PENGARUH GREEN MARKETING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN STARBUCKS DI KOTA SAMARINDA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan green marketing dan kualitas produk terhadap
loyalitas konsumen Starbucks di kota Samarinda. Jenis penelitian ini menggunakan data primer
dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik
analisis deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan yang membeli
produk Starbucks lebih dari 2 kali pembelian di Starbucks Samarinda Jalan S. Parman. Sampel yang
digunakan pada penelitian ini sebanyak 211 orang dengan metode penyebaran menggunakan
kuesioner melalui goggle form. Uji yang digunakan pada penelitian ini menggunakan alat analisis
Smart PLS versi 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Green Marketing berpengaruh positif
signifikan terhadap Loyalitas Konsumen Starbucks. Kualitas Produk juga berpengaruh positif
signifikan terhadap Loyalitas Konsumen Starbucks. Kemudian, hasil juga menunjukkan bahwa
Green Marketing dan Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen
Starbucks di Kota Samarinda.