Show simple item record

dc.contributor.authorSoniah, Soniah
dc.date.accessioned2025-03-21T01:57:18Z
dc.date.available2025-03-21T01:57:18Z
dc.date.issued2024-07-09
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4657
dc.description.abstractKepuasan pelanggan terhadap layanan air bersih merupakan indikator penting bagi keberhasilan Perusahaan Daerah Air Minum Batiwakkal Berau dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan air yang aman dan berkualitas. Dalam era yang semakin kompetitif ini, menjaga tingkat kepuasan pelanggan tidak hanya menjadi kewajiban moral, tetapi juga strategi bisnis yang penting untuk membangun reputasi yang baik di mata masyarakat. Permasalahan yang dihadaprei penelitian ini adalah seberapa akurat model Naïve Bayes dalam memprediksi kepuasan pelanggan, menggunakan data survey kepuasan pelanggan yang dilakukan pada tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi seberapa akurat model Naïve Bayes dalam memprediksi kepuasan pelanggan. Algoritma Naïve Bayes dipilih karena keunggulannya dalam mengklasifikasi data dengan cepat dan akurat, bahkan dengan dataset yang relatif kecil. Dalam prosesnya, penelitian ini melibatkan pengumpulan data dari survei kepuasan pelanggan, diikuti dengan proses pemrosesan dan normalisasi data untuk memastikan integritas dan kualitasnya sebelum dianalisis dengan algoritma Naïve Bayes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa algoritma Naïve Bayes berhasil mengklasifikasi tingkat kepuasan pelanggan dengan tingkat akurasi yang memuaskan, mencapai 80%.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectKepuasan Pelangganid_ID
dc.subjectPDAM Batiwakkal Berauid_ID
dc.subjectNaïve Bayesid_ID
dc.titleAnalisis Kepuasan Pelanggan Menggunakan Algoritma Naïve Bayes pada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Batiwakkal Berauid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record