Murfiah Dewi Wulandari, D. (2022). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Agustus2022, 8 (12), 20-24. Tahapan Dan Karakter Perkembangan Belajar Siswa SD, 20–24. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.6943229 Ardiyanto, A. (2017). Bermain Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jendela Olahraga, 2 (2), 35–39. Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta..(2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta. Bloom, B. S. (2017). Taxonomy of educational objectives: The classification of educational goals. Cognitive Domain. BPS Kaltim. (2021). Hasil Sensus Penduduk Provinsi Kalimantan Timur 2020. Bps. Go. Id (Issue Berita Resmi Statistik No. 06/01/64/Th. XXIV). Bujuri, D. A. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37–50. de Lurdes Martins, M. (2015). How to effectively integrate technology in the foreign language classroom for learning and collaboration. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 174, 77–84. Desmita, D. (2016). Psikologi perkembangan peserta didik: Panduan bagi orang tua dan guru dalam memahami psikologi anak usia SD, SMP, dan SMA. Bandung: Remaja Rosdakarya. Psikologi Perkembangan Peserta Didik: Panduan Bagi Orang Tua Dan Guru Dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, Dan SMA. Donsu, J. D. T. (2016). Metodologi penelitian keperawatan. Yogyakarta:Pustaka Baru Press. Dr. Ernawulan Syaodih, M. P. (2016). Psikologi Perkembangan. Bandung: Mandar Maju. Ebi, S. (2017). Golden age parenting. Yogyakarta: Psikologi Corner. Endriani, A. (2016). Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMPN 6 PRAYA TIMUR LOMBOK TENGAH Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Realita, 1(2), 104–116. Evi Susanti, S. W. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Prestasi Anak Usia Sekolah Di Sd Gmim Tumpengan Sea Dua Kecamatan Pineleng. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 4(2), 105493. Hadi, P. (2020). Study from Home in the Middle of the COVID-19 Pandemic Analysis of Religiosity, Teacher, and Parents Support Against Academic Stress. Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan teknologi informasi dalam menciptakan model inovasi pembelajaran (e-learning). Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(1), 117–140. Herviana Muarifah Ngewa. (2021). PERAN ORANG TUA DALAM PENGASUHAN ANAK. 1, 1–14. Hidayat Alimul Aziz, A. (2017). Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta: Salemba Medika [8]. Hidayat Alimul Aziz, A. (2018). Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta: Salemba Medika [8]. Hutagalung, R., & Ramadan, Z. H. (2022). Peran Orang Tua dalam Menanamkan Nilai Multikultural di Lingkungan Keluarga Siswa sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4967–4991. Joko Subagyo, P. (2014). Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta. Juwantara, R. A. (2019). Analisis teori perkembangan kognitif piaget pada tahap anak usia operasional konkret 7-12 tahun dalam pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34. Kasumayanti, E., & Elina, Y. (2020). Perkembangan Kognitif Anak Usia sekolah di Tinjau dari Tingkat Pendidikan orang tua di Kecamatan Rumbai. 1(2), 186–197. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1179 KBBI. (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia: Pusat Bahasa. JAKARTA : GRAMEDIA. Kemenkes, R. I. (2020). Tanya jawab seputar virus corona. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Khaulani, F., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59 Khurriyati, Y., Setiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Mi Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 91. https://doi.org/10.30659/pendas.8.1.91-104 Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas pembelajaran berbasis daring: sebuah bukti pada pembelajaran bahasa inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19–33. Kurnianingsih, D. A., Pulungan, Y. K., Pribadi, B., & Nasution, F. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Kepribadian Anak Sekolah Dasar Usia 7-12 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1707–1715. Levy, P. S., & Lemeshow, S. (2019). Sampling of populations: methods and applications: John Wiley & Sons. Inc., New York. Maharani, P. A., Azizah, E. N. N., & Susdarwati, S. (2021). Pengaruh Video Animasi Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 159–173. Mar’at, S. (2020). Desmita Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Martono, N. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, Cet. Ke-1. Mendenhall, W. (2019). Elementary survey sampling. In boston usa. Miller, P. H. (2017). Piaget’s theory: Past, present, and future. Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2014). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. E-Learning, Online Learning, and Distance Learning Environments: Are They the Same? Internet and Higher Education. Mutiah, D. (2018). Psikologi bermain anak usia dini. Kencana. Ninawati, M. (2018). Kajian dampak bilingual terhadap perkembangan kognitif anak sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Widya, 1993, 218706. http://e-journal.jurwidyakop3.com/index.php/majalah-ilmiah/article/view/26 Ningsih, T. (2016). PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) KARTU BACA-NGAJI ASYIK SEBAGAI MEDIA BELAJAR BAGI ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS. Jurnal Penelitian Agama, 17(2), 199–215. Notoatmodjo, S. (2017). Metodologi penelitian kesehatan (Cetakan VI). Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta. NOTOATMODJO, S. (2016). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Penerbit PT. Rineka Cipta. Nursalam. (2015). Statistik untuk Penelitian. Jakarta: Salemba Medika. Nursalam. (2020). Konsep penerapan metode penelitian ilmu keperawatan. Salemba Medika, Jakarta. Oktaviana, D., & Prihatin, I. (2018). Analisis hasil belajar siswa pada materi perbandingan berdasarkan ranah kognitif revisi taksonomi bloom. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 81–88. Owusu-Fordjour, C., Koomson, C. K., & Hanson, D. (2020). The impact of Covid-19 on learning-the perspective of the Ghanaian student. European Journal of Education Studies. Pachana, N. A. (2020). Encyclopedia of geropsychology. Papalia, D. E., Sally, W. O., & Ruth, D. F. (2020). Human Development (Psikologi Perkembangan) Bag. I-IV. Jakarta: Salemba Humanika. Pramawaty, N., Hartati, E., Program, M., Keperawatan, S. I., & Kedokteran, F. (2012). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Konsep Diri Anak Usia Sekolah (10-12 Tahun). Jurnal Nursing Studies, 1, 87–92. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jnursing Presser, A. L., Vahey, P., & Dominguez, X. (2015). Improving Mathematics Learning by Integrating Curricular Activities with Innovative and Developmentally Appropriate Digital Apps: Findings from the Next Generation Preschool Math Evaluation. Society for Research on Educational Effectiveness. Purwanto;, A., Asbari;, M., & Santoso, P. B. (2019). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Kepemimpinan, Komitmen dan Budaya Kerja Sistem Manajemen Integrasi ISO 9001, ISO 14000 dan ISO 45001 pada Industri Otomotif. Jurnal Produktivitas, 6(2), 158–166. http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/jp/article/view/1798 Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. Putri, D. P. K., & Lestari, S. (2016). Pembagian peran dalam rumah tangga pada pasangan suami istri Jawa. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(1), 72–85. Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460 Raco, J. R. (2014). Metode Kualitatif (Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya). Grasindo. Grasindo. Rahmaniar, E., Maemonah, M., & Mahmudah, I. (2021). Kritik Terhadap Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 531–539. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1952 Ratiwi, R. D., & Sumarni, W. (2020a). Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Daring. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(ISSN: 2686 6404), 304–309. Ratiwi, R. D., & Sumarni, W. (2020b). Peran Orang Tua dalam Pendampingan Pembelajaran Daring Terhadap Perkembangan Kognitif. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas), 3(1), 304–309. Reeves, J. L., Gunter, G. A., & Lacey, C. (2017). Mobile learning in pre-kindergarten: Using student feedback to inform practice. Journal of Educational Technology & Society, 20(1), 37–44. Ruli, E. (2020). Tugas dan peran orang tua dalam mendidk anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 143–146. Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sd Negeri Saribi. Jurnal EduMatSains, 2(2), 201–212. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/edumatsains/article/view/607 Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak - Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 - 7 Tahun). Didakta: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89–100. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/71 Saleh, R. G., Yitno, Y., & Surtini, S. (2022). Hubungan Pembelajaran Daring Dengan Kemampuan Kognitif Anak Usia (10-12 Tahun) di SD Negeri 2 Wajak Lor Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung Tahun 2021. Prosiding Riset Kesehatan, 1(1), 26–36. Sania Putriana, Neviyarni, I. (2021). Perkembangan Intelektual pada Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2019), 1771–1777. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1173/1051 Sanusi, A. (2016). Metodologi penelitian bisnis. Jakarta: Salemba Empat. Sari, P. (2015). Memotivasi belajar dengan menggunakan e-learning. Ummul Qura, 6(2), 20–35. Saryono, A. (2013). Metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif dalam bidang kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika. Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2). Simanjuntak, K. S. K., & Siregar, R. S. (2022). PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DAN IMPLEMENTASI DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN. RIYADHAH, 1(1), 111–124. Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran daring kombinasi berbasis whatsapp pada kelas karyawan prodi teknik informatika universitas pgri madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 8(1), 81–86. Sooter, T. (2019). Early childhood education in Nigeria: Issues and problems. Journal of Educational and Social Research, 3(5), 173. Sri Reskia, Herlina, Z., & Birobuli, I. (2019). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN INPRES 1 BIROBULI. 82–93. Sugiyono, E. I. (2014). Pengembangan bahan ajar menyimak berbasis multimedia interaktif dalam model belajar mandiri untuk sekolah menengah pertama. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2). Sulisnadewi, N. L. K., & Gama, I. K. (2022). Perilaku Anak Usia Sekolah Dasar sebagai Dampak Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan, 14(S1), 39–46. Susanto, H. A. (2014). Pemahaman mahasiswa dalam pemecahan masalah pembuktian pada konsep grup berdasarkan gaya kognitif. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 20(2), 124–133. Sutriani, E., & Octaviani, R. (2019). Keabsahan data (Kualitatif). INA-Rxiv, 1–22. Syam, A., Indriasari, R., & Ibnu, I. (2018). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Siswa terhadap Makanan Jajanan Sebelum dan Setelah Pemberian Edukasi Kartu Kwartet Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Kota Makassar. JURNAL TEPAT : Applied Technology Journal for Community Engagement and Services, 1(2), 127–136. https://doi.org/10.25042/jurnal_tepat.v1i2.36 Tiro, M. A. (2015). Dasar-Dasar Statistika Edisi Keempat. Makassar: Andira Publisher. Tunnoor, S. (2021). PENGARUH PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SDN TATAKAN 1 Tunnoor, S. (2021). PENGARUH PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SDN TATAKAN 1 KECAMATAN TAPIN mengindikasikan berkembangnya kecerdasan aspek perkem. 17(2), 84–88. Ulfasari, N., & Fauziah, P. Y. (2021). Pendampingan Orang Tua pada Pendidikan Anak di Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Profesi Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 935–944. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1119 Utoyo, S. (2012). Dinamika penggunaan lahan di wilayah perkotaan (Studi di Kota Bandar Lampung). Prosiding Seminar Hasil Penelitian FISIP Unila. Wahidin. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Pancar, 3(1), 232–245. WHO. (2020). Guidance on maintaining a safe and adequate blood supply during the coronavirus disease 2019 (COVID-19) pandemic and on the collection of COVID-19 convalescent plasma: interim guidance, 10 July 2020. World Health Organization. | id_ID |