Show simple item record

dc.contributor.authorRamlah, Ramlah
dc.date.accessioned2024-08-07T07:44:47Z
dc.date.available2024-08-07T07:44:47Z
dc.date.issued2023-06-19
dc.identifier.citationAbdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35-49. Adiputra, S., & Mujiyati, M. (2017). Motivasi dan prestasi belajar siswa di Indonesia: Kajian meta-analisis. Konselor, 6(4), 150-157. Ahmad, A., & Sehabuddin, A. (2017). Komparasi prestasi belajar matematika siswa berdasarkan gender. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 1(1), 15-21. Arianti, A. (2019). Peranan Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134. Aulia, F. (2017). Faktor-faktor yang terkait dengan kecurangan akademik pada mahasiswa. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 6(1), 23-32. BUANA, A. T. (2018). HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS VIII DI MTS. MIFTAHUL ULUM TANJUNG SENENG BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). Ediati, A., Permana, L., Rahman, A. A., & Hidayat, I. N. Dampak Futsal-Berbasis-Psikologi-Positif pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Perilaku, 3, 95-109. Farianti, F., Rahmi, R., & Agustina, F. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Laki-Laki dengan Siswa Perempuan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Model Mind Mapping pada Pokok Bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup Siswa Kelas VII di SMP IT Nurul Muhajirin Batam. Simbiosa, 5(1), 16-24. Hadisi, L., Astina, W. O., & Wampika, W. (2017). Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Terhadap daya Serap Siswa Di SMK Negeri 3 Kendari. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 10(2). Herawati, R., Mujahidin, E., & Al Hamat, A. (2019). Hubungan Motivasi Dan Kreativitas Guru Dalam Mengajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Di Madrasah Aliyah Negeri 4 Bogor. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 235-246. Jihad, A., & Haris, A. (2008). Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo. Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2017). Studi analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar pada mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2). Kusnia, Y. (2017). Pengaruh karakteristik gender dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X IPA di MAN 2 Semarang. Seminar Nasional Pendidikan, Sains DanTeknologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang, 398–405. Monawati, M., & Fauzi, F. (2018). Hubungan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pesona Dasar, 6(2). Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c). Nasution, H. F. (2016). Instrumen penelitian dan urgensinya dalam penelitian kuantitatif. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 4(1), 59-75. Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. Oktaria, T. A., Jaenudin, R., & Rusmin, A. R. (2018). Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA N 1 Muara Padang Banyuasin Sumatera Selatan. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 4(2), 145-154. Pratiwi, R. D. (2018). HUBUNGAN DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SLTP NEGERI 6 YOGYAKARTA. Edu Dharma Journal: Jurnal penelitian dan pengabdian masyarakat, 2(1), 30-45. Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa (The impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 79-92. Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach. Deepublish. Samsuri, T. (2003). Kajian, Teori, Kerangka Konsep dan Hipotesis dalam Penelitian. Sitorus, W. I., & Sojanah, J. (2018). Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui keterampilan mengajar guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 233-238.Cipta, Cet. 5, 2010. Slameto Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya( Jakarta: Rineka Cipta.2010 Sri Wahyuni, Efektifitas Keterampilan Mengajar Guru.JURNAL Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah, 2015,1.4 Sojanah, J., & Hadi, I. A. (2020). Kreativitas mengajar guru dan minat belajar siswa sebagai determinan terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 5(1), 118-128. Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.CV Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123. Utami, N. E. S., & Yonanda, D. A. (2020, November). Hubungan gender terhadap prestasi belajar siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 144-149). Waritsman, A., & Hastina, R. (2020). Kreativitas Guru dalam Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Ma Madinatul Ilmi Ddi Siapo. Nusantara: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2). Widayanti, E. R., & Slameto, S. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Teams Games Tournament Berbantuan Permainan Dadu Terhadap Hasil Belajar IPA. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 182-195. Widyaningtyas, R., & Huda, M. J. (2018). Hubungan Kreativitas Guru Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Di Sekolah Dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 37-46. Wijaya, C., & Rusyan, A. T. (1991). Kemampuan dasar guru dalam proses belajar mengajar. Penerbit PT Remaja Rosdakarya. Wulandari, S. (2010). Pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa (studi kasus di SMP 2 kota Tangerang Selatan. Yazid, M., & Ernawati, A. (2020). Hasil belajar siswa di mi nw pancor kopong pada masa pandemi covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 205-209. Yeni Rachmawati dan Euis Kurniati, Stategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak, (Jakarta: Kencana, 2010)id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4056
dc.description.abstractDalam dunia Pendidikan yang memegang kunci dalam pembangkitan dan pengembangan daya kreativitas anak itu adalah guru. Seorang guru yang ingin membangkitkan kreativitas pada anak-anak didiknya, harus terlebih dahulu berupaya supaya ia sendiri kreatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar anak di Smp Negeri 39 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 69 orang. Data didapat menggunakan kuesioner skala likert untuk mengukur kreativitas mengajar guru dan dokumentasi nilai uts untuk hasil belajar. Uji dalam analisis bivariate adalah uji Spearman Rank. Berdasarkan hasil penelitian responden menyatakan bahwa guru memiliki kreativitas tinggi yaitu sebanyak 50 siswa (72,4%) dan siswa yang menyatakan bahwa guru memiliki kreativitas sedang yaitu sebanyak 19 siswa (27,5%) . responden memperoleh nilai pada kategori kurang <60 sebanyak 55 siswa (79,7%), 14 siswa atau 20,3% memperoleh nilai berada di rentang 60-79 atau kategori cukup. Dari hasil statistic didapatkan hasil signifikansi atau sig.(2-tailled) 0,004 < lebih kecil dari 0,05, maka artinya ada hubungan yang signifikan antara variabel kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar anak. Diperoleh pula angka koefisien korelasi sebesar 0,852, artinya tingkat kekuatan hubungan antara variabel variabel kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar anak sangat kuat, korelasi hasil bernilai positif yaitu 0,852 sehingga hubungan kedua variabel tersebut bersifat searah.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectKreativitas Mengajar Guruid_ID
dc.subjectHasil Belajarid_ID
dc.subjectAnakid_ID
dc.titleHubungan Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Anak di SMP Negeri 39 Samarindaid_ID
dc.title.alternativeThe Relationship between Teacher's Teaching Creativity to Children's Learning Outcomes at SMP Negeri 39 Samarindaid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record