Show simple item record

dc.contributor.authorNurmayani, Nurmayani
dc.date.accessioned2024-10-18T03:13:40Z
dc.date.available2024-10-18T03:13:40Z
dc.date.issued2023-07-15
dc.identifier.citationAiken, L. R., & Groth-Marnat, G. (2006). Psychological testing and assessment. New York, NY: Pearson Education. Andi, Y., Sunaryo, H., & Anwaruddin, M. K. (2020). Pengaruh dukungan sosial, self-esteem dan self-efficacy terhadap burnout mahasiswa (studi kasus pada mahasiswa jurusan manajemen fakultas ekonomi dan bisnis universitas islam Malang. E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen, 17-31. Askar, R. O., & Novratilofa, F. (2017). Peran teman sebaya terhadap hasil belajar mahasiswa tingkat II prodi DIII Kebidanan STIKes Ranah Minang Padang tahun 2016. Journal of Social and Economics Research, 2(1). http://ojs.ekasakti.org/index.php/UJSCR/article/vie w/92/92 Budiono, A. N., Nugraha, Y. P., Mulyadi, & Jaenuri, M. (2022, Agustus). Semester berpengaruh terhadap perilaku burnout mahasiswa. apa yang perlu dilakukan pendidik? Jurnal Integrasi Sains dan Quran (JisQu), 1(2), 1-7. Cohen, S., Syme, S. L. (1985). Social Support and health. London: Academic Press Inc Cohen, S., Underwood, L. G., & Gottlieb, B. H. (2000). Social support measurement and intervention: A guide for health and social sciensts. Oxford University Press. https://psycnet.apa.org/doi/10.1093/med:psych/9780195126709.001.0001 Chao, R. C. L. (2012) Managing perceived stress among college students: The roles of social support and dysfunctional coping. Journal of College Counseling, 15(1),5-21. https://doi.org/10.1002/j.2161-1882.2012.00002. Dini, P. R., & Arif, I. (2019, Juli). Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan tingkat stres dalam menyusun tugas akhir pada mahasiswa stikes ngudi waluyo ungaran. Jurnal Ilmu Kebidanan dan Kesehatan (Journal of Midwifery Science and Health), 10(2), 88-148. Da'awi, M. M., & Nisa, W. I. (2021, Januari). Pengaruh dukungan sosial terhadap tingkat stres dalam penyusunan tugas akhir skripsi. Psikodinamika: Jurnal Literasi Psikologi, 1(1), 067-075. Evelyn, & Savitri, S. L. (2015, Desember). Pengaruh dukungan sosial terhadap pola pengasuhan orang tua anak berusia middle childhood dari keluarga miskin. jurnal Psikologi Ulayat, 2(2), 434-449. Fadillah, A. R. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Academic Burnout pada Mahasiswa Rantau Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang) Faqih, M. F. (2020). Pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap stres akademik mahasiswa Malang yang bekerja [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang]. http://etheses.uinmalang.ac.id/18822/7/14410205.pdf Febriani, R. D., Triyono, Hariko, R., Yuca, V., & Magistarina, E. (2021). Factors affecting student's burnout in online learning. Jurnal Neo Konseling, 3(2), 32-38. https://doi.org/10.24036/00567kons2021 Fun, L. F., Nyoman, A. I., Imelia, L., & Silvia, F. (2021). Peran bentuk social support terhadap academic burnout pada mahasiswa psikologi di universitas "x" Bandung. Mediapsi, 7(1), 17-26. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2021.007.01.3 Gold, Y., & Roth, R. A. (1993). Teachers managing stress and preventing burnout: The professional health solution. The Flamer Press. Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode penelitian kuantitatif aplikasi dalam pendidikan. Palembang: Deepublish. Hasbillah, M. S., & Rahmasari, D. (2022). Burnout akademik pada mahasiswa yang sedang menempuh tugas akhir. Jurnal Penelitian Psikologi, 09(6), 122-132. Hastari, A. (2018). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Kebermaknaan Hidup pada Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Yogyakarta. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Indonesia). Hedrich, C., & Caballero, C. C. (2016). Validacion de questionario maslach burnut inventory-student survey (MBI-SS) en contexto academico colombiano. Revitas CES Psicologia, 9(1), 1-15. https://dx/doi.org/10.21615/cesp.9.1.1 Irwan. (2017). Etika dan perilaku kesehatan. Yogyakarta: Cv. Absolute Media. Kim, B., Jee, S., Lee, J., An, S., & Lee, S. M. (2017). Relationships between social support and student burnout: A meta-analytic approach. Stress and Health, 34(1), 127– 134. https://doi.org/10.1002/smi.2771 Istiqomah, N., & Hamdani. (2021). Survei tingkat kejenuhan akademik mahasiswa jurusan pendidikan olahraga selama pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 09(03), 229-234. Khairani, Y., & Ifdil. (2015, Desember). Konsep burnout pada mahasiswa bimbingan dan konseling. Konselor, 4(4), 208-214. http://103.216.87.80/index.php/konselor/article/view/6474 Luthi, M., Mardani, R. M., & Athia, I. (2022). pengaruh dukungan sosial, self-esteem, self-efficacy terhadap burnout mahasiswa (studi pada Mahasiswa Universitas Islam Malang). Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen. Mansur. 2009. Metode Penelitian Dan Teknik Penulisan Laporan Karya Ilmiah. Bandung: Universitas Padjajaran. Marzuki, Q. Z. (2022). Pengaruh Efikasi Diri Akademik dan Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Burnout Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir. (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Malang) Meiryani. (2021, Agustus 12). Memahami analisis regresi linier berganda. Retrieved Januari 10, 2023, from Binus University School of Accounting: https://accounting.binus.ac.id/2021/08/12/memahami-analisis-regresi-linier-berganda/#:~:text=Regresi%20linier%20 berganda%20merupakan%20model,dependen%20(Ghozali%202018 Muflihah, L., & Savira, S. I. (2021). Pengaruh persepsi dukungan sosial terhadap burnout akademik selama pandemi. Jurnal Penelitian Psikologi, 08(02), 201-211. Novianti, R. (2021). Academic burnout pada proses pembelajaran daring. Jurnal Kesehatan Perintis, 8(2), 128-133. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Diunduh dari: https://www.unpad.ac.id/pengumuman/permendikbud-nomor-49-tahun-2014-tentang-standar-nasional-pendidikan-tinggi/ Permatasari, D., Latifah, L., & Pambudi, R. P. (2021, Desember). Studi academic burnout dan self-efficacy mahasiswa. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2), 373-384. https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.7418 Pratama, Y.D. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial, Self-Esteem dan Self-Efficacy terhadap Burnout Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Malang) (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Malang) Rahman , D. H. (2020). Validasi school burnout inventory versi bahasa indonesia. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(2), 85-93. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i2.32579 Ramadhan, M. R., Rizal, G. L., & Fikry, Z. (2022, Desember). Tingkat burnout akademik pada mahasiswa jurusan psikologi universitas negeri malang. Attadib: Journal of Elementary Education, 6(2), 255-264. Salmela-Aro, K., Leskinen, E., Kiuru, N., & Nurmi, J.-E. (2009, October). School burnout inventory (SBI): reliability and validity. European Journal of Psychological Assessment, 25(1), 48-57. https://doi.org/10.1027/1015-5759.25.1.48 Saragih, M., Silitonga, E., Sinaga, T, R., & MIslika, M.(2021). Hubungan dukungan keluarga dengan motivasi belajar mahasiswa selama pandemi Covid-19 di program studi Ners Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 7(1). http://Jurnal.iumedan.ac.id/indekx.php/JURNALKEPERAWATAN Evelyn, & Savitri, S. L. (2015, Desember). Pengaruh dukungan sosial terhadap pola pengasuhan orang tua anak berusia middle childhood dari keluarga miskin. jurnal Psikologi Ulayat, 2(2), 434-449. Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health psychology biopsychosocial interactions. United States of America. Sarafino, E. P., Martin, P. R., D, B., & L, C. M. (2002). Health psychology: biopsychosocial interactions. John Wiley & Sons Australia: Seng Lee Press Pte Ltd. Schaufeli, W. B., & Buunk, B. P. (2004). Burnout: an overview of 25 years of research and theorizing. The Handbook of Work and Health Psychology, 384-424. Schaufeli, W. B., & Enzmann, D. (1998). The burnout companion to study and practice: A critical analysis. London: Taylor & Francis. Schaufeli, W. B., Martínez, I. M., Pinto, A. M., Salanova, M., & Barker, A. B. (2002). Burnout 6 and engagement in university students a cross-national study. Journal of Cross-Cultural Psychology, 33(5), 464–481. https://doi.org/10.1177/0022022102033005003 Septiani, Y., & Triariani, M. (2022). Pengaruh burnout terhadap produktivitas mahasiswa PGSD universitas kuningan. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 161-167. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.46 Sulthon, M. (2020). pengaruh self-efficacy, dukungan sosial, coping stress, dan faktor demografi terhadap academic burnout pada mahasiswa tingkat kahir uin syarif hidayatullah jakarta Simarmata, S. W., Ningsih, Harahap, A. S., & Batubara, A. (2022). Mahasiswa laki-laki dan perempuan dalam perspektif academic burnout. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 2747-2753. Trimulatsih, P, D. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Burnout Akademik pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi saat Pandemi (Skripsi Sarjana, Universitas Sriwijaya Indralaya) Zhang, Y., Gan, Y., & Cham, H. (2007). Perfectionism, academic burnout and engagement among Chinese college students: A structural equation modeling analysis. In Personality and Individual Differences (Vol. 43, Issue 6). https://doi.org/10.1016/j.paid.2007.04.010 Zimet, G. D., Dahlem, N. W., Zimet, S. G., & Farley, G. K. (1988). The multidimensional scale of perceived social support. Journal of Personality Assessment, 52(1), 30-41. https://doi.org/10.1207/s15327752jpa5201 2id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4273
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap burnout akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan penyebaran kuisioner skala dengan teknik purposive sampling. Subjek yang digunakan sebanyak 102 mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi di Kalimantan Timur. Instrumen yang digunakan adalah skala Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) oleh Zimet (1988) dan School Burnout Inventory (SBI) oleh Samela-Aro & Näätänen (2005). Analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan nilai R-Square = 0.741, nilai F = 93.590, dan nilai p = <0.001 (p<0.05) pada hasil tersebut diketahui dukungan sosial memiliki pengaruh yang bersifat positif terhadap burnout akademik. artinya semakin tinggi dukungan sosial yang didapatkan oleh mahasiswa, maka semakin tinggi pula burnout akademik yang dialami oleh mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi di Kalimantan Timur. Dengan demikian hipotesis penelitian ini dapat diterima dimana kontribusi dukungan sosial terhadap burnout akademik sebesar 74.1%.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectBurnout Akademikid_ID
dc.subjectDukungan Sosialid_ID
dc.subjectMahasiswa tingkat akhirid_ID
dc.titlePENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP BURNOUT AKADEMIK PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR DI KALIMANTAN TIMURid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record