Show simple item record

dc.contributor.authorSunardi, Agus
dc.date.accessioned2025-04-09T01:12:27Z
dc.date.available2025-04-09T01:12:27Z
dc.date.issued2024-07-08
dc.identifier.citationAdinda putri, N, S. (2023) Analisis Saluran Dan Margin Pemasaran Ikan Nila Nirwana. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi. Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT.Rineka Cipta. Iswahyudi. & Sustiyana. (2019). Pola Saluran Pemasaran dan Farmer’s Share Jambu Air CV Camplong. Jurnal Hexagro. 3 (2) : 33 – 38. Kriyantono, R. (2020). Teknik praktis riset komunikasi kuantitatif dan kualitatif disertai contoh praktis Skripsi, Tesis, dan Disertai Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Rawamangun: Prenadamedia Group. Lingga, N., Wayan, R., Ketut, W., Wayan, S. (2021) Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Ikan Teri (Stolephorus sp.) di Desa Sanggalangit, Kabupaten Buleleng. Current Trends in Aquatic Science IV(1), 26-32 Muhaimin, M. R., & Andan, H. (2021). Analisis Kelayakan Bisnis Penambahan Induk Ikan Nila Nirwana Pada Pokdakan Mina Nila Sari Purwakarta Business Feasibility Analysis Of Addition Of Broodfish Nirwana Tilapia In Mina Nila Sari Aquaculture Group. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 14(2), 201–221. Muis, D. U. (2017). Kebutuhan Zat Gisi Ikan Nila (Oreochromis Niloticus). 1–14. Nugroho, E, S., Nurdiansyah, D, H., Ervina, N. (2016) Financial Ratio to Predicting the Growth Income (Case Study: Pharmaceutical Manufacturing Company Listed on Indonesian Stock Exchange Period 2012 to 2016). International of Management and Marketing. ISSN: 2146-4405 Permana, D. (2020). Pendederan Ikan Nila Oreochromis Sp . Dalam Media Salin. Rifqi, R. Iwan, S. & Budi, S. (2021). Analisis Efisiensi Rantai Pemasaran Ikan Nila (Studi Kasus di Desa Ciawang Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya). Galuh : Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO Volume 8, Nomor 2,: 575-587 Satria, A, P. & Musnaini. (2022) Efisiensi Pemasaran Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Keramba Jaring Apung Sungai Batangsari Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu) Vol. 11 No. 03, P-ISSN: 2252-8636, E-ISSN:2685-9424 Soekartawi. (2003). Teori Ekonomi Produksi dengan Bahasan Analis Fungsi Produksi Cobb-Douglass. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet. Tjiptono, F. Anastasia, D. (2020). Pemasaran. Penerbit Andi. Wantimpres (2020) Potensi Perikana Indonesia. Jakarta. Wantimpres Wuryantoro. & Candra, A. (2021) Analisis Marjin Pemasaran Agroindustri Beras di Kota Mataram. ISSN: 1411 – 8262, Vol. 22 No. 1 Yusri, J., Seotya, F., & Andriani, Y. (2021). Studi Pola Distribusi dan Margin Pemasaran Pada Beras Kemasan Best Seller di Kota Pekanbaru, Riau. Agro Bali: Agricultural Journal, 4(3), 438-446.id_ID
dc.identifier.urihttps://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/4678
dc.description.abstractEfisiensi Saluran Pemasaran Bibit Ikan Nila Milik UPTD Perikanan Budidaya Air Tawar Kambitin- Nalui di Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser. Dibimbing oleh bapa M. Ali Hasim Asyari , S.P., M.Agb selaku penguji II. dan ibu Ilma Elpandari, S.P., M.P selaku penguji I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) jalur pemasaran bibit ikan nila UPTD Perikanan Budidaya Air Tawar Kambitin-Nalui di Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser. 2) margin pemasaran dan farmer’s share. 3) membandingkan saluran pemasaran mana yang paling efisien. Penelitian ini dilaksanakan pada pengusaha bibit ikan nila di Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser yang berkerjasama dengan UPTD Perikanan Budidaya Air Tawar Kambitin – Nalui dengan menggunakan metode snow ball sampling untuk mendapatkan respondennya. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 2 saluran pemasaran yaitu: 1) pembudidaya-pengepul-konsumen akhir. 2) pembudidaya-pengepul-pengecer-konsumen akhir. Berdasarkan hasil perhitungan, margin pemasaran yang di dapat adalah Rp 300/ekor dan Rp 600/ekor dengan farmer’s share sebesar 40% dan 25%. Dari kedua saluran pemasaran tersebut menunjukkan bahwa saluran pemasaran yang terjadi belum efisien karena margin pemasaran yang tinggi dan farmer’s share yang rendah, akan tetapi jika dibandingkan yang mana yang lebih efisien maka saluran pemasaran 1 lah yang paling efisien.id_ID
dc.language.isoidid_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Kalimantan Timurid_ID
dc.subjectPasarid_ID
dc.subjectSaluran pemasaranid_ID
dc.subjectBibit ikan nilaid_ID
dc.titleEFISIENSI SALURAN PEMASARAN BIBIT IKAN NILA UPTD PERIKANAN BUDIDAYA AIR TAWAR KAMBITIN – NALUI DI KECAMATAN TANAH GROGOT KABUPATEN PASERid_ID
dc.typeSkripsiid_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record