• English
    • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Indonesia 
    • English
    • Bahasa Indonesia
  • Login
View Item 
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Science and Technology
  • School of Informatics
  • S1 Final Project
  • View Item
  •   UMKT-DR Home
  • Faculties and Schools
  • Faculty of Science and Technology
  • School of Informatics
  • S1 Final Project
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Analisis Kepuasan Pelanggan Menggunakan Algoritma Naïve Bayes pada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Batiwakkal Berau

Thumbnail
View/Open
COVER (1.040Mb)
BAB 1 (515.8Kb)
BAB 2 (1.093Mb)
BAB 3 (1.057Mb)
BAB 4 (432.8Kb)
DAFTAR PUSTAKA (460.7Kb)
LAMPIRAN (954.2Kb)
SKRIPSI (3.365Mb)
Date
2024-07-09
Author
Soniah, Soniah
Metadata
Show full item record
Abstract
Kepuasan pelanggan terhadap layanan air bersih merupakan indikator penting bagi keberhasilan Perusahaan Daerah Air Minum Batiwakkal Berau dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan air yang aman dan berkualitas. Dalam era yang semakin kompetitif ini, menjaga tingkat kepuasan pelanggan tidak hanya menjadi kewajiban moral, tetapi juga strategi bisnis yang penting untuk membangun reputasi yang baik di mata masyarakat. Permasalahan yang dihadaprei penelitian ini adalah seberapa akurat model Naïve Bayes dalam memprediksi kepuasan pelanggan, menggunakan data survey kepuasan pelanggan yang dilakukan pada tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi seberapa akurat model Naïve Bayes dalam memprediksi kepuasan pelanggan. Algoritma Naïve Bayes dipilih karena keunggulannya dalam mengklasifikasi data dengan cepat dan akurat, bahkan dengan dataset yang relatif kecil. Dalam prosesnya, penelitian ini melibatkan pengumpulan data dari survei kepuasan pelanggan, diikuti dengan proses pemrosesan dan normalisasi data untuk memastikan integritas dan kualitasnya sebelum dianalisis dengan algoritma Naïve Bayes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa algoritma Naïve Bayes berhasil mengklasifikasi tingkat kepuasan pelanggan dengan tingkat akurasi yang memuaskan, mencapai 80%.
URI
https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4657
Collections
  • S1 Final Project
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of UMKT-DRCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login
UMKT-DR  © 2018  Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Contact Us | Send Feedback