• English
    • Bahasa Indonesia
  • English 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Science and Technology
  • School of Mechanical Engineering
  • S1 Final Project
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Science and Technology
  • School of Mechanical Engineering
  • S1 Final Project
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Pendinginan Air dengan Penambahan Water Pump pada Engine Diesel 1 Silinder terhadap unjuk Kerja

Thumbnail
View/Open
COVER (824.0Kb)
BAB 1 (78.10Kb)
BAB 2 (449.0Kb)
BAB 3 (724.7Kb)
BAB 4 (851.2Kb)
BAB 5 (57.58Kb)
DAFTAR PUSTAKA (58.46Kb)
LAMPIRAN (1.584Mb)
NASKAH PUBLIKASI (983.8Kb)
SKRIPSI (3.119Mb)
Date
2023-07-14
Author
Wiwoho, Bangkit Samudra
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sirkulasi air pendingin terhadap unjuk kerja Torsi, Daya dan Sfc dari variasi jumlah air pada reservoir sebanyak 10 liter, 15 liter dan 20 liter dibandingkan dengan pendinginan standar menggunakan system hopper. Unjuk kerja motor diesel akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu mensirkulasikan air pendingin pada pendingin hopper dan ditambahkan dengan air pada tangki reservoir. Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan panel beban lampu dengan memvariasikan mulai dari 200 sampai 3400 watt pada motor diesel putaran konstan sebesar 1500 rpm atau 50 Hz dengan bahan bakar dexlite. Dari hasil pengujian secara ekperimental dengan variasi volume air pada tangki reservoir, daya terbaik dengan volume air pada reservoir (20 liter) menunjukan daya sebesar 2407 Watt pada pembebanan 2900, hasil ini menunjukan kenaikan daya sebesar 0.173% dari pendinginan standarnya. Sedangkan torsi terbaik di dapat dengan volume air pada reservoir (20 liter) sebesar 15.331 Nm pada pembebanan 2900 Watt, meningkat sebesar 0.173%, Serta konsumsi bahan bakar spesifik (Sfc) terendah dengan volume air pada reservoir (20 liter) yaitu 0.615 kg/kw.h pada pembebanan 2000 Watt, didapatkan Sfc menurun sebesar -0.226%. Hal ini menunjukan bahwa semakin banyak volume air pada reservoir yang disirkulasikan, pendinginanan dan unjuk kerja motor menjadi lebih optimal.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4147
Collections
  • S1 Final Project
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback